Mau Dibawa ke Mana Aktivitas Ngeblog Saya?

 

Ilustrasi diambil dari emergingedtech.com

Seharusnya tulisan ini saya kemukakan pada awal tahun ya. Tapi tak apalah, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.

Kalau ditanya, pada tahun ini apa yang ingin dicapai dalam kegiatan ngeblog? Saya akan menjawab tidak banyak. Selain, hanya bisa konsisten ngeblog dan menuangkan apa yang ada di pikiran saya. Memang, jika dilihat kok malah tak banyak patokan dan keinginan. Kok tidak ingin ada perkembangan berarti. Padahal, pada tahun-tahun sebelumnya, saya seperti terlihat menggebu-gebu dalam kegiatan ngeblog ini.

Tak lain, ada banyak kegiatan di dunia nyata yang sedang saya kerjakan. Jujur, saya belum bisa hidup sepenuhnya dari kegiatan ngeblog. Membagi waktu antara ngeblog dan pekerjaan adalah kompromi yang bisa saya lakukan. Di satu sisi, pekerjaan utama saya tak terganggu dan di sisi lain kegiatan ngeblog saya tetap berjalan.

Bagi saya ini tidak mudah lantaran tiap hari ada saja tantangan dalam dunia blogging. Ada keinginan mengembangkan diri lebih baik lagi daripada sebelumnya. Akan tetapi, saya memiliki keterbatasan waktu untuk bisa melakukan hal tersebut.

Semisal, saya ingin sekali mengubah "tempat tinggal" saya ini dari blogspot ke wordpress. Keinginan ini timbul setelah saya mengulik pengalaman milik teman yang bisa mengembangkan diri jika menggunakan wordpress. Bukannya saya mengecilkan peran blogspot yang sudah menemani perjalanan saya selama ini,tetapi saya ingin lebih mengembangkan diri dengan berbagai fitur dalam wordpress yang begitu banyak.

Lagi-lagi, lantaran terbentur masalah waktu, maka saya harus menunda kegiatan pindahan ini saat libur panjang sekolah nanti. Menunggu murid-murid saya selesai dengan PJJ-nya. Saya butuh fokus mengerjakan kegiatan ini. Tidak bisa disambi dengan kegiatan lain semisal menyiapkan soal atau materi pembelajaran. 

Baca juga: Menerapkan Teknik SEO yang Sesuai dengan Idealisme Ngeblog

Pun demikian dengan keikutsertaan saya dalam lomba blog atau sejenisnya. Saya belum berkeinginan untuk mengikuti lomba blog dalam waktu dekat ini. Saya berpirinsip bahwa untuk mengikuti lomba blog juga harus fokus dan benar-benar meluangkan waktu untuk kegiatan tersebut. Meski tidak harus menang, tetapi jika sudah berusaha semaksimal mungkin dalam lomba tersebut, rasanya sangat senang. Ada kepuasan tersendiri daripada mengerjakannya setengah saja.

Lantaran tak banyak pencapaian yang ingin saya kejar, saya lebih banyak menghabiskan waktu dengan membaca atau menonton hal yang sekiranya baik bagi pengembangan diri saya. Kegiatan ini saya lakukan lantaran saya  bisa melakukannya sambil beristirahat dan bersantai di akhir pekan. Dari kegiatan tersebut, biasanya timbul sebuah ide yang bisa saya tulis di blog maupun saya unggah di channel You Tube.

Mengenai channel You Tube sendiri, saya mulai rajin mengunggah konten lantaran pengikut saya mulai merangkak naik. Walau juga tak mematok cukup ketat, tetapi paling tidak ada satu konten yang saya unggah tiap minggunya. 

Statistik DA, PA, dan kawan-kawan yang tanpa banyak berkembang

Selama pandemi kemarin, alhamdulillah saya mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan dari Google Adsense. Selama 2020, sudah dua kali saya mendapatkan penghasilan dari Google melalui blog ini dan 2 blog lain yang saya kelola tentang latihan soal dan materi pelajaran. Setelah saya analisis dari Google Analytic, ternyata tulisan saya mengenai sejarah atau kebudayaan dengan elaborasi cukup dalam mendapatkan banyak pengunjung. Pun demikian dengan tulisan kontes kecantikan alias beauty pageant. Padahal, saya tidak terlalu mempermasalahkan kata kunci dan sejenisnya saat menulis artikel-artikel tersebut.

Dari laporan Google Analytic memperlihatkan mayoritas pembaca blog ini berasal dari mesin pencari Google

Saya hanya mencoba memberi nyawa pada tulisan saya sehingga kata kunci yang dibutuhkan oleh banyak orang bisa tersebar dengan rapi di berbagai paragraf. Saya tetap berpirinsip bahwa ketika orang datang ke blog kita, maka sebisa mungkin kita memberikan informasi yang mereka inginkan. Saya mengibaratkan mereka sebagai klien yang harus dilayani dengan sebaik mungkin. Untuk itu, menulis artikel dengan lengkap dan jelas adalah usaha yang tetap saya lakukan hingga sekarang. 

Baca juga: Enam Cara untuk Menghasilkan Uang di Kompasiana

Meski saya tahu, bagi banyak blogger lain yang berkunjung kadang bingung mengapa saya menulis topik yang jarang ditulis oleh blogger lain atau bahkan terlalu berat. Saya kembalikan lagi karena pembaca blog saya, hampir 90% berasal dari mesin pencarian Google. Sesekali saya memang menulis hal-hal ringan dan remeh temeh mengenai kehidupan saya.

Meskipun tidak sebesar penghasilan 2 blog saya yang lain, tetapi saya bersyukur tiap bulan ada kenaikan penghasilan pada blog ini

Dan jika ada hal yang ingin saya kejar dalam pencapaian blog di 2021, ini adalah saya ingin lebih menulis menggunakan hati. Ketika menulis menggunakan hati, rasanya saya puas sekali. Apa yang ada di kepala saya bisa keluar terutama jika didukung oleh sumber informasi yang kredibel. Ketika menulis dengan hati, meski saya tidak mendapatkan materi, pujian, penghargaan, atau hal lain yang bersifat duniawi, saya masih ikhlas untuk menulis setiap hari.

Walau terlihat sederhana, nyatanya pencapaian semacam ini tidaklah mudah. Apalagi dengan bergesernya selera masyarakat yang lebih menyukai platform lain semisal You Tube dan Tik Tok, akan ada pikiran bahwa kegiatan menulis hanya sia-sia belaka. Saya tak mau itu terjadi pada saya sehingga menulis dengan hati adalah pencapaian tertinggi menulis blog 2021 ini yang ingin saya raih.

Lalu, pencapaian seperti apa yang ingin Anda raih dalam kegiatan ngeblog pada 2021 ini?

22 comments:

  1. Kaloo saya sih, pemcapaiannya ingin pasang Adsense di blog, mas.
    MAsih sedang mempelajarinya nih hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti Mas Dodo, sebisa mungkin sebelum tahun 2021 berakhir saya bercita-cita untuk pasang Adsense di blog saya juga, Mas. Tetapi, sampai itu terwujud, saya berniat untuk menulis lebih rajin lagi, juga mengikuti jejak Mas Ikrom, mengunggah konten-konten yang bermanfaat bagi para visitor blog saya!

      Delete
  2. Menulis lebih menggunakan hati.. Nah saya setuju Mas.. Kalau saya sendiri masih asal njeplak (nulis) dulu saja hehehee

    ReplyDelete
  3. Semangat mas Ikrom, semoga rencana 2021 blogging-nya berjalan lancar 🥳

    Kalau saya, yang ingin saya raih pada tahun ini nggak banyak, yang pasti berharap ada peningkatan jumlah post compare to tahun sebelumnya 😆 Terus ingin develop konten yang menyenangkan untuk saya sebagai penulisnya dan teman-teman sebagai pembacanya 😂 Habis itu apa lagi yaaa, nggak banyak sih itu saja, soalnya saya belum ada ADS.

    Ohya mas Ikrom, saya pernah cari soal pelajaran sekolah, jangan-jangan waktu itu blog soal-soal pelajaran yang saya buka adalah blog mas Ikrom? 😆 Keren soal-soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mbak eno
      blognya mbak eno keren dan semoga tetap konsisten ya biar pembaca tetap betah di blog mbak eno

      kalau SMP bisa jadi mbak blos saya isinya latihan soal dan materi SMP hehe

      Delete
  4. mau dibawa kemana ngeblogku ini? jika kuterus menunda nuda...dan tak oernah update postingan...wkwkkwkw #malah nembang...#wes suarane fals pun hahhahahha

    mas ikrom aku setujaaaaa...aku juga mas ra ngoyo koyo tahun tahun sedurunge..dibawa santai dibawa sellow malah makin menikmati the art of nulis hal hal yang aku suka (walau belum tentu orang lain suka)..tapi bener digemukin dulu poatingannya...ditekunke nulisnya..ngko lak nek wes akeh tinggal panen e doang..orang kalau udah keep in touch sama blog kita bakal kubek kubek sendiri kok misal uda ketinggalan jaih postingannya..kaya aku wingi sampe ngeklik banyak lamane mas ikrom yo karena engeh pernah posting kuliner tapi baru sempet takbaca saiki ya tetep aja takcari wkwkwk...jadi intjnya jangan takut untuk rajin update biar kata jedanya agak pendek pendek dalam berapa kali sehari. Pembaca loyal mah okey okey aja disodorin menu tulisan apapun, pasti bakal dilahap hahhaah...

    btw as statistik, kuakui sampeyan te o pe mas olehe memaksimalkeun...aku salut sih sebab memang selain dibuat fun ngeblogmu ini juga uda semacam portofolio tulisan yang bisa buat dibaca baca kapanpun kan, kebetulan memang temane sampean menarik menarik sih, terutama sik bagian sejarah, urban, perkotaan, ama solo travelling atau jelajah kuliner. Seruuuu !

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw jangan berlebihan memuji mbak biasa wae
      tapi memang tulisan yang kita anggep sepele eh malah banyak dicari orang
      kayak tulisane mbak nita kapan anu aku cari tentang film jadul di Google eh muncul blogmu mbak
      kan asyik

      iya buat portofolio aja si seneng aja ya bisa ngumpulin tulisan

      Delete
  5. Hebat mas, semoga blognya tetap eksis dan terus meningkat trafficnya, terutama untuk adsense-nya. Semangat terus mas.

    Kalau saya, masih belum menemukan rencana yang pasti untuk blog. Masih belum stabil, sering berubah-ubah. Kemarin ingin coba adsense, lalu tidak, kemudian ingin ikut lomba blog, kemudian tidak, dst dst. Begitu terus sampai tagihan hosting dan domain saya terima di awal tahun. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas agung juga hebat saya juga suka paparannya kritis
      tetap semangat ya mas

      Delete
  6. Berniat lebih santuy, namun faktanya tetap keren dan konsisten.

    ReplyDelete
  7. Sejujurnya aku ngga tahu mau dibawa kemana ngeblog tahun ini juga tahun tahun sebelumnya karena memang ngeblog hanya untuk hobi menulis saja sih mas.

    Kalo bisa sih tahun 2021 ini pengin gajian adsense, setahun sekali juga tidak apa-apa, cuma sepertinya agak susah karena baru dapat 150k.

    Memang sekarang masyarakat lebih suka YouTube ataupun tiktok, tapi penggemar blog masih ada, tetap semangat mas Ikrom.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mas
      coba cari niche blog yang menghasilkan
      iya memang sejak ada Tiktok dkk sepertinya blog ditinggalkan
      tetapi tidak juga si mas
      apalagi pas banyak PJJ gini kan orang tetap cari blog buat cari informasi

      Delete
  8. Wiiihh, Kak Ikrom keren banget atas pencapaian ngeblognya selama ini. Selamat yaa! 🥳. Semoga harapan Kakak di tahun ini bisa tercapai 😁.
    Ternyata selain mengajar, Kakak juga mengurus 3 blog ya. Keren euyy 🙈 aku selalu kagum dengan orang-orang yang bisa konsisten mengurus banyak blog 🤩

    Kalau aku sendiri, di tahun ini ingin bisa menulis lebih sering aja 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dirintis mba sayang kalau tidak diteruskan hehe
      semangat menulisnya ya mbak LIa

      Delete
  9. pertanyaan yang selalu muncul tiap tahun buat saya, soalnya blog nya gak ada perkembangan,hehe
    tiap tahun cuman berharap bisa lebih sering post, apapun bentuknya.. he

    ReplyDelete
  10. Blog mu ini termasuk unik kok mas, Krn banyak bahas beauty Pageant. Dan ownernya laki2 pula :). Aku blm pernah liat selain dari blogmu . Makanya salut, trus cerita lainnya pun enak dibaca.

    Walopun Vlog semakin terkenal, tapi aku bakal ttp setia Ama blog :D. Yakin kok msh banyak orang2 yg LBH suka membaca dripd melihat video. Aku salah satunya. Ga terlalu tahan kalo hrs liat video terlalu lama. Dan pasti msh banyak tipe orang begini. Jd aku yakin blog msh dapet tempat di hati banyak orang :D.

    Udah bener itu, kita tetep nulis pake hati. Biar tulisan jd sedikit bernyawa, ga kaku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak bisa aja mbak
      lah gimana mbak udah kadung seneng dan itu aja yang ada di otak hehe

      iya sama si aku ga bisa kalau liat video lama jatuhnya ngantuk
      jadi baca aja ya mbak...
      bener biar ada nyawa dan enak dibaca...

      Delete
  11. ngeblog ternyata masih banyak juga peminatnya.. entah terkadang belajar ngeblog lewat browsing2 masih berpikir antara blog atau youtube.. makasih kak artikelnya bagus untuk belajar ..salam kenal sesama blog

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.