Investasi Sederhana dari Sebuah Blog



Blog adalah investasi. Jelaskan bahwa ada investasi dalam dunia blogging.

(Silakan pertanyaan ini dijawab dalam 60 detik. Dimulai dari sekarang……)

Terima kasih atas pertanyaannya. Izinkan saya menjawabnya dalam bahasa Inggris.

There are a lot of contents in the blog. It will be our investment, even in the short, medium and long term. There are also our story of our activities that can be our main to establish communication with other people. Although, they that have never known before. So we can give each other and take advantage of the our blogging activity.
Muehehehe, kenapa jadi model pertanyaan Puteri Indonesia begini. Apa ya mau ikut Miss Universe atau Miss Supranational? Kalau ada Mister atau Miss Blogging pasti saya ikut. Apaansih -_-

Oke kita mulai dari hal yang paling sederhana. Mengapa sih kita – terutama saya – masih saja konsisten ngeblog? Apa sih enaknya ngeblog dan manfaat apa yang bisa kita dapat dari kegiatan ini? Kalau kata teman saya yang dulu pernah satu kelompok tugas ngeblog saat pelajaran TIK : Lu masih ngeblog aja cuy, hari gini? Dapet apa emang?

Ya masihlah. Sampai kapan pun saya akan ngeblog. Sesuai jawaban pertanyaan saya tadi, maka blog adalah investasi saya, baik di dunia dan akhirat. Namanya investasi, yang dalam artian KBBI berarti penanaman uang atau modal yang akan saya petik hasilnya nanti, maka ya harus dijaga dan dirawat dengan baik.

Sama halnya dengan saham, emas, tanah, atau pun lainnya, maka investasi itu harus dikembangkan sehingga menghasilkan keuntungan yang besar bagi pemiliknya. Namun, jika investasi pada umumnya memiliki keuntungan yang nyata dan berupa materi, tidak demikian halnya dengan blog. Ada banyak keuntungan nonmateri yang tidak bisa dijabarkan satu per satu.

Tentu, keuntungan yang utama berupa kinerja otak yang masih tetap bekerja. Sebagai blogger, memang kita lebih baik menguasai satu bidang tertentu. Seperti makanan, make up, fashion, traveling, atau lainnya. Namun, kadang kita dituntut untuk bisa menulis banyak hal dan aneka topik dalam satu waktu. Artinya, mau tak mau kita harus menguasai konten yang akan kita tulis sehingga bisa dibaca dan disajikan dengan sangat apik.

Untuk melakukan kegiatan ini, maka otak kita yang begitu luar biasa ini harus ikut bekerja keras mencari dan menggali informasi tersebut. Mulai membaca, wawancara, hingga observasi. Otak kita juga mau tak mau mengolah informasi tersebut dan menerjemahkannya dalam bahasa kita sendiri yang merupakan sebuah mahakarya. Maka, dengan melakukan kegiatan blogging, sebuah keuntungan berupa kinerja otak yang meningkat adalah buah pertama dari investasi tersebut.

Investasi selanjutnya adalah catatan yang sudah kita tuangkan dalam bentuk konten. Catatan atau konten ini adalah hal berharga dalam kaitannya dengan investasi memori. Dengan foto atau pun video yang telah kita sematkan, catatan itu akan menjadi hasil menabung kita selama waktu kegiatan ngeblog.

Kadang, kita lupa telah melakukan kegiatan apa saja dalam kurun waktu terakhir. Nah dengan adanya blog, memori akan kegiatan yang sudah kita lakukan akan timbul kembali. Tentu, ini adalah investasi yang cukup nyata.

Media sosial memang cukup menggeser peran blog dalam kaitannya investasi memori ini. Namun, ia tetap tak akan mampu menggantikan untaian memori yang terjalin begitu rinci hingga saat sang empu blog membaca kembali tulisannya, memori lama itu akan timbul kembali. Berbeda halnya dengan media sosial yang memiliki keterbatasan akan hal ini.

Layaknya sebuah etalase, blog adalah etalase diri kita yang sesungguhnya. Segala kebaikan pun sebenarnya akan lebih tercermin dalam blog seseorang. Berbeda halnya dengan media sosial yang menampilkan dua sisi itu, blog memberikan etalase mengenai keunggulan kita di mata para pembaca.

Tips dan trik, cerita perjalanan, ulasan kuliner dan bedak, hingga segala informasi tentang kebaikan lain pun tercetak dalam blog. Jadi, blog adalah sebuah etalase kehidupan kita yang bisa dilihat oleh banyak orang dan akan menjadi investasi berharga.

Terakhir, tak akan mungkin sebuah blog hanya bersuara untuk dirinya sendiri. Ada panggilan kepada orang lain yang akhirnya berujung pada interaksi. Entah hanya sebatas blogwalking, berteman di media sosial, hingga berkontak nomor ponsel. Ini adalah invetasi besar dalam blog. Makanya, saya selalu menyediakan informasi kontak yang bisa dihubungi.

Dengan bertukar kontak atau media sosial, hubungan pun lebih intens. Kerja sama yang sederhana hingga yang lebih rumit pun bisa terjalin. Akhirnya, kerja sama ini memberikan keuntungan berharga yang diawali dari kegiatan blog. Beberapa diantaranya bahkan bisa menjalin usaha bersama di dunia nyata karena sama-sama memiliki minat khusus dalam blog yang ditulisnya.


Walau tidak semua, blog juga menghasilan materi yang cukup digunakan untuk keperluan. Entah Google Adsense atau pun postingan berbayar lain. Asal, investasi materi ini seyogyanya bukan menjadi tujuan investasi utama dalam kegiatan blog. Alasannya, jika hasil tak sesuai ekspektasi, maka yang ada semangat dalam kegiatan blog akan menurun sendiri. Lebih baik fokus niat ngeblog untuk berinvestasi dalam kaitannya dengan nonmateri. Nantinya, hasil investasi materi akan bisa kita petik dengan sendirinya.

Bagaimana dengan Anda?

Silakan dijawab yuk dalam kolom komentar dalam waktu 60 detik.

24 comments:

  1. Investasi yang sederhana, tapi nggak bisa dianggap main - main yah Mas. Semangat buat Mas Ikrom dan temen - temen Blogger..! ;)

    ReplyDelete
  2. Aih keren mas... investasi nonmateri insya Allah akan jadi berkah yah.

    Klo liat recehan GA bikin pilu aja wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas
      fokus nulis dan bangun konten aja
      tar pasti ada aja hasilnya

      Delete
  3. Padahal saya mulai ngeblog dari 2012, eh tapi baru nyadar 3 tahun kemudian kalo blog itu bisa jadi investasi juga hiks..

    Biarpun jalannya kayak siput, eh tapi kreativitas jangan ikutan slowdown, hehe..

    Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kreativitas jangan kendur ya...
      semangat!

      Delete
  4. saya menemukan cara terbaik untuk mencurahkan emosi di blog. Dan saya menemukan keasyikan mencari uang di sini juga. meskipun lomba cuma dapatnya ratusan ribu itu sudah cukup karena mengenal teman-teman pemenang lainnya.

    interaksi kita tidak terlalu intens, tapi koman-komen di artikel begini sudah cukup lah.

    ReplyDelete
  5. Saya masih ingat sekali fondasi dasar yang dibangun atas blog saya, berbagi pengetahuan!, dengan iseng-iseng spontanitas berbagi artikel tips 5 tahun lalu, dan baru tercerahkan tentang manfaat sepenuhnya dari kegiatan ngeblog sekitar 6 bulan terakhir sehingga membikin saya kembali aktif ngeblog dengan spirit dan motivasi yang baru, gerakan literasi!.

    ReplyDelete
  6. Tulisannya apik, ringkas dan nggak bertele-tele, pantes sering menang lomba :D ..

    Btw saya salut sama blogger yang bisa membahas banyak hal di blognya. Sedangkan saya, hanya fokus di traveling aja suka empot2an,, sering kehilangan ide, stuck, dan tentunya malas wkwk..

    Saya pun setuju, tujuan utama ngeblog sebaiknya adalah untuk investasi hal-hal non-materi dan tentunya karena hobi bercerita dan berbagi.. :)

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk bisa aja mas bara
      tulisan travelingmu bagus bagus lo


      keep itu up!

      Delete
  7. Blog sama dengan etalase diri kita kepada pembaca, yes setujuh... aku menangkap kata-kata ini sebagai perumpaman yang apik mas ikrom

    Bayangkan aja, nulis di blog nyatanya memang jauh lebih melatih kinerja otak kok ketimbang bikin caption atau nulis status di medsos (e itu sih aku, ga tau kalau yang lain haha, soale nek di medsos aku nulise ga pernah serius, nah nek blog lumayan lah agak serius dikit),

    Malah aku bilang banyak menulis bisa jadi terapi buat mencegah pikun sejak dini, huehe.

    Dengan ngeblog, itu artinya kita bisa mengasah skill menulis yang baik dan benar sesuai dengan gaya si empunya blog masing2 tentunya, sistimatis (ada urut urutannya), dan menarik entah bisa dg gaya story telling atau yang lebih berat lagi disertai data data penunjang dan observasi...

    Ketimbang di media sosial, aku juga lebih nyaman nulis detail di blog, karena kalau di blog (yang blognya udah tertata juga arsipnya), kalau dibaca baca ulang bisa menerbitkan memori di masa lampau, yang kadang bisa buat senyam senyum sendiri, oooo dulu tuh aku pernah begini, pernah ke sini, pernah nyoba ngulas ini itu, dll hahaha, ya itu bener banget bisa merekam memori yang mungkin kedengerannya remeh temeh, tapi bisa jadi bentuk hiburan dan mana tau memberikan pencerahan buat orang lain yang kebetulan baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak biar ga pikun ya
      dan bisa jadi kenangan ke anak cucu

      sekaligus berbagi ke sesama

      Delete
  8. Pas banget tuh mas... Blog itu etalase alias apa yg kita tulis itu setidaknya mencerminkan dirimu, wah gmn dengan saya yg baru mulai ngeblog yaa.. tujuan sy nulis hanya ungkapkan yg ada dikepala saya, gak kepikiran buat yg lain" dulu deh murni hanya mengeluarkan unek" dan menulis itu membuat kebahagiaan dengan cara yg sederhana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas mengeluarkan unek-unek dulu aja

      biar lega ya

      Delete
  9. Bener. Bener.

    Saya yang dulunya nggak pinter basa-basi sama orang lain, pas setelah cukup aktif ngeblog jadi sedikit bisa. Kayak beberapa waktu lalu, sebener e pernah pengen ikut lomba blog yang mengharuskan peserta datang ke lokasi dan melakukan sedikit wawancara sama narasumber. Nah, dari situ saya belajar gimana memulai pembicaraan, wawancara, sama ngulik seauatu tentang suatu produk. Belum lagi harus ngambil foto buat dokumentasi. Pulang dari acara, masih harus buat draft sama ngedit foto. Yah, banyak sih yang bisa diambil dari ngeblog.

    Ngomong-ngomong GA, dolarnya udah lumayan, mas? Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya kan mas ada manfaatnya
      Q n A jadi lebih lancar
      PS jadi cas cis cus

      wkwk kayak mau ikut Miss Universe aja

      Hmmm GA ya gimana ya alhamdulillah lumayan lah meski ga sebanyak yg udah expert hehe

      Delete
  10. Gabut malam ini, mampir kesini dan menemukan tulisan ini. Blog investasi non material. Hal yang sebenarnya membanggakan ketika ada yang berkomentar, terima kasih atas manfaat tulisan yang sudah kita buat. Sesederhana itu membuat penulis menjadi senang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas dibuat hepi aja enggak beban banget jadinya having fun

      Delete
  11. Gue juga bakalan tetep ngeblog, walopun dengan random things on it. Gue suka sharing, dan blog adalah media gue. Gue juga pengen orang2 sadar kalo "membaca" itu penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mbak membaca dan menulis itu satu kesatuan

      Delete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.