Lima Gim PlayStation 1 yang Jadi Andalan

Rental PS yang berjaya pada zamannya. - Hipwee

Saya itu tidak terlalu bisa bermain gim.

Sejak kecil, saya selalu kalah kalau main gim di berbagai piranti. Mulai PC, PlayStation (PS), Nintendo, dan lain sebagainya. Makanya, gim terakhir yang saya ikuti ya PS 1 yang sudah dianggap begitu tua. Seri PS selanjutnya saya tak mengikuti dan tidak tertarik.

Meski demikian, saat booming-nya PS 1 dulu, saya pun terbawa pergaulan untuk ikut main bersama teman-teman di sebuah rental. Dengan harga sewa 1.500 per jam kalau tak salah, saya sering menyisikan uang untuk bermain PS. Kalau teman-teman senang bermain gim Winning Eleven alias sepak bola, maka saya sebaliknya. Menghindari gim tersebut karena setiap kali main, saya selalu melakukan gol bunuh diri. Alhasil, saya pun kalah dengan skor telak minimal 5-0.

Makanya, saya memilih gim lain yang menurut saya mudah dan tanpa banyak strategi cheat konsol yang membuat tangan saya sakit. Lalu, apa saja gim yang saya mainkan? Berikut 5 diantaranya.

1. Bishi Bashi

Permainan bishi bashi adalah permainan paling saya sukai jika bermain PS 1. Ini tak lepas dari banyaknya permainan yang bisa saya pilih dan kebanyakan bikin ngakak. Tidak hanya itu, cara memainkannya yang mudah membuat saya harus bermain gim ini ketika menyewa PS 1.

Baca juga: Pilih Smule atau We Sing?

Macam permainan yang jadi favorit adalah balapan ke kamar mandi untuk BAB. Asli, ini bikin saya ngakak. Saya selalu membayangkan sedang kebelet agar bisa menang dengan rekan saya. Dengan menghayati peran kebelet tersebut, hampir setiap kali saya main. Padahal, rekan saya tadi selalu mengalahkan saya ketika bermain winning eleven.

gim lucu bishi bashi
Adu balap untuk buang air besar. - indoesports.com

Selain bermain adu kebelet BAB, ada juga adu untuk membesarkan rambut brekele. Juga ada lempar kue dan bunga dari pasangan pengantin, serta favorit saya yang lain yakni menyusun burger. Asli, berbagai permainan itu yang membuat saya semangat untuk menyewa PS 1. Ternyata,ketika saya membaca dari beberapa sumber, permainan bishi bashi ini merupakan permainan arcade di Jepang. Mereka memainkannya seperti permainan ding dong di sini. Sayang sekali ya, permainan ding dong di sini kebanyakan balapan yang susah sekali memainkannya. Kalau ada bishi bashi, bisa-bisa tiap minggu saya main ke Mall buat main ding dong.

2. Pepsimen

Nah, sosok pahlawan super dari produk minuman Pepsi ini juga merupakan gim favorit saya saat bermain PS 1. Sayangnya, kalau tak salah gim ini hanya bisa dimainkan oleh satu orang saja. Saya masih ingat menyimpan data perjalanan permainan saya di memory card agar tetap bisa bermain.

Pepsimen  sedang mengumpulkan botol kecil. - winudf.com

Kalau dilihat, sebenarnya misi dari Pepsiman tidaklah penting-penting amat. Mulai mengambilkan minuman orang yang kehausan hingga memindahkan botol. Selama misinya, sebagai pepsimen kita juga harus mengambil semacam botol kecil sebagai kekuatan kita dan menghindari botol besar atau penghalang lain. Saya paling suka kalau si pepsimen sedang terantuk kakinya. Suaranya keras dan bikin ngakak karena enak-enaknya lari eh malah terantuk.

Baca juga: Hadirnya Gawai, Tantangan Terbesar dalam Mendidik Anak

Sayangnya, saya tak lama main gim ini karena kaset gim ini di rental yang saya sewa rusak. Entah karena apa bisa jadi jarang main atau jarang dibersihkan. Makanya, permainan ini pun tak saya lanjutkan.

3. Crash Team Racing (CTR)

Jika Anda gemar bermain PS 1, tidak afdol jika tidak main CTR. Permaianan ini merupakan permaian balapan yang dikembangakan oleh sebuah perusahaan bernama Naughty Dog. Saya suka permainan ini karena kita bisa melihat karakternya yang lucu-lucu. Ada  Doctor Neo Cortex, Coco Bandicot, Tiny Tiger, Big Polar, dan lain sebagainya.

Saya paling sebel kalau dapat juara 2 pada permainan CTR. Enggat tau gemes aja.-  vazgaming.com

Ada beberapa macam permainan dalam CTR kalau tidak salah ada single race dan multiple race. Kalau single race kita hanya bermain dalam satu race dengan 3 lap. Selama balapan berlangsung, kita bisa mencari senjata dengan menabrakkan mobil ke sebuah kotak berbentuk tanda tanya. Senjata yang paling saya suka adalah humeda semacam barrier yang menghalangi kita diserang oleh lawan. Barrier tersebut juga bisa ditabrakkan ke lawan sehingga mereka bisa terpental dan jatuh.

Saya suka sekali ketika melihat lawan terpental atau jatuh. Sungguh, gim ini sebenarnya tak baik dalam mengajarkan kecurangan. Selama balapan ada juga semacam jalan berwarna hijau yang bisa digunakan untuk menaikkan kecepatan. Saya juga suka jika mendapat senjata berupa roket yang bisa saya tembakkan ke lawan di depan saya yang hampir mencapai garis finis.

Untuk permainan multiple race sendiri, kita harus bermain di empat race dengan masing-masing race 3 lap. Cukup lama juga kalau kita bermain multiple race. Pemenang pertama di setiap race akan mendapatkan 10 poin. Pemenang kedua 8 poin, ketiga 6 poin, dan seterusnya. Pemain yang berhasil mendapatkan poin terbanyak maka ia akan mendapatkan medali emas.

4. Metal Slug

Permainan ini juga merupakan salah satu permainan favorit saya karena saya bisa bekerja sama dengan teman untuk mencapai misi tertentu dalam setiap levelnya. Jadi, kita bertindak sebagai prajurit yang melawan pemberontak, alien, dan sebagainya. Kita dilengkapi persenjataan pistol yang bisa di-upgrade jika mendapatkan lencana saat melakukan misi.

Saya suka gim ini karena latar pertarungannya berubah-ubah. Mulai dari kereta api hingga padang pasir dan suasana negara Arab zaman dulu. Oh ya, karena saya masih kecil, saya sampai cerita ke ibu saya kalau main gim dengan bangunan seperti masjid yang mengeluarkan bom dan roket. Tentu, ibu saya segera melarang saya main gim itu dan menggantinya ke gim lain, haha.

Salah satu latar gim Metal Slug yang cukup kontroversial. - Dok Istimewa

Namun, ya namanya anak kecil saya tetap main gim ini karena seru dengan suasana perangnya. Gerakan pemainnya yang bisa lompat melewati bangunan tinggi juga membuat saya ketagihan. Lagi-lagi, saya berhenti main gim ini bukan karena larangan ibu saya tetapi kaset yang saya gunakan rusak, heuheu. 

 5. Vigilante 8

Jika diartikan, vigilante berarti penegak hukum. Dalam PS 1, ada sebuah gim dengan nama ini yang cukup saya gemari. Gim ini bertujuan menghancurkan para pengacau yang menguasai wilayah barat Amerika Serikat. Permainan ini sendiri dimainkan oleh 2 orang.

Kita akan memilih mobil yang sudah direkayasa sedemikian rupa dengan berbagai senjata untuk menghancurkan para musuh. Nah, tugas kita selain menghancurkan para musuh, kita juga harus mencari sebuah tanda yang bisa kita gunakan untuk mengeluarkan senjata spesial. Senjata ini merupakan senjata pamungkas agar musuh kita bisa hancurkan sehancur-hancurnya. 

Karakter yang saya suka adalah semacam becak motor (bentor) dengan cat bendera AS. Saya baru sadar emang di sana ada bentor ya, hahaha. - Blog Hienzo

Oh ya, berkat gim ini saya jadi belajar nama negara bagian di Amerika Serikat karena nama-nama tempat pertarungannya berada di sana. Mulai Nevada, Utah, Colorado, Arizona, California, dan lain sebagainya. Saya sampai menghafal nama-nama negara bagian tersebut bahkan saat pelajaran IPS berlangsung. Padahal ya tidak ada pelajaran itu. Penting sekali ya, hahaha.

Saya suka gim ini ketika ada semacam kereta gantung yang bisa membawa kendaraan perang kita berjalan naik melewati pegunungan salju. Saat naik, saya bisa melihat pemandangan dan keberadaan musuh sehingga perang pun tak terelakkan.

Itulah lima gim PS 1 yang jadi favorit saya. Sebenarnya, masih ada banyak lagi seperti Harvest Moon, 3XTReme, Gran Turismo, Tamiya, Chocobo Racing, Final Fantasy, Smack Down, dan lain sebagainya. Percayalah, PS 1 adalah nenek moyang gim yang membuat anak – terutama laki-laki – ketagihan akan gim. Dulu, guru ngaji saya terus mewanti-wanti agar tidak kecanduan PS 1.

Kalau saya sih, berhubung tidak mahir bermain, bisa main sejam-dua jam saja cukup. Tidak hanya itu, harga sewa PS 1 yang menurut saya mahal saat itu membuat saya paling tidak seminggu dua kali saja bermain. Saya juga masih punya game board tetris di rumah dan mulai suka menyewa film untuk diputar di VCD. Jadi, PS 1 adalah piranti gim pertama dan terakhir yang saya ikuti. Dan dengan masifnya permainan daring semacam Mobile Legend, dkk, saya tidak pernah memainkannya sama sekali.

Bagaimana dengan Anda? Pernah kecanduan bermain PS1? Kalau pernah, permaianan apa? Cerita yuk! 

5 comments:

  1. CTR paling seru tuh dulu waktu masih kecil.

    ReplyDelete
  2. Metal Slug menurut saya paling menarik, tapi CTR juga ga kalah menarik.. wah jadi ingat masa lalu

    ReplyDelete
  3. Ya ampunn ini kangennn banget.. CTR sama metal slug sih yg dlu sering tak mainin.. heheh
    Bahkan metal slug masih tak mainin smmpe skrang di hp.. instal aplikasi PSe Simulator.. hehe

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.