Melirik Rivalitas Dua Raja Pertelevisian Filipina


abs cbn vs gma tv
Ilustrasi.- Bilyonaryo


Wajah sumringah diperlihatkan Kristoffer Martin kala menyapa para penggemarnya di sebuah Mall di Kota Tacloban.

Aktor drama seri superhero Victor Magtanggol itu tak sendiri. Ia datang bersama artis-artis yang bermain di drama seri lain. Turut pula beberap artis yang mengisi drama seri "Kambal Karibal", Jeric Gonzales dan Inah de Belen.

Tur besar itu sejatinya adalah rangkaian dari mengenalkan program salah satu jaringan televisi radio besar di Filipina, GMA Network. Jaringan TV dan radio yang memulai siaran televisi perdananya di tahun 1961 memang sangat gencar dalam mengkampanyekan acara-acaranya kepada para pemirsa.

Usaha keras yang dilakukan oleh GMA Network bukan tanpa alasan. Jaringan televisi yang juga menyiarkan acara kuis "Eat Bulaga" ini memang sedang terengah-engah menghadapi rival terdekatmya, ABS-CBN.

Ya, dua jaringan pertelevisan itu memang mendominasi dunia hiburan Filipina. Berlomba-lomba menjadi yang terbaik, apapun akan dilakukan oleh keduanya. Termasuk, harus berkampanye hingga ke daerah-daerah agar acara unggulan yang mereka punya bisa diterima masyarakat luas.

Kampanye GMA Network ini juga merupakan tandingan dari acara ABS-CBN Summer Station. Walau tak sesukses acara tersebut, tur para artis GMA ini juga sebagai simbol yang mendekatkan antara artis dan idola.

ABS-CBN berjaya, GMA terus membayangi


Dari data yang dirilis oleh Kantar Media pada 20-21 Agustus 2018, program-program unggulan ABS-CBN masih menempati tiga besar rating secara nasional, baik di perkotaan maupun di pedasaan. Tiga program unggulan ABS-CBN tersebut adalah FPJ'S Ang Probinsyano, Ngayon At Kailanman, dan program berita TV Patrol.

Sementara, program unggulan berita GMA, 24 Oras hanya mampu berada di posisi ke-4. Victor Magtanggol, drama seri superhero yang sedang gencar dipromosikan hanya mampu berada di peringkat ke-7. Padahal, drama ini diharapkan mampu mengimbangi drama seri FPJ'S Ang Probinsyano yang begitu kokoh di puncak berkat aksi Coco Martin dengan karakter polisinya.

rating acara TV Filipina
Rating televisi nasional Filipina yang didominasi dua stasiun TV besar. - Kanta Media

Tak hanya drama seri yang dikuasai oleh ABS-CBN, program variety show yang begitu diminati oleh masyarakat Filipina juga berhasil menjadi pemuncak. Kemudian, It's showtime yang disiarkan oleh ABS-CBN jauh mengungguli Wowonin dan Eat Bulaga. Padahal, acara variety show yang digawangi artis transeksual Vice Ganda ini tayang bukan di jam prima atau prime time, yakni pada siang hari.

Walau begitu, acara yang memuat kontes menyanyi, rap, dan game show ini masih mendapat kepercayaan dari banyak pemirsa. Selama hampir 3 jam, Ganda begitu apik membawakan acara ini sehingga mampu menarik banyak pemirsa.

vice ganda its showtime
Vice Ganda yang memandu acara It's showtime. - ABS-CBN

ABS-CBN unggul nasional, GMA unggul di perkotaan Manila


Tak hanya unggul di dalam program yang mendominasi rating, ABS-CBN juga unggul dalam jumlah pemirsa secara nasional. Klaim ini berdasarkan data Kantar Media pada Mei 2018. ABS-CBN menguasai 45 persen pangsa pasar televisi nasional. Jauh mengungguli GMA yang hanya berhasil meraup 32 persen. Artinya, hampir separuh pangsa pasar pertelevisian Filipina dikuasai ABS-CBN.

pangsa pasar tv filipina

Jika dilihat dari tiap wilayah, ABS-CBN menguasai wilayah Luzon dengan 41 persen. Sedangkan GMA hanya bisa merebut hati pemirsa sebanyak 35 persen di wilayah utara Filipina ini. Sementara, di wilayah Visayas yang merupakan wilayah tengah dengan banyak penduduk berbahasa Cebuano, ABS-CBN jauh mengungguli GMA dengan perbandingan 54 persen dan 32 persen.

Di wilayah selatan, yakni Mindanao dengan beberapa region mayoritas muslim, ABS-CBN juga berhasil meriah perhatian pemirsa sebanyak 52 persen. GMA sendiri hanya bisa meraih 30 persen. Inilah yang menyebabkan mengapa GMA begitu gencar mengenalkan artis dan programnya ke daerah hingga ke selatan. Meski, usaha ini bisa dibilang terlambat lantaran ABS-CBN begitu mengakar dengan acara bedol desanya, Summer Station dan Chrismast Station.

Coco Martin, pemain utama dalam seri FPJ Ang Probinsyano berbagi kebahagian bersama artis-artis lainnya dalam ABS-Chrismast Station. - ABS-CBN

Meski unggul secara nasional, ABS-CBN diklaim oleh GMA tak mampu memenangkan persaingan merebut hati pemirsa di wilayah perkotaan Manila. Dari data yang dirilis oleh Urban Nielsen, GMA berhasil memenangkan hati pemirsa daerah urban di Pulau Luzon dengan persentase 44 persen dibandingkan ABS-CBN yang hanya meraih 33 persen. Bahkan di Metro Manila, GMA berhasil menguasai 45,8 persen. ABS-CBN hanya mendapatkan perhatian sebesar 30,4 persen.


Adu Kreativitas dan Masyarakat yang Realistis

Sama halnya dengan dunia pertelevisian Indonesia, dua raksasa besar pertelevisian Filipina ini juga terus memutar otak berkreasi untuk menarik perhatian pemirsa. Seperti yang tengah dilakukan oleh GMA, satu drama seri fantasi bertajuk Victor Magtanggol coba dikemas semenarik mungkin.

Dengan efek visual yang dikerjakan tim kreatif, sosok superhero yang bisa dikata mirip dengan Thor ini menjadi andalan GMA.Tayang di jam prima, aksi superhero yang berjibaku melawan kejahatan memang sangat digemari masyarakat Filipina.

Sayang, dalam satu bulan pemutarannya, sosok superhero ini tak bisa meraup sukses seperti uang diharapkan.Sosok superhero yang terlihat lebih nyata dalam balutan sosok polisi ternyata lebih digemari. Sosok polisi yang sering berada dalam keadaan genting mengatasi keadaan Kota Manila lebih menarik perhatian pemirsa.

Tak hanya itu, drama seri ini juga sering mengajarkan kepada masyarakat bagaimana menghadapi tindak kejahatan di dunia sehari-hari. Bukan rahasia umum bahwa Kota Manila dan beberapa kota di Filipina memiliki tingkat kriminalitas yang cukup tinggi. Inilah alasan mengapa FPJ's Ang Probinsyano tetap berada di puncak.

Dua superhero dari dua stasiun TV yang berebut rating dan pemirsa. - https://philnews.ph

Pemuncakan rating yang dicapai oleh FPJ's Ang Probinsyano memberi satu hal berharga bahwa masyarakat kini sudah realistis. Termasuk, dalam memilih tontonan. Bagi sebagian besar masyarakat Filipina, sosok polisi yang berjasa lebih masuk akal dengan kehidupan mereka dibandingkan sosok superhero fantasi yang seperti dalam mimpi. Sosok polisi yang berusaha mengatur kekacauan lalu lintas, mencari informasi tentang gembong narkoba, dan lain sebagainya akan lebih mudah mereka temui.

Seorang nenek terharu setelah memenangkan jackpot di acara Wowowin. - GMA

Walau seakan didominasi oleh dua stasiun TV tersebut, nyatanya program yang disajikan oleh keduanya sangat variatif. Tak melulu drama, aneka variety show, ajang pencarian bakat, hingga acara musik selalu mendapat tempat di hati pemirsa. Apalagi, seringkali banyak acara sederhana namun kaya makna yang tersaji di layar kaca. Dengan dukungan penuh para artis yang tak sungkan berjibaku bertemu penggemarnya, keberadaan acara-acara mereka akan selalu ditunggu.

Tak seperti di Indonesia, walau penetrasi Youtube semakin berkembang, TV masih menjadi hal yang utama dalam dunia hiburan Filipina. Karena masyarakat hanya butuh hiburan yang tak hanya memuaskan, namun juga bermakna bagi kehidupan mereka. Dan tentunya, terus mengena di hati pemirsa seperti yang dilakukan Televisi di Indonesia pada zaman dahulu kala.

***

Sumber:
(1)(2)(3)

21 Comments

  1. Televisi hiburan gratis, kriminalitas disana masih tinggi juga. Berarti tidak jauh beda dengan dinegara kita. Mungkin kalau disini semisal sctv ya, yang masih menjadi raja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya 11-12 lah mas
      kalau di sini saya gak ngikutin juga sih
      lah tak hapus semua hehe

      Delete
  2. Mas, ulasannya komplit.
    Berarti di Filipina TV masih menjadi hal yang utama dalam dunia hiburan ya..
    ya karena masih bermakna acaranya. Enggak menye-menye lebay seperti di Indonesia.
    Salut buat TV Filipina

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih mbak dan masih diminati meski Youtube juga mulai mendesak
      hehe bener sering gak jelas acara TV di sini ya

      Delete
  3. kadang kalau liat orang Philipina, kaya liat bangsa sendiri ya, mirip banget, mungkin kebiasaan nonton tipinya juga mirip

    ReplyDelete
  4. kalo yg terkenal mungkin abs-cbn soalnya dulu sering nayangin seri power ranger, bahkan sampe sekarang aku masih sering ngikutin ini serialnya. he he

    #menolaktua

    ReplyDelete
  5. gak pernah liat siaran keduanya, seru juga rivalitas mereka

    ReplyDelete
  6. Ya ampun ku garis bawahi paragraf terakhir ya mas

    Karena masyarakat hanya butuh hiburan yang tak hanya memuaskan, namun juga bermakna bagi kehidupan mereka. Dan tentunya, terus mengena di hati.

    Sepakat bgt

    ReplyDelete
  7. kalau sekarang Indonesia, yuttub lebih dari tipi wuehehee

    ReplyDelete
  8. Entah sudah berapa lama nggak pernah tertarik lagi nonton TV, terutama karena kebanyakan nggak jelas acaranya. Menghibur juga nggak..hehe. Kalau di Filipina masih sebaik itu pastilah masih menarik untuk ditonton..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak
      klo gak antre di apotek gak liat TV aku hehe

      Delete
  9. uwaaa bisa yaaa menganalisis sampai sejauh ituu
    keren

    Kalau rivalitas tv di Indonesia gimana??
    Tulis juga dooong. apa udah pernah ditulis tapi belum kubaca ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah banyak mbak ulasan seperti itu
      aku malah gak ngikuti wong gak liat TV Indonesia lagi hehe

      Delete
  10. Gila lu mas, segitunya sama Filipin. Buruan terbang ke sana mas.

    ReplyDelete
  11. Keren nih mas Ikrom menganalisis pertelevisian Philipina sangat detil ..., bisa jadi ulasan ini jadi barometer pertelevisian Indonesia biar lebih bermutu tayangannya.
    Good job, mas 👍

    ReplyDelete
Next Post Previous Post