Melihat Keseruan Unjuk Bakat Anak di Little Big Shots Philippines



Little Big Shots Philippines
Sumber

Apa jadinya jika bakat unik seorang anak ditampilkan di acara televisi? 

Pasti seru dan menggemaskan. Itulah yang terjadi dalam acara Little Big Shots Philippines yang ditayangkan oleh Stasiun TV ABS-CBN. Acara ini sebenarnya adalah adopsi dari tajuk serupa yang ditayangkan di Amerika Serikat. Selain AS dan Filipina, Little Big Shots juga tayang di Inggris dan Australia. Di Indonesia, acara ini juga ditayangkan oleh stasiun TV Global dan dipandu oleh Tora Sudiro.

Berbeda dengan acara unjuk bakat lain yang menggunakan sistem penjurian, pada acara ini tak ada penjurian yang dilakukan. Dipandu oleh artis Billy Crawfird, anak-anak yang berusia 3-13 tahun dan memiliki bakat khusus bebas untuk menyalurkan bakatnya.

Aneka bakat pun ditunjukkan oleh anak-anak yang terpilih. Ada bakat menari, menyanyi, ngerap, hingga bakat-bakat aneh. Nah, diantara bakat-bakat itu ada beberapa bakat yang menjadi favorit saya. Salah satunya adalah bakat hafalan geografi yang ditunjukkan oleh seorang anak berusia 4 tahun bernama Klyde.

klyde little big shots philippines
Kegembiraan Klyde saat jawabannya tentang negara Indonesia benar (Youtube).

Ia hafal bendera negara-negara di dunia beserta ibu kotanya. Tak hanya itu, ia juga hafal benua yang menjadi letak negara tersebut. Saat sang pembawa acara menanyakan beberapa bendera negara di dunia, ia dapat menyebutkan identitas negara tersebut dengan mudah. Klyde pun melanjutkan tantangan berikutnya dengan menyebutkan angka 1 hingga 10 dalam bahasa Inggris, Spanyol, Jepang, dan Prancis.
klyde little big shots philippines france
Aksi Klyde menyebutkan angka 1-10 dalam bahasa Prancis (Youtube)

Puncak dari keseruan bakat yang ditunjukkan oleh Klyde adalah ketika sang pembawa acara menantangnya untuk menyebutkan 81 provinsi di Filipina. Sebelum menyebutkan provinsi-provinsi tersebut, ia ditantang terlebih dahulu untuk menyebutkan nama region di sebuah provinsi yang disebutkan pembawa acara.

Setelah tantangan tersebut berhasil, Klyde lalu dengan suara cadel khas anak-anak menyebutkan satu demi satu nama provinsi menurut regionnya. Mulai dari Cordillera Administrative Region (CAR), Region 1 (Ilocos), hingga region paling selatan, ARMM (Daerah Otonomi Khusus Muslim Midanao). Tepukan penonton mengiringi keberhasilan Klyde untuk menyebutkan nama-nama provinsi tersebut. Hingga ia akhirnya bisa menyebutkan provinsi terakhir, Lanao Del Sur, gemuruh penonton semakin riuh.
klyde little big shots philippines region
Klyde menuntaskan nama provinsi Filipina ke-81 yang masuk daerah ARMM. (Youtube)


Lain Klyde, lain lagi dengan Sean. Bocah ini bisa dikatakan sebagai aplikasi waze hidup. Ia bisa menerjemahkan aneka petunjuk suatu tujuan dalam beberapa bahasa, seperti Prancis dan Spanyol. Yang membuat berdecak kagum, ia hafal seluruh stasiun yang dilewati jalur LRT dan MRT di daerah Metro Manila.

Nama-nama stasiun yang dilewati jalur kereta api lama penghubung Metro Manila dan daerah di sekitarnya pun ia hafal dengan mudah. Ia juga bisa menyebutkan arti dari petunjuk lalu lintas dalam bahasa Inggris. Sejak kemunculan pertamanya, nama Sean menjadi viral warganet Filipina. Video aksinya yang diunggah di Youtube telah ditonton lebih dari 500 ribu kali.

sean little big shots philippines
Aksi Sean menyebutkan urutan stasiun yang dilewati LRT Jalur 1 Manila. Penulis harus belajar banyak ya ke Sean (Youtube)


Ada juga Dwayne, seorang anak yang bakat menyuarakan suara perut untuk mengisi vokal karakter sebuah boneka. Seperti halnya Ria Enes dengan boneka Susannya, ia juga sering bertukar dialog dan bernyanyi bersama. Tepuk tangan meriah dari penonton pun ia dapatkan. Dwyane telah bertekad menjadi ventriloquis yang akan mengharumkan nama Filipina di kancah dunia. 


Masih banyak bakat-bakat lain yang bisa dilihat di Channel Youtube Little Big Shots PH. Apapun bakat yang dimiliki seorang anak, tugas kita sebagai orang tua adalah mengarahkannya ke arah yang positif.

22 Comments

  1. Acaranya sangat menginspirasi dan bener bener menampung bakat anak
    saya jadi penasaran
    langsung meluncur ke yutup nya aja la :D

    ReplyDelete
  2. Filipina punya 81 propinsi? Banyaknyaaa!

    Keren anak-anak ini, semoga memang karena talenta bukan paksaan orang tua sehingga mereka tidak kehilangan masa kanak-kanaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak ya mbak
      semoga saja tidak
      tapi dari video sebelum show si anak memang gemar membaca mbak

      Delete
  3. wah baru athu aku ini, acara yang bagus ya

    ReplyDelete
  4. Lucu bgt, hampir seusia anakku tp anakku apa ya bakatnya,hmmm jago nangisnya dia hehehe

    ReplyDelete
  5. Saya tertarik dengan Dwayne, karena sama-sama memilki hoby boneka. Suka bercerita.

    ReplyDelete
  6. wah keren banget ini anak-anaknya. jadi penasaran apakah ini memang bakat anaknya atau hasil stimulasi orang tuanya. he

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek video saat sebelum show mbak
      mungkin itu bisa menjawab pertanyaannya hehe

      Delete
  7. Bocah sekecil itu bisa hapal 81 provinsi di negaranya?
    Salut!

    Yang versi Indonesia, apakah masih tayang mas? Kayak'e aku udah nggak pernah liat itu iklannya? Apa akunya yang kurang update ya? Di kost'an ngga ada TV sih^^ Yang lumayan sering malah "Anak Cerdas Indonesia" itu, hampir sama kan ya, konsep acaranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hafal semuanya asyik ya
      wah kurang tau soalnya kan smua TV Indonesia sudah tak hapus mas hehe
      yah mungkin mirip seperti itu

      Delete
  8. Baru tau provinsi di di negara san jose juan tersebut ada 81 hehe

    Saya pernah ke mindanao,soalnya dulu nginep di makati dan susah nyari makanan yg cocok di lidah dan islami, yo wis akhirnya ke perkampungan muslim mindanao...

    Anw, itu bocah gmna cara ngapalinnya ya nyampe bisa hafal semuanya wkwkwk

    Keren dah, biar bakat anak berkembang, jadi jngan ada penjurian, biar lebih bebas berekspresi...mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. perkampungannya apa pulaunya mbak?
      kalau makati kan masih deket Manila ya
      memang di sana muslim yg banya
      iya bener biar bisa berekspresi ya

      Delete
  9. Untuk usia 3-13 tahun ya? bakat anak2 akan diuji di sini. mantap. dulu waktu saya kecil juga sering nonton acara yg menampilkan bakat anak2 kecil, kesannya jadi lucu.

    ReplyDelete
  10. Sean,masih kecil udah pintar gitu, IQ nya berapa dek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sean ditanya tante tuh...

      (gak jawab)

      oh pake bahasa Tagalog dulu mbak,. hehe

      Delete
Next Post Previous Post