Daftar Provinsi yang Meraih Kemenangan Puteri Indonesia Terbanyak

Pemenang Puteri Indonesia terbanyak
Tiga provinsi yang paling sering memenangkan gelar Puteri Indonesia. - Fixed Media

Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) menggunakan sash (selempang) nama provinsi yang tersemat di badan para pesertanya.

Artinya, tiap peserta mewakili provinsi yang ada di Indonesia. Ada beberapa kriteria seorang peserta bisa mewakili sebuah provinsi. Antara lain domisili sesuai KTP dan adanya pertalian darah dengan ayah atau ibu dari provinsi tersebut. Jadi, misalkan ada peserta yang domisili KTP-nya berada di provinsi A, tetapi karena ayah atau ibunya berasal dari provinsi B, maka ia boleh mewakili provinsi B.

Meski demikian, ada pula isu bahwa provinsi yang diwakili oleh suatu peserta sebenarnya tidak terkait dengan peserta itu. Gampangnya, banyak yang beranggapan bahwa seorang peserta sebenarnya tidak tepat jika mewakili sebuah provinsi X. Ia lebih tepat mewakili provinsi Y.

Terlepas dari apa pun itu, selempang provinsi menjadi hal yang cukup seru untuk dilirik. Biasanya, tiap tahun akan ada mega favorit yang datang dari provinsi tertentu. Selain memang dari latar belakang peserta, faktor seringnya provinsi tersebut menang juga biasanya jadi pertimbangan. Lalu, provinsi mana yang paling sering memenangkan mahkota Puteri Indonesia? Berikut ulasannya

1. DKI Jakarta dengan 10 kali kemenangan

Provinsi DKI Jakarta adlah provinsi yang paling sering memenangkan gelar Puteri Indonesia. Tentu, ini tak mengherankan. Selain DKI Jakarta adalah ibukota negara dan pusat segala aktivitas, tiap tahun provinsi ini mengirimkan lebih dari 1 wakilnya. Berbeda dengan provinsi lain yang hanya diwakili oleh 1 peserta saja.

Awalnya, ada 5 peserta yang mewakili DKI Jakatra. Tetapi, saat ini DKI Jakarta diwakili oleh 6 orang peserta. Secara kemungkinan, DKI Jakarta tentu jauh lebih berpeluang untuk meraih mahkota. Alasan banyaknya wakil dari DKI Jakarta ini adalah Jakarta merupakan pusat berkumpul remaja berprestasi. Jadi, Yayasan Puteri Indonesia memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengikuti ajang ini.

Lalu, siapa saja para pemenang Puteri Indonesia dari sash DKI Jakarta? Mereka antara lain:

  1. Indira Sudiro/Puteri Indonesia 1992
  2. Vena Melinda/Puteri Indonesia 1994
  3. Alya Rohali (DKI Jakarta 1)/Puteri Indonesia 1996
  4. Bernika Irnadianis Ifada (DKI Jakarta 3)/Puteri Indonesia 2000
  5. Dian Krishna (DKI Jakarta 2)/Puteri Indonesia 2003
  6. Nadine Chandrawinata (DKI Jakarta 4)/Puteri Indonesia 2005
  7. Zivanna Letisha Siregar (DKI Jakarta 6)/Puteri Indonesia 2008
  8. Nadine Alexandra (DKI Jakarta 4)/Puteri Indonesia 2010
  9. Bunga Jelitha Ibrani (DKI Jakarta 5)/Puteri Indonesia 2017
  10. Frederika Alexis Cull (DKI Jakarta 1)/Puteri Indonesia 2019

Semua sash DKI Jakarta, dari 1 hingga 6 sudah pernah mencicipi gelar Puteri Indonesia. Selain mendominasi gelar, DKI Jakarta juga kerap mendominasi posisi 10 besar, 5 besar. Dan 3 besar. Dominasi DKI Jakarta paling terlihat saat Pemilihan Puteri Indonesia 2005.

Baca juga: Mengenal Akronim Unik Para Pemenang Puteri Indonesia

Kala itu, 4 dari 10 kontestan yang maju ke babak 10 besar diisi oleh perwakilan DKI Jakarta. Sayang, pada Pemilihan Puteri Indonesia 2020 kemarin, tidak ada satu pun wakil dari DKI Jakarta yang masuk ke babak 11 besar. Makanya, para PL menyebut tahun ini sebagai tahun unplaced berjamaah DKI Jakarta.

2. Jawa Tengah dengan 3 kali kemenangan

Provinsi Jawa Tengah adalah provinsi dengan gelar kemenangan kedua terbanyak dengan 3 kemenangan. Tiga kemenangan tersebut diraih oleh Agni Pratishta pada 2007, Maria Selena pada 2011, dan Anindya Kusuma Puteri pada 2015.

Jawa Tengah juga kerap disebut dengan sash kuat karena sering ada mega favorit dari provinsi ini. Jihane Almira Chedid adalah salah satunya yang begitu diunggulkan pada tahun ini. Walau gagal menjadi pemenang, tetapi Jihane mampu mewakili Jawa Tengah dengan apik.

Baca juga: Mengintip Wakil Indonesia pada Kontes Kecantikan Internasional Zaman Jadul

Video profilnya yang menggambarkan keindahan provinsi ini menjadi video perkenalan dengan jumlah penonton terbanyak. Lantaran kuatnya calon dari Jawa Tengah, maka banyak yang memplesetkan Jateng sebagai Jatengzuela jika disejajarkan dengan kuatnya Venezuela pada ajang Miss Universe.

3. Jawa Timur dengan 3 kali kemenangan

Tak kalah dengan tetangganya, Jawa Timur juga sudah mencatatkan 3 kemenangan di ajang Puteri Indonesia. Mereka adalah Gracia Putri Raemawasti pada 2007, Elvira Devinamira pada 2014, dan yang terakhir sedang menjabat saat ini adalah Rr. Ayu Maulida Puteri.

Bersama dengan Jateng, Jatim juga sering disebut sebagai Jatimzuela. Provinsi ini juga pernah beberapa kali menghadirkan mega bintang. Kontes kecantikan lokal di Jawa Timur memang cukup diperhitungkan. Salah satunya adalah Pemilihan Raka-Raki Jatim yang sudah eksis sejak dulu. Ajang pemilihan ini cukup diperhitungkan. Beberapa kali para finalis Puteri Indonesia mengawali dari kontes pemilihan lokal semacam ini. Mbak Puteri Raemawasti adalah salah satunya.

4. Sumatera Barat dengan 2 kali kemenangan

Provinsi Sumatera Barat juga menjadi sash kuat pada ajang Puteri Indonesia. Tanah Minang sudah 2 kali memenangkan gelar Puteri Indonesia melalui Melanie Putria pada 2002 dan Whulandari Herman pada 2013. Kalau pun tidak meraih gelar, Sumatera Barat juga langganan masuk 10 besar dan ada saja wakilnya yang menjadi mega bintang.

alumni puteri indonesia 1992-2016
Para alumni Puteri Indonesia mulai 1992 hingga 2016. - Popbella

Pada tahun ini, nama Kalista Iskandar menjadi mega bintang dari Sumatera Barat. Banyak sekali pendukung Kalista yang berharap ia masuk 3 besar atau bahkan memenangkan Puteri Indonesia. Walau sayang langkahnya harus kandas di babak 6 besar, tetapi Kalista tetap membuktikan bahwa perwakilan Sumatera Barat layak diperhitungkan tiap tahun.

5. Bangka Belitung dengan 2 kali kemenangan

Sebagai provinsi yang baru dibentuk pada tahun 2000an awal, ternyata Bangka Belitung juga menjadi provinsi dengan kemenangan lebih dari sekali. Dua kemenangan Bangka Belitung diraih oleh Artika Sari Devi pada 2004 dan Sonia Fergina Citra pada 2018.

Baca juga: Berapa Harga Lisensi dan Hadiah Sebuah Kontes Kecantikan Internasional?

Pada ajang Miss Universe yang diwakili keduanya, prestasi Indonesia juga membanggakan. Artika membuka langkah placed Puteri Indonesia dengan masuk 15 besar Miss Universe 2005. Sementara, Sonia juga membuka kembali placed Indonesia yang sempat terputus di tahun 2017 dengan masuk 20 besar Miss Universe 2018.

6. Sulawesi Utara dengan 2 kemenangan

Provinsi di ujung utara Sulawesi ini menjadi provinsi terbanyak di Indonesia Timur yang memenangkan gelar Puteri Indonesia. Dua gelar diraih oleh Angelina Sondakh dan Kezia Warow. Kecantikan dan kecerdasan Angie – sapaan akrab Angelina Sondakh – sudah tidak perlu dibuktikan lagi. Walau sedang terjerat kasus korupsi, ingatan banya orang saat Angie menjawab pertanyaan babak 3 besar Puteri Indonesia 2001 dengan Bahasa Inggris yang lancar masih membekas.

Baca juga: Beberapa Istilah Kontes Kecantikan yang Perlu Diketahui

Demikian pula Kezia Warow yang juga tak kalah cantik dan pintar. Ia bisa masuk babak 13 besar Miss Universe 2016 dan meraih penghargaan Miss Phoenix Smile. Selain meraih gelar Puteri Indonesia, wakil Sulawesi Utara juga sering masuk 3 besar. Yang terakhir, pada tahun 2019 kemarin Jolene Marie Rotinsulu meraih gelar Puteri Indonesia Lingkungan dan mewakili Indonesia di ajang Miss Intertanational.

Itulah enam provinsi dengan jumlah kemenangan Puteri Indonesia terbanyak. Selain enam provinsi tersebut, ada dua provinsi yang pernah sekali memanangkan gelar Puteri Indonesia. Dua provinsi tersebut adalah Maluku pada tahun 1995 melalui Susanty Mahuhuttu dan Aceh pada 2010 melalui Qory Sandioriva. Total, hanya ada 8 dari 34 provinsi di Indonesia yang pernah memenangkan gelar Puteri Indonesia.

Lalu, kira-kira, pada tahun mendatang provinsi mana yang akan sering memenangkan gelar Puteri Indonesia?

20 comments:

  1. aku baru 'dong' alias mudeng yang perkara penentuan selempang provinsine ada ngaruh juga ke percampuran daerah asal bapak ibuke si calon peserta

    daaaaaan dari sekian pemenang aku belum terlalu familier dengan 2 pemenang sakbare alya rohali, yakni dian khrisna n bernika, nek indira sudiro sih swring liat profile neng majalah wanita era jadoel eheh

    eh aku baru tau putri raemawasti kih depane gracia
    klo agni takirain bukan wakil jateng loh tadinya xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. soale mereka enggak terjun ke dunia hiburan mbak jadi ga begitu kenal hhw

      iya maslah selempang ini mesti jadi pro kontra
      agni dulu kukira dari jawa timur juga mbak

      Delete
  2. Jakarta yang paling sering...eh, tapi wakilnya memang paling bnyk juga kan mereka. Putra Jogja blm pernah menang yaa...

    ReplyDelete
  3. Baru tahu aku kalo seseorang bisa mewakili provinsi A jika bapak atau ibunya memiliki darah provinsi A biarpun ia berdomisili di propinsi B.

    Jakarta luar biasa ya, sudah menang 10x, bandingkan dengan Jawa tengah dan Jawa timur yang baru tiga kali. Jawa barat kok tidak ada ya? ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawa barat jadi juara 2 seringnya
      tapi pas maju ke internasional langsung juara

      Delete
  4. btw Mas, kok nggak ada namaku di atas ya.. *laaah siapa kamuuuu la, wkwkwk
    memang ya banyak aspek yg dipertimbangkan dalam menyematkan slempang ini, xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ayo mbak ikutan pakai sash jatengzuela

      Delete
  5. Saya dari jatimzuela, bangga juga rasanya. Berarti pula jawa sering memenangkan ajang ini ya.
    Melihat gambar para alumni puteri indonesia di atas, saya kagum banget. Sampai saya liatin selama beberapa detik, merhatiin satu-satu, eh ada mbak nadine๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mbak bangga ya jatim sering menang
      iya ada mbak nadine c

      Delete
  6. Nice post. I like topics like this. Have a nice weekend

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata didominasi oleh Jakarta. Orang-orang di Jakarta emang cantik dan selebrititas.

    ReplyDelete
  8. Jadi teringat diriku yang suka nonton malam penganugerahan Puteri Indonesia. Keren nih ada Jawa Tengah di nomor dua. Tapi tetap Jakarta ya yang jadi nomor satu dengan jumlah kemenangan paling banyak.

    ReplyDelete
  9. Iyahh DKI Jakarta wakilnya banyak kan yah...
    2020 ada corona pemilihan miss universe nggak ada kali yah? Tau infonya nggak mas?

    ReplyDelete
  10. Dulu waktu kecil sering banget mantengin TV nonton acara ini. Sekarang aja sudah jarang nonton TV.

    Kalsel tidak masuk juara terbanyak ya. Apa jangan-jangan ngga pernah juara ๐Ÿ˜ซ

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalser memang jarang juarambak
      yang sring kalbar tapi runner up

      Delete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.