Pesona Wisata Dagestan, Negeri Para Atlet MMA di Kaukasus Utara



wisata dagestan rusia
This is Dagestan! (Sumber)

Dagestan adalah salah satu republik bagian dari negara Rusia.

Secara administratif, Dagestan adalah bagian dari Federasi Rusia. Masih satu negara dengan Masha and The Bear. Negara ini merupakan republik bagian dari Rusia yang terletak di kawasan Kaukasus Utara. Bersama Chechnya, Ingushetia, Ossetia Utara, Kabardino-Balkaria, Ossetia Selatan dan Abkhazia,

peta dagesta rusia
Peta Dagestan dan negeri konflik di sekitarnya (Sumber)
 

Kondisi Alam dan Sosial Dagestan


Dagestan adalah wilayah yang dilanda konflik berkepanjangan. Persilangan budaya yang sudah berabad-abad membuat Dagestan masih diselimuti awan gelap. Itulah mengapa banyak petarung MMA seperti Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov dan pegulat lainnya berasal dari daerah ini. Hidup itu keras Bung!

Meski memiliki kondisi tak terlalu baik, namun sesungguhnya Dagestan menyimpan potensi alam dan perpaduan budaya yang sangat indah. Kombinasi pegunungan, ngarai, dan jurang yang mengelilingi negara ini membuat Dagestan sangat menawan.


Perjalanan panjang Dagestan yang pernah dikuasai kaum Sasanit, Kristen, Persia, Mongol, hingga Muslim menjadikannya daerah penuh pesona budaya. Diantara pesona-pesona tersebut, beberapa diantaranya layak dikunjungi.

Reruntuhan Desa Kuno Gamsutl

orang dagestan
Sumber

Berada di Gunung Gamsutlmeer, desa ini merupakan desa tertua di Dagestan. Desa yang memiliki arti sebuah benteng ini dibangun salah satu penguasa bernama Khan untuk mengawasi pergerakan musuh dan pertahanan. Inilah sebabnya, jika diamati dari jauh, desa ini mirip dengan Tembok Besar China. Ada beberapa bagian yang berfungsi sebagai gardu pandang.

reruntuhan kota degastan rusia
Sumber

Belum ada catatan pasti siapa dan kapan penguasa bernama Khan tadi berkuasa di Dagestan. Yang jelas, pemilihan tempat ini sebagai pertahanan bukan suatu kebetulan. Dengan ketinggian lebih dari 1500 meter serta dikelilingi oleh tebing dan lereng curam, membuat musuh tidak mudah sampai di sini.

reruntuhan kota degastan rusia
Sumber

Jika kita mendatangi reruntuhan desa ini, kita serasa berada di lorong waktu seperti negeri dongeng. Suasana pegunungan yang khas dengan potongan batu bata yang khas film-film fantasi akan semakin menambah nafsu kita untuk memotret jengkal demi jengkal reruntuhan bangunan kuno tersebut.

Sumber

Bendungan Gunibsky


Bendungan Gunibsky Dagestan Rusia
Sumber

Bedungan ini dibangun di atas sungai Karakoysu ("sungai hitam") di distrik Gunibsky. Pembangkit listrik yang berasal dari bendungan ini merupakan fasilitas modern yang dibangun 1995-2005 setelah ambruknya Uni Sovyet. Sebelumnya, ada bendungan lain yang dibangun sekitar tahun 1930.

Bendungan Gunibsky Dagestan Rusia
Sumber

Nah yang membuat asyik adalah ciri khas Pegunungan Kaukasus di sekitar bendungan ini. Keindahan pemandangan lembah, pegunungan dan ngarai akan berpadu dengan indahnya.


Salju yang menutupi kawasan ini di paruh tahun pertama, dan musim kemarau di paruh tahun berikutnya, membuat lereng-lereng gunungnya menjadi hijau. Saat salju mulai mencair, bunga-bunga dan padang rumput makin mempercantik pemandangan.

Desa Kubachi

 
Sumber

Sebagai negara mayoritas muslim, tradisi dan nilai-nilai islam masih nampak jelas hingga kini. Salah satunya adalah penampilan wanita yang sangat identik dengan wanita muslimah di Desa Kubachi. Yang menarik dari Desa Kubachi, para muslimahnya mempunyai kerudung tradisional yang disebut kaz. Hampir seluruh wanita di desa ini bisa membuat kerudung kaz. Kaz memang bukan hijab yang menyerupai syal dengan aksen sulaman tradisional.



Sumber
Terletak di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut membuat desa ini memiliki pemandangan yang apik. Berfoto di salah satu spot desa ini, kita akan mendapat latar belakang rumah-rumah yang tersusun sedemikian rupa di tengah perbukitan.

Sumber

 Kota Makhachkala


Sumber
Ibukota Republik Otonom Dagestan ini juga memiliki pesona tersendiri. Laut Kaspia terbentang luas di depan mata di depan kota ini. Mataharipun bersinar selama 310 hari dalam setahun. Suatu hal yang tak akan bisa ditemui di ibukota Rusia, Moskow.

Memang, kota ini mendapat stigma buruk sebagai salah satu kota berbahaya. Meski begitu, sesungguhnya penduduk Makhachkala hidup harmonis.Sebagai kota yang dihuni lebih dari 1,5 juta jiwa, berbagai bangsa hidup di sana.

Jika ingin menjelajahi kota ini, ada tur mengelilingi kota yang akan mengenalkan aneka ragam budaya, seperti Avar, Nogai, dan Lezgia. Salah satu tujuan wisata di kota ini adalah Masjid Juma, yang banyak disebut sebagai adik dari Masjid Biru Istanbul karena kemiripan arsitekturnya.

Masjid yang mampu menampung jamaah hingga 16 ribu orang ini menjadi saksi bisu isolasi para cendekiawan muslim saat Uni Sovyet berjaya hingga hancur berkeping-keping di awal 90an.

Sumber

Tak hanya masjid, gereja-geraja Ortodoks dan sebuah sinagoga juga bisa kita temui. Kombinasi rumah ibadah tersebut sebenarnya membuat Dagestan adalah rumah bagi segala bangsa dan agama. Sayang, konflik berkepanjangan membuat negeri indah ini tertutup dan tak banyak orang tahu akan keelokannya.

Sumber

Itulah Dagestan. Sebuah wilayah dengan status travel warning yang mempesona. Jika ingin ke sana, penerbangan dari Moskow bisa ditempuh menuju ibu kota Makhachkala. Perjalanan darat berupa kereta dari kota Rostov-on-Don di ujung selatan Rusia juga dapat dilakukan.

Tentunya, pengawasan ketat dari otoritas Federasi Rusia harus dihadapi dulu. Dengan masih terngiang bayang-bayang horornya masa Sovyet Rusia, bisa masuk dan menikmati daerah ini adalah sebuah karunia tak terkira.  

Akhir kata, semoga saya juga bisa ke sana. Keindahan negeri konflik ini sungguh memanjakan mata.  

Sumber :
(1) (2) (3) (4)

19 Comments

  1. Negeri konflik yang indah, ya semoga ada kesempatan melihat dari dekat

    ReplyDelete
  2. jadi ngayal foto prewedding di pegunungan kaukasus,
    baguusss.. nice view!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya saya juga ngayal gitu
      tapi sama siapa
      eh

      Delete
  3. wah mas ... seperti di film film ya ;
    tapi sayang mas aku ogak mau tinggal disono wkwkwk gak bisa punya mobil wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas
      kayak di pilm
      eh ngapain punya mobil mas
      kan ada bus

      Delete
  4. Wah keren juga pemandangannya... Tiba2 inget film Prince of Persia yak hhehehe... Itu cewek yang kedua cantik kayaknya hehehe :D

    ReplyDelete
  5. Memang sungguh luar biasa negeri dagestan ini, pemandangannya aja udah kayak di film2 holywod,, tapi sayamah lebih tertarik dengan wanita2 dagestannya,, apalagikan katanya emang cewek2 rusia bening2, dah kalau saya nikahin pasti bisa mempebaiki keturunan... hahahahah :D XD

    ReplyDelete
  6. Asik juga pemandangannya ya, btw itu hijab wanita muslimnya msh terlihat rambutnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bukan hijab mas
      tapi kerudung
      jadi masih kelihatan

      Delete
  7. waw tempat-tempatnya keren, pengen lihat langsung yang photo paling atas hehe :-)

    ReplyDelete
  8. bagus yah.. kerenn...
    suka banget sama arsitekturnya, pemandangannya, kaya zaman-zaman kerjaan gitu.. ehh iyah nggak sih?? heheh

    ReplyDelete
  9. Mbak yang pakai Kaz itu cantik. :) Aku baru kali ini dengar negeri itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat mbak
      cantik ya
      aku juga baru dengar kok mbak

      Delete
  10. Dagestan brrti statusnya negara berdaulat kah? Atau statusnya seperti Kanada ya?
    Mental seseorang memang terbentuk dri mana dia berasal.
    Wajar kalau daerahnya selalu konflik, kemampuan bertahan hiduplah yang membuatnya tangguh bertarung di arena MMA.

    Btw konfliknya seperti apakah? Pemberontakan atau konflik politik?

    ReplyDelete
Next Post Previous Post