[Hari Blogger Nasional] Kepoin Blog Saya

Eh iya, hari ini hari blogger ya. 

Berhubung hari ini adalah hari spesial bagi para blogger, postingan kali ini saya mau buat tanya jawab seputar aktivitas ngeblog yang saya lakukan. Ceile, kayak udah beken banget. Yah meski gak beken, yang penting eksis kan? (Edisi bingung mau posting apaan >.<)


Ilustrasi diuambil dari www.onbirc.com


Sejak kapan ngeblog ?

Pertanyaan klasik nih. Mulai ngeblog sejak SMA, pas ada tugas TIK dari guru. Tapi, ngeblognya masih gabungan sama temen, secara, saat itu kan tugas kelompok. Kami pakai blog gratisan wordpress.com dan isinya hanya seputar tugas TIK plus foto alay-alay gitu. Lalu pas kuliah bikin akun di multiply, isinya sih seputar curhatan masa ababil kuliah dan catatan kecil jalan-jalan. Nah pas skripsi, blog di multiply jarang kebuka, eh pas mau buka multiply udah bangkrut aja. Mulailah cari tempat lain dan ternyata ada tempat ngebolg asyik bernama  Kompasiana. Di sinilah bakat nulis saya yang terpendam mulai tersalurkan dengan baik dan benar (haha, kaya apaan aja). Namun, karena Kompasiana sering error, maka saya buat blog lagi di blogspot ini. Sesekali sih ya nulis di Kompasiana, kalau lagi gak error.

Kenapa pilih domain xyz?

Saya bukan termasuk blogger yang udah dewo aka berpengalaman. Jadi, saya belum bisa menguasai teknik-teknik ngeblog selain menyisipkan gambar dan video. Tapi,  saya kepingin punya domain sendiri. Biar kelihatan keren. Kalau memakai domain .com, .id, atau yang umum, takutnya gagal, padahal udah bayar mahal. Maka jadilah pakai domain xyz yang gratis. Tapi nanti kalau saya sudah sedikit mahir, (haha) saya sudah akan mulai menuju ke sana. Ke sana maksudnya ?

Yah mulai pakai domain yang (katanya) profesional. Udah mulai niat dan serius ngisi konten berkualitas. Endingnya, semoga bisa dapet....... Jodoh (amiiiiin).

Kenapa nama blognya ikromzzzt?

Haha iya saya baru sadar (lho?). Nama ikromzzzt sih sebenarnya dari nama lengkap saya, Ikrom Zain, tapi saya hanya mengambil huruf z untuk nama terakhir. Nah kenapa kok zzzt? Jawabannya adalah saya sering memeikirkan hal-hal gak penting sehingga teman-teman saya sering menggumam zzzt ketika saya melontarkan ide gak penting. Tapi nama ikromzzzt udah jadi paten di segala jejaring sosial saya, mulai Friendster, Mysapce, FB, Twitter, Path, Instagram, dst.

Sekarang kan kayaknya blogger udah tenggelam sama vlogger, apa gak mau ikutan juga bikin vlog?

Belum sih. Entah kenapa saya kok lebih senang membagi apa yang saya rasakan dan saya tahu lewat tulisan. Lagi pula, kalau lewat tulisan, insya allah bakal lebih abadi dibandingkan video. Dalam kurun waktu lama, orang akan mencari lagi tulisan-tulisan blog dibanding video-video vlog, meskipun video-video vlog lebih cepat ngehits. Meski begitu, saya juga berencana merambah dunia vlog jika kamera aksi sudah saya beli (PS : nunggu dapet arisan cuy, bayaran GTT mana cukup buat beli gituan, xixixi)

Selama ngeblog udah dapet apa aja?

Banyak. Yang pasti dalam dunia tulis-menulis, saya dapat banyak ilmu bermanfaat dari para blogger lain, terutama di Kompasiana. Spesial di Kompasiana, saya dapet banyak hal, mulai dari teman, ikutan acara nangkring bareng, dapet hadiah lomba ngeblog, hingga bisa nulis buku.

Oh ya, masalah nulis buku, saya masih gak nyangka lho tulisan saya bisa dimuat di penerbit skala nasional. That’s unpredictable. Saya sampai mewek pas mantengin buku yang berisi tulisan saya mejeng di etalase toko buku Gramedia (sampe mbak pelayan gak ngeh dengan mewekan saya, hehe). Yah meski buku itu tak hanya berisi tulisan saya, tapi saya tetep bangga dan bersyukur. Setahun kemudian, alhamdulillah saya bisa menuntaskan buku seputar kimia yang saya edit sendiri, meski diterbitkan di penerbit indie. Semoga buku ketiga saya, mengenai traveling bisa saya tuntaskan. Doakan ya pemirsah !





Apa sih yang membuat suka nulis di blog ?

Bisa dikatakan, saya adalah orang introvert. Tapi, banyak sekali ide di dalam pikiran saya yang ingin saya tuangkan ke dalam bentuk tulisan. Ketika saya nulis, keintrovertan saya akan seketika menjadi keesktrovertan saya. Tiba-tiba saja saya menjadi supel dan gak pemalu banget saat nulis. Yah meski kadang terjadi kebuntuan ide dalam menulis. Itu wajar sih. Tapi jika ada ide mendadak, saya sering memotret hal-hal yang ingin saya tulis lalu mencatat ide pokok pada catatan telepon seluler. Barulah saya akan menulis dengan data yang saya temukan di internet. Yang penting ide saya bisa tersalurkan.

Suka menulis tentang apa ?

Saya tidak mengkhususkan menulis pada satu bidang saja. Kalau ada ide nulis ya udah nulis aja. Tapi, ada beberapa bidang yang menjadi favorit saya. Pertama adalah seputar kimia, yang coba saya kemas semenarik mungkin. Kedua, karena saya suka jalan-jalan, maka tulisan mengenai traveling adalah minat saya yang lainnya. Namun, saya bukan travel blogger yang suka memaparkan rincian biaya dan tujuan destinasi wisata. Tulisan saya lebih ke sisi lain dari tempat wisata tersebut, terutama human of interest. Bagi saya setiap tempat yang saya kunjungi itu unik. Itulah yang saya coba saya eksplor lebih dalam lagi. Yang saya amati, kekuatan tulisan saya ada pada minat satu ini sehingga tiap kalimat di dalamnya saya bisa menikmatinya. Ketiga, minat saya adalah mengenai sejarah. Namun, saya tak bisa menulis banyak-banyak karena saya masih ragu menulis tentang sejarah yang datanya masih simpang siur. Keempat, sesekali saya nulism fiksi. Sesekali sih, karena saya sadar diri, fiksi bukan keahlian saya, haha. Kadang bingung bikin alur, nonjolin tokoh, dll. Akhirnya, saya lebih menjadi reader dibandingkan writer untuk masalah tulisan fiksi, hehe.

Apa harapan ke depan ?

Gak muluk-muluk sih, saya hanya pingin istiqomah nulis, mengingat beban kerja saya yang semakin lama semakin menggila. Inilah yang menjadi tantangan dan semangat  bagi saya agar gak males nulis. Semoga saya bisa tetap berkontribusi bagi orang banyak melalui tulisan-tulisan saya (ceileh). Dan yang paling penting, saya tetep bisa terus nulis sambil jalan-jalan dan tetep ngajar sambil tetep nulis (bingung kan?). Karena kesemuanya itu yang membuat hati saya bangga dan senang menjalani hidup di dunia fana ini (hihihi).

Terakhir, saya mengucapkan terimakasih banyak pada pembaca setia saya. Tanpa kalian, mood saya nulis gak bakal setinggi ini (GR banget). Peluk cium satu-satu. Udah gitu aja, terimakasih udah mau baca tulisan gak penting ini.
 Selamat Hari Blogger Nasioal dan...Ayo  Nulis!

2 Comments

  1. Waaah kece sekali mas. Sudah mastah dalam dunia tulis menulis 😁 saya juga punya harapan yg sama, bisa istiqomah dalam menulis dan menyebarkan kebermanfaatan lewat tulisan. Hehehe semogaa bisa, amiin. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah mbak masih belajar
      Bener, yg penting istiqomah.
      Terimakasih mbak sudah mampir 😉😉

      Delete
Next Post Previous Post