Lima Lagu Karya Papa T Bob Favorit Saya

papa t bob
Papa T Bob. - Fimela

Dunia musik kembali berduka.

Pencipta lagu anak-anak yang melejit di era 90an meninggal dunia. Beliau adalah Papa T Bob atau yang memiliki nama asli Erwanda Lukas. Kepergian Papa T Bob seolah menambah daftar panjang para artis dan seniman yang meninggal tahun ini. Kepergian Papa T Bob juga seakan mengagetkan banyak orang terutama yang masa kecilnya dihabiskan dengan mendengarkan lagu ciptaan Papa T Bob.

Tak hanya itu, banyak artis cilik yang meroket namanya dengan menyanyikan lagu Papa T Bob. Sebut saja Enno Lerian, Trio Kwek-Kwek, Joshua Suherman, Tina Toon, Bondan, dan lain sebaginya. Kesuksesan nama-nama artis cilik yang kini beranjak dewasa itu pun tak luput dari tangan Papa T Bob.

Sebagai manusia yang menghabiskan masa kecil pada tahun 90an dan awal 2000an, lagu-lagu Papa T Bob masih terngiang hingga sekarang. Berbagai video klip yang diputar pada acara musik anak beberapa diantaranya cukup membekas. Apa saja lagu ciptaan Papa T Bob yang menjadi favorit saya? Inilah lima diantaranya.

1. Semua Mencium

Lagu semua mencium merupakan lagu ciptaan Papa T Bob yang paling saya favorikan. Lagu ini dinyanyikan oleh Tiga Anak Manis, yakni Mbak Yohermin, Mbak Yohanni dan Mbah Indah Pertiwi. Ketiganya sering muncul pada acara panggung hiburan anak TVRI. Sekitar tahun 1994-1995.

Baca juga: 3 Anak Manis, Bagaimana Kabar Kalian Sekarang?

Lagu ini juga menjadi salah satu hits dari trio tersebut. Pada beberapa kesempatan, saya mendengarkan lagu ini dengan cukup kencang ketika berjalan-jalan di Gajah Mada Plaza Malang. Papa T Bob sangat piawai dalam membuat lagu ini.

Sebuah cerita akan kegembiraan seorang anak yang berhasil naik kelas. Mendapatkan hadiah dan kebanggan adalah alasannya. Sebuah hal yang amat berharga bagi generasi zaman dulu yang tak dirasakan anak zaman sekarang. Saat perjuangan untuk bisa naik kelas amatlah sulit.

2. Anak Ajaib

Lagu ini sebenarnya adaptasi dari sebuah lagu barat tapi saya lupa judulnya apa. Meski begitu, Papa T Bob sangat asyik dalam menggubahnya untuk dinyanyikan Joshua Suherman. Menjadi lagu pembuka dari serial TV dengan judl yang sama, hingga kini saya masih menikmati iramanya.

Baca juga: Lima Lagu Karya AT Mahmud yang Paling Saya Suka

Riang gembira dan penuh dengan hentakan musik tekno khas awal 2000an menjadi ciri khasnya pula. Jika dihayati, lagu ini mengandung pesan yang dalam. Walau serial ini menggambarkan anak ajaib yang berupa sebuah robot, tetapi tidak dengan liriknya.

Anak ajaib adalah mereka yang suka menolong sesama, menghibur temannya sehingga banyak teman yang menyukainya. Saya paling senang bagian:

Huwa huwa anak ajaib

3. Semua Ada di Sini

Mau makan di restoran Padang

Bukan berarti harus ke Padang

Cukup ada di sini

Dekat kita sendiri

Kita tinggal buka aplikasi

Eh salah ya. Kok jadi mau memesan makanan lewat aplikasi. Kebanggaan akan kuliner Indonesia yang beraneka ragam yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Bahkan, beberapa kuliner masuk dalam top kuliner paling enak sedunia. Rendang dan nasi goreng adalah beberapa diantaranya.

Dengan beat yang santai dan enak dibuat joged, lagu ini juga menceritakan tentang kesuburan tanah Indonesia. Mau ditanam  apa saja pasti tumbuh. Asal, dirawat dengan baik tentunya. Enno Lerian, sang penyanyi lagu ini bisa membawakannya dengan apik.

4. Jangan Marah

Kutakut pacarku marah

Eh bukan ya. Yang marah mama dan papa. Kalau kita terlambat sekolah. Uang jajan bisa musnah. Tak ada senyum dan membuat hati jadi gundah. Ya, lagu dari Trio Kwek-Kwek ini adalah favorit saya.

Sebuah kejeniusan dari Papa T Bob yang mengingatkan saya, sebagai generasi 90an akan tempaan mental. Pernah tidak ada adagium bahwa anak dulu jika dimarahi atau mendapat hukuman adalah sebuah hal biasa. Senin, selasa, rabu, kamis, sampai sabtu rasanya hukuman itu adalah hal lumrah.

Sebagai generasi 90an, lagu ini juga memberi pelajaran agar hukuman tidak terjadi, maka ya harus rajin. Rajin belajar dan mengerjakan tugas tentunya. Tapi, yang saya suka, ada satu khusus yang membuat hukuman marah libur yakni hari Minggu. Saat anak-anak merayakan kebebasannya dengan nonton kartun mulai pagi sampai siang.

5. Bus  Sekolah

Diantara lagu Papa T Bob, lagu ini cukup membuat dua sisi dalam hati bergetar. Di satu sisi, nadanya menyenangkan karena memberi semangat kita bersekolah dengan naik bus sekolah. Di sisi lain, lagu ini adalah lagu perpisahan dari Trio Kwek-Kwek sebelum mereka bubar. Semacam lagu kenang-kenangan bahwa masa kecil sudah usai.

Coba dalami lagi nada dan liriknya. Semacam lagu perpisahan dengan guru dan masa sekolah. Tak hanya itu, jika didalami lagi, ada petikan lirik yang mengubah pandangan kita akan perubahan dari masa kanak-kanak ke masa remaja/dewasa.

Ada yang duduk

Ada yang berdiri

Ah, itu biasa

Dalam kehidupan, kadang apa yang kita inginkan tidak tercapai. Kadang kita berada pada posisi yang kurang menguntungkan. Tetapi, jika kita menikmatinya, maka posisi yang kurang menguntungkan itu akan terasa menyenangkan.

Bercanda-canda

Tertawa-tawa

Sampai tidak terasa

Ada yang bisa merasakan?

Itulah lima lagu Papa T Bob yang paling saya suka. Di tengah kondisi hidup yang tidak baik saat akhir hayatnya dan beberapa masalah yang menimpa beliau, saya yakin Papa T Bob akan bersama AT Mahmud, Ibu Kasur, dan para maestro pencipta lagu anak lain yang terus dikenang.

Selamat jalan Papa T Bob. Lalu, lagu ciptaan Papa T Bob apa yang kalian suka?

Nostalgia yuk!

29 comments:

  1. Ya ampun kita seangkatan apa mas, hehe. Lagu Trio Kwek Kwek diatas aja aku masih apal loh liriknya :D Dan kepengen anakku besok tetep tahu lagu Trio Kwek-Kwek dan Enno Lerian. Sampe sekarang aku ngikutin IG nya Enno Lerian, dan anaknya udah banyak dong :D Alfatihah buat Papa T Bob, terima kasih sudah memberi kami kenangan indah dengan lagu ciptaannya yang indah. Semoga generasi Alpha mengenal lagu anak-anak yang tidak saja menghibur tapi juga mengedukasi DAN sesuai usia anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mbak mungkin kelahitan 90an awal ya

      sama aku juga sih anak ku biar denger trio kwek kwek aja

      Delete
  2. Innalilahiwainnailaihirojiun mudah2an amal ibadah beliau diterima di sisiNya, Rip papa t bob

    Daaaan, hampir semua contoh lagu di atas aku tahu, karena aku memang sering mantengin semacam musik anak like tralala trilili, cilukba, gituh2 mas

    Tapi sik paling apal sih eno lerian semua ada di sini, n lagunya trio kwek kwek
    Anak ajaib (btw dulu aku nonton seneng nih anak ajaib) ada koshua, sion gideon ama leony njuk diganti gracia indri...semacam sinetron mirip2 jinny oh jinny, boneka poppy ngunu kan ahahhaha...

    Lagu2ne papa t bob emang gampang diapalin liriknya, sesuai ama umurnya anak-anak
    Sekarang mah susah nyari lagu anak yang baru ya, paling remake lagu jaman dulu njuk diganti video klipe pake kartun huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin'
      cilukba yg paling aku inhget

      anak ajiabnya joshua emang ngangenin haha

      dan lagunhya bener mbak seusai banet sama anak anak
      sedih ya liat anak anak sekarang

      Delete
  3. Innalillahi wainna illaihi roji'un.. Semoga amal ibadah beliau diterima disisi terbaikNya, aamiin, Alfatiha..

    Sebagai anak zaman 90an, pastinya tahu karya-karya almarhum. Dan masih terus diingat deh sampe sekarang.

    ReplyDelete
  4. saya pribadi tidak familiar dengan beliau Mas, karena masa kecil yg jauh dari media televisi. yg familiar cuma anak ajaib aja karena kadang2 nonton di warung ato rumah tetangga.

    Semoga beliau ditempatkan yg terbaik di sisiNya, semua karya beliau akan selalu dikenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga dari kaset mas yang saya beli
      dulu masih murah si hehe

      amin YRA

      Delete
  5. lagu2nya jaman anak2ku masih kecil nih, jd hafal lagunya

    ReplyDelete
  6. Innalillahi wa innailaihi roji'uun.
    Semoga di terima amal ibadahnya.
    Di ampuni dosanya.dan husnul khotimah.Aamiin.YRA.

    ReplyDelete
  7. Ya Ampun nostalgia banget.. saya tumbuh dengan lagu2 ini.. haha
    Selamat jalan T BOB..

    ReplyDelete
  8. Di kontak HP saya, isteri saya, saya kasih nama Mama T Bob

    ReplyDelete
  9. Turut berdukacita juga, seorang seniman Papa T Bob telah pergi, semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah, amiiin.

    Saya malah kenalnya sama trio kwek-kwek, lagu lagunya memang enak didengar. Lagu favoritku adalah jangan marah.😊

    ReplyDelete
  10. Nggak asing semua dengan lagu lagu ciptaan papa t Bob. Karena aku sukanya nonton acara musik anak anak.
    Semua lagu ciptaan papa t Bob bisa diikuti anak anak dan mudah dihapal. Aku sampe mikir dulu, kayak apa sih muka nya papa t Bob, karena nggak pernah muncul juga
    Karya karyanya akan tetap dikenang

    ReplyDelete
  11. lagu-lagunya familiar di telinga dari kecil sampai besar, tetapi kadang tak paham penciptanya. terima kasih Papa T Bob

    ReplyDelete
  12. Saya suka hampir semua lagu Papa T. Bob 😍 bagus-bagus bangettt pada masanya. Bahkan meski didengar sampai sekarang, tetap bagus dan menyenangkan. Kalau disuruh pilih terpaling favorit, buat saya itu bis sekolah 😆 karena waktu itu ikutan sedih saat tau Trio Kwek-Kwek bubar dan nggak lama kemudian menghilang dari pemberitaan, nggak taunya Alfandy pindah sekolah 😂

    Saya salfok di video bis sekolah, ada Betrand dan Andhara masih muda hahahaha. Thanks for bringing back the memories, mas. Dan semoga Papa T.Bob tenang di sisi-Nya 🤧

    ReplyDelete
    Replies
    1. bus sekolah memang bikin nostalgia ya
      iya afandi ke amrik jadi dokter sekarang

      hahah sama ferly siapa itu mbak yang jadi guru

      amin YRA

      Delete
  13. I like videos music. Songs and children are wonderful.
    Have a nice weekend :)

    ReplyDelete
  14. Saya nggak begitu kenal lagu-lagu di atas, yang pernah saya denger yang jangan marah itu. Tapi meski begitu sedih juga dengar berita kematian papa T. Bob. Karena sekarang jarang banget ada lagu untuk anak-anak, kebanyakan anak kecil tahunya malah lagu dangdut.
    Berdoa saja semoga beliau tenang di alam sana. Seorang musisi, seniman. Walaupun orangnya udah nggak ada, tapi karyanya akan selalu abadi😊

    ReplyDelete
  15. Sekarang sulit banget menemukan lagu anak-anak. Adanya sekarang anak-anak sukanya lagu Korea, hahaha. Kalau enggak lagu dangdut. Mudah-mudahan segera ada penggantinya yang bisa menciptakan lagu anak-anak bermutu.

    ReplyDelete
  16. Semua Mencium itu pertama kali denger sulu pas acara pentas seni 17 Agustus di kampung. Inget banget, dulu yang nari juga 3 bocil-bocil sepantaranku. Habis itu denger lagi dari kasetnya sepupu.

    Dari semua grup dan penyanyi anak-anak, Trio Kwek-kwek jadi favoritku sih. Tapi kalau masalah lagu favorit, sukanya yang Katanya sama Yale-yale (kalau nggak salah nyebut).

    Jadi kangen acara anak-anak yang tiap sore dulu muncul di tv. Tralala-trilili, cilukba, sama dunia anak ingetku. Lumayan jadi tontonan rutin pas siang-sore hari 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya sering buat nari ya mas

      trio kwek kwek masih jadi favoirt si sepanjang zaman
      iya yale yale
      hahahah iya

      Delete
  17. Saya suka lagu karya Papa T Bob karena lirik syainya mwmang cocok dan sesuai dibawakan oleh anak kecil.
    Lagu kesukaan saya Semua ada di sini dibawakan oleh Eno Lerian dan laku Kuvtaku papaku marah oleh Trio Kwek Kwek..

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.