Lima Bangunan Terbengkalai Favorit yang Disambangi Joe Kal

Lukisan kakek tua rumah kolonial kendal joe kal
Salah satu lukisan kakek tua yang tersimpan di sebuah rumah tua. - Sumber: YT Joe Kal

Boys and girls, welcome

Di postingan kali ini aku akan menelusuri lima bangunan terbengkalai yang sudah disambangi oleh You Tuber Joe Kal. Seorang You Tuber asal Kota Semarang yang senang menjelajahi berbagai tempat terbengakalai. Mulai rumah sakit, plaza, kantor, toko, dan yang sering adalah rumah ia masuki. Ia kulik lebih dalam mengenai apa sebenarnya yang terjadi dan yang masih ada di dalam sana.

So, boys and girl. Inilah lima bangunan terbengkalai yang disambangi Joe Kal Favorit saya. Let's do this!

1. Bekas RSUD Bangunan

Bangunan yang ada di Kelurahan Dermo Bangil ini dibangun pada tahun 1913. Mulanya, bangunan ini adalah sebuah Puskesmas yang kemudian diubah menjadi rumah sakit. Pada tahun 2008, pengelolaan rumah sakit ini dipindah ke gedung baru sehingga bangunan ini tidak lagi digunakan. Tepatnya, sekitar tahun 2008.

Sejak saat itu, bangunan ini menjadi kosong dan banyak perabotan khas rumah sakit yang ditinggal begitu saja. Lorong-lorong rumah sakit menjadi kumuh dan tak terawat. Tak hanya itu, ilalang pun tumbuh subur dan menjadi teman setia bangunan RSUD Bangil yang terbengkalai ini.

Bekas bangunan RS Bangil terbengkalai Joe Kal
Sebuah ruangan terbengkalai di bekas RSU Bangil. Sumbr: YT Joe Kal

Ada beberapa ruangan yang masih terkunci. Namun, ada pula ruangan penting yang terbuka dan bisa dimasuki oleh Joe Kal. Salah satunya adalah tempat memandikan jenazah.

Di tempat ini, sebuah hal aneh pun terjadi. Yakni adanya suara orang bernapas yang sangat jelas. Suara itu bersamaan dengan suara Joe yang sedang menerangkan. Lantas, itu suara siapa ya?

Bekas RSUD Bangil ini menjadi favorit karena areanya yang sangat luas. Terlebih lagi, banyak orang yang tidur di sekitar bangunan rumah sakit tersebut. Entah siapa mereka, yang jelas bagi saya tidur di tempat tersebut adalah sesuatu yang luar biasa.

2. Plaza Serpong Tangerang Selatan

Bangunan bekas sebuah Mall di Tangerang Selatan ini menjadi tempat terbengkalai favorit saya yang sudah didatangi Joe Kal. Sama dengan RSUD Bangil, alasan saya menyukainya adalah tempatnya yang amat luas. Bahkan, lantaran ini Mall maka tidak aneh lagi jika perlu waktu lama untuk menjelajahinya.

Video yang diunggah Joe Kal pun sampai terbagi menjadi 5. Ada bagian basement, lantai 1, lantai 2, lantai 3, lantai 4 dan rooftop. Semuanya sangat asyik dijelajahi mendalam. Teritama, bagian yang masih menyimpan aneka barang yang ditinggalkan begitu saja. Terutama, berbagai perabotan dan barang dagangan.

maneken plaza serpong terbengkalai Joe Kal
Meneken di bekas Plaza Serpong Tangerang. - Sumber: YT Joe Kal

Di lantai basement bahkan ada ruang karaoke dan bilyar yang terbengkalai. Ngeri juga ya melihat ruangan itu dalam kondisi mengenaskan. Penuh genangan air dan banyak terdapat sarang laba-laba, serta debu yang tebal. Namun, koleksi benda di lantai 2-4 tak kalah mencengangkan.

Baca juga : Petang Mencekam di Delta Plaza Surabaya

Masih banyak kain, baju, kursi dan meja, hingga yang saya ternganga ada bekas konter HP yang menjual kartu ponsel jalan jadul. Yang ada paket SMS murah. Saya bisa memperkirakan betapa lamanya plaza ini terbengkalai.

Meliha Joe Kal menjelajahi Mall ini saya jadi ingat salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya yang sempat saya kunjungi sebelum wabah covid-19 merebak. Tempat itu katanya akan ditutup karena pengunjung yang sangat sepi. Ekskalator yang tidak berfungsi menjadi hal yang begitu terngiang pada mall terbengkalai seperti ini.

3. Bekas Rumah Pembantaian Dokter di Solo

Diantara bangunan lain, bangunan ini adalah yang paling terngiang karena saya pernah ke sini untuk menunggu BST Solo. Saat itu, halte BST yang saya duduki berada tepat di sebuah bangunan kosong yang sudah ditumbuhi ilalang. Untungnya sih saat itu masih siang ya.

Ternyata, bangunan itu adalah bekas rumah seorang dokter yang dibantai oleh asisten rumah tangganya sendiri. Ih ngeri ya. Rumah ini cukup luas. Saya masih ingat karena di dekatnya ada kantor BPJS yang sama luasnya. Nah, Mas Joe ternyata juga menyambangi tempat ini pada saat malam hari.

Rumah bekas pembantaian dokter di Solo
Rumah bekas pembantaian dokter di Solo. Sumber: YT Joe Kal

Bagian dalam bangunan memang benar sudah tertutup ilalang. Tetapi, konstruksi bangunannya masih utuh. Jendela dan pintu rumah beberap diantaranya masih lengkap dan sebagian lagi sudah rusak. Yang mencengangkan, di bagian dalam tepatnya di sekitar bagian ruang keluarga, ada rak-rak besar yang terbuka. Namun, isinya sudah kosong.

Bagian kamar mandi juga cukup asyik untuk dijelajahi karena masih ada bekas bathub yang cukup besar. Sayangnya, banyak perabotan yang sudah hilang dan banyak tumpukan sampah di dalamnya. Entah apakah ada tuna wisma yang pernah tidur di tempat ini, yang jelas rumah ini sudah tertutup oleh ilalang dan hampir tak terlihat dari luar.

4. Taman Wonderia Semarang

Selain rumah bekas seorang dokter tadi, bekas taman bermain Wonderia Semarang juga pernah saya datangi dan juga pernah dieksplorasi Joe Kal. Pastinya, saya mana berani masuk hingga ke bagian dalam. Saya hanya berfoto di pintu loket dan melongok rimbunnya ilalang yang tumbuh. Kebetulan juga, taman bermain ini hanya berjarak 300 meter dari hotel tempat saya menginap.

Rumah hantu wonderia semarang
Rumah Hantu Wonderia Semarang. Sumber: YT Joe Kal

Saat saya ke sana, bau anyir langsung merebak. Saya salut dengan Joe Kal yang mau masuk ke dalam. Sungguh, kalau orang jawa bilang pesing itu sudah rasanya di ubun-ubun.

Baca juga: Merasakan Ada Makhluk Astral di Lima Tempat Traveling Ini

Bekas taman bermain ini sempat ditutup dan kemudian dibuka kembali dan ditutup lagi karena ada insiden kecelakaan di dalamnya. Beberapa mainan masih tampak terparkir di tempatnya seperti kereta mini. Ada juga rumah hantu yang dijadikan Joe Kal untuk uji nyali.

pintu masuk wonderia semarang
Gabungan rasa takut dan kepo di pintu masuk Wonderia Semarang

Tetapi, perhatian saya malah ada sebuah ruangan yang mungkin digunakan sebagai tempat make-up. Barangkali, dulu sering ada pertunjukan di sini atau bagaimana. Yang jelas barang-barang yang masih berceceran membuat rasa penasaran saya bertambah. Mengapa barang-barang seperti kaset VCD ditinggalkan begitu saja. Sayang lho.

5. Bekas Rumah Jutawan Terbengkalai Semarang

Rumah ini berada di Kota Semarang dan menurut Joe Kal sudah ditinggalkan sejak tahun 2002. Alasannya, ada anak yang bunuh diri dengan caya menyayat di kamar mandi. Sejak itu, rumah ini ditinggallkan begitu saja oleh penghuninya dan menyisakan barang-barang tak terpakai. Wah serem juga ya.

Rumah jutawan bunuh diri semarang joe kal
Rumah jutawan terbengkalai Semarang. - Sumber: YT Joe Kal

Tetapi, ada beberapa kejanggalan yang menurut saya rumah ini kok tidak ditinggalkan sejak 2001 atau 2002. Beberapa barang yang diperlihatkan Joe Kal menyiratkan akan hal itu.

Pertama, ada uang kertas pecahan 2.000 rupiah.

Uang ini sudah pasti dicetak sekitar tahun 2008 atau 2009. Tidak mungkin tahun 2002 ada uang kertas 2000. Yang ada hanya pecahan 1.000 rupiah.

Kedua, ada bekas botol air mineral Indomaret dan Minuit Pulpy Orange.

Jelas-jelas kedua produk ini adalah produk baru yang diproduksi sekitar awal 2010an. Tahun 2002 juga seingat saya juga belum booming Indomaret.

Ketiga, beberapa perabotan rumah yang diproduksi setelah tahun 2011.

Banyak komentar dari warga net yang menyatakan demikian dan menyangsikan bahwa rumah ini telah ditinggalkan sejak 2002.

Nah, yang menjadi catatan adalah dua hal yang cukup kontras dari benda yang ditemukan. Maaf ini cukup SARA tapi buat catatan saja tidak perlu diperdebatkan. Di rumah itu banyak Rosario yang ditemukan dan menunjukkan bahwa sang penghuni rumah adalah penganut Katolik.

Tetapi, di sebuah kamar ada sebuah buku untuk bisa mendapatkan anak dan saya yakin buku itu adalah buku untuk kaum muslim karena saya pernah membacanya dan berisi doa dan zikir agar sebuah pasangan segera dikarunai momongan. Lalu, untuk apa buku itu ada di rumah tersebut dan disimpan dalam kamar?

Di samping itu, ada sebuah kamar yang pintunya terdapat foto anak kecil. Entah foto siapa itu yang pasti foto itu dicetak dalam sebuah kertas dan masih bagus. Ini jadi klu yang cukup meyakinkan bahwa rumah ini tidak ditinggalkan sejak 2002. Lalu, ada beberap kemungkinan yang bisa saja terjadi.

Rumah ini ditinggalkan sejak 2002 dan dipakai oleh beberapa orang entah tunawisma untuk tidur. Kedua, rumah ini baru ditinggalkan di atas tahun 2010 atau 2011 hingga sekarang.

Baca Juga: Ditelepon Suara Aneh di Ruang TU Sekolah

Ketiga, kejadian bunuh diri memang terjadi tahun 2002, tetapi rumah ini sempat dihuni oleh orang lain sebelum mereka meninggalkan juga entah dengan alasan yang sama pada tahun di atas 2011. Keempat, silakan pembaca menyimpulkan sendiri kira-kira apa yang terjadi denan rumah ini. Saya sudah mencari berita mengenai terbengkalainya rumah ini belum ketemu.

Itulah lima tempat terbengkalai favorit saya yang sudah didatangi Joe Kal. Masih ada banyak tempat sebenarnya. Silakan melihat channel You Tube dari Joe Kal sendiri ya. Yang saya suka drinya adalah ia hanya mengeksplorasi dan melakukan uji nyali.

Dengan bereksplorasi, ada sebuah hikmah bahwa sebagus apa pun tempat pasti suatu saat bisa jadi akan ditinggalkan. Karena tak ada yang abdi di dunia ini. Maka, kita jangan sombong ya terutama jika punya rumah yang bagus.

So, boys and girls.

Good bye!

20 comments:

  1. Loh, suara desahan nafas di kamar memandikan jenasah ?.
    Mungkin ngga itu suara desahan nafas dari salah satu orang yang katanya banyak bermalam di sekitaran bekas rumah sakit itu, mas?.

    Kalau menurutku aura paling horor bangunan bekas rumah hantu taman wonderia.
    Kelihatan banyak teror aneh muncul disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ruangannya di dalam sementara orangnya di sekitar pintu gerbang mas
      jadi ya aneh aja si
      cuma engga tau lagi heheh

      iy wonderia serem banyak premannya ya
      pas ke sana aku juga diliatin sama preman huhu

      Delete
  2. Kalau saya lebih suka rumah dokter itu
    Asistennya begitu tega dan sadisnya.
    wah pastinya masalah yang terlalu lama dipendam. Dendam yang bertumpuk tumpuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya rumahnya lama banget udah ditingali mas'
      dendam kayaknya emang PRTnya

      Delete
  3. bangunan penuh horor ini pastinya hehe. karna sudah terbengkalai.

    ReplyDelete
  4. Paling serem buat saya itu lokasi-lokasi bunuh diri atau pembunuhan dan sejenisnya 🙈 nggak kebayang bagaimana si dokter meregang nyawa dibunuh asistennya 😰

    By the way, taman bermain di Semarang itu mengingatkan saya akan Nara Theme Park di Jepang yang juga ditinggalkan begitu saja sampai sekarang. Huhu. Ternyata taman bermain yang biasanya terlihat gegap gempita, bisa terlihat sendu kalau nggak digunakan 😓 mana saya suka banget main ke theme park hahahahaha jadi membayangkan yang nggak-nggak 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama mbak ngerinya dapat banget ya
      aku pernah liat di YT yang nara itu emang ngeri
      hii

      Delete
  5. Strange place;) but beautiful ;) I never heard about this place,nice to meet new places.

    ReplyDelete
  6. Okeh, untung saya baca ini pas pagi hari, jadi gak serem2 amat gitu pas liat foto2nya :v.

    ReplyDelete
  7. Ternyata baca beginian aja bisa bikin merinding sendiri 😂
    Ntah kenapa kalau taman bermain yang terbengkalai itu rasanya sayang banget dan juga serem banget, kayak kampung gajah yang di Bandung yang sekarang terbengkalai, masih ada perosotan di kolam renangnya dan bikin jadi seramm.
    Dan saya juga baru tahu kalau di Tangerang ada mall yang ditinggalkan. Sayang banget sama barang-barang yang ditinggalkan, kenapa nggak diangkut ya, jadi penasaran 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak sayang udah bagus ya padahal
      ini corona banyak tempat wisata juga terbengkalai hii

      mungkin biayanya mahal jadi dibiarin aja atau ada konflik di sana

      Delete
  8. kalau saya masuk kes sini malam2 pasti mimpi ngeri hehe

    ReplyDelete


  9. Allohuakbar, aku baca iki tengah magrib dong mas ahahahha asli merkinding sejenak bulu kuduk

    mall tangerang perasaan bola bali aku liwat tiap arep ke tangsel, tapi aku kok kaget ternyata daleme masih ada sebagian barang dagangan, mana ada bakul pulsa dan kuota jaman itu lagi, kan penasaran kenapa itu mall bisa ditinggalkan gitu, mangkrak ga jelas kenapa hiks

    eh sing mbok critakke pertama sampe nomor 3 ki lo asli bikin ku olah raga jantung, padahal aku mung moco rung nonton joe kal maneh selain umah semarang bekas aanak kecil meninggal di kamar mandi

    sing rs lawas bagian pintu masih terkunci horror banget, palagi ada napas kerekam segala di area kamar memandikan jenazah, iiiiiy

    eh aku kadang kok mikir sik ora ora yoh
    iku loh umah nek bekas pembantaian kan biasane dijual tapi opo ono sik tuku yo

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dulu katae pernah buat suting inbox ya
      rame banget aku liat videonya
      itu di tengah kota apa di mana ya mbak kepo ahahah

      iya yang RS itu creepynya udah keliatan
      apalagi pas kerekam suara itu hiiii

      ya angel mbak pikir2 lagi kalau mau nyewa ya

      Delete
  10. mas taktambahi rekomendasi youtube misteti sing menarik, diantaranya

    kembara sunyi
    kisah tanah jawa
    rekam media

    ReplyDelete
    Replies
    1. kisah tanah jawa aku liat
      om hao ya dia pinter banget kalau cerita apalagi sejarah

      Delete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.