Menuju Malam Final Puteri Indonesia 2022, Ini 3 Peserta Favorit Saya

puteri indonesia 2022
Trio Romansa, pemenang Puteri Indonesia 2020 mengenakan mahkota baru Borobudur dalam sesi konferensi pers Pemilihan Puteri Indonesia 2022. - IG: Pageantempire

Gelaran Pemilihan Puteri Indonesia 2022 sudah di depan mata.

Malam grand final rencananya akan diselenggarakan pada 27 Mei 2022. Berbagai rangkaian kegiatan, baik pra karantina maupun karantina sudah dilakukan. Tinggal beberapa saat lagi kita akan mengetahui siapa yang akan meraih gelar Puteri Indonesia, Puteri Indonesia Lingkungan, dan Puteri Indonesia Pariwisata menggantikan Trio Romansa. Mahkota Borobudur merah, hijau, dan biru edisi terbaru pun sudah diluncurkan oleh Yayasan Puteri Indonesia bersama sponsop HWT Gold.

Meski belum masuk malam final, tetapi ada beberapa kegiatan prakarantina dan karantina yang sudah menunjukkan penampilan 44 finalis dari 34 provinsi di Indonesia. Beberapa kesempatan diberikan mereka untuk memperkenalkan diri, menjawab pertanyaan, dan menyampaikan advokasi yang mereka bawa. Dari beberapa rangkaian tersebut, tampak beberapa peserta yang sudah tampak menonjol dan berpeluang besar masuk ke babak Top 3 atau Top 6. Siapa saja mereka?

1. Cindy May Mc Guire (DKI Jakarta 5)

Cindy May Mc Guire atau lebih akrab disapa Cindy adalah finalis perwakilan DKI Jakarta 5. Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini provinsi DKI Jakarta berksempatan mengirimkan 6 wakilnya sekaligus yang merepresentasikan 6 kota dan kabupaten di DKI Jakarta. Cindy yang merupakan blasteran Indonesia dan Amerika Serikan berkesempatan mengenakan sash DKI Jakarta 5 yang terakhir kali memenangkan gelar Puteri Indonesia pada 2017 lewat Bunga Jelitha.

Baca juga: Bakal Diikuti oleh 45 Finalis, Ini Format Baru Pemilihan Puteri Indonesia

Nama Cindy begitu menarik perhatian ketika ia diumumkan lolos mewakili DKI Jakarta 5. Cindy memamg tak tanggung-tanggung mempersiapkan diri meraih mahkota utama. Ia bergabung dengan salah satu beauty camp Ratu Sejagad dan berlatih berbagai keretampilan untuk menjadi Puteri Indonesia. Penampilan paling spektaler yang ia berikan saat melakukan sesi catwalk naik ke landasan helipad dengan cukup sempurna. 

puteri indonesia 2022
Sosok Cindy May Macguire, wanita berdarah Indonesia-AS. Sumber: IG Cindy May McGuire

Cindy merupakan anak pertama dari dua bersaudara dan berprofesi sebagai seorang dokter. Studi S1 ia rampungkan di Universitas Islam Bandung kemudian studi magister ia rampungkan di University of New South Wales Australia. Dalam beberapa kali challenge atau tantangan yang diberikan oleh YPI, Cindy bisa menjawab berbagai pertanyaan dalam bahasa Inggris dengan tenang. Ketenangan menjadi salah satu nilai plus darinya yang belum pasti dimiliki kontestan lainnya. Banyak pageant lover yang berharap ia mampu meraih mahkota Borobudur Merah dan maju ke ajang Miss Universe.

Walau ada pro dan kontra mengenai pemenang berdarah campuran, tetapi dengan kemenangan Cindy akan membuka jalan bagi Indonesia untuk meraih posisi lebih tinggi pada ajang tersebut. Cindy pun digadang-gadang menjadi penerus Frederika Alexis Cull yang sama-sama berdarah campuran.

2. Shinta Yuliasmi (Banten 2)

Tahun ini menjadi tahun spesial bagi Provinsi Banten karena mengirimkan dua peserta sekaligus dalam ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2022. Sejak diperkenalkannya sash kedua dari kepulauan favorit, wakil Banten, Shinta Yuliasmi berhasil memenangkan gelar tersebut untuk Pulau Jawa. Shinta yang gagal melaju lewat pilihan juri berhasil menjadi pemenang dan mengalahkan wakil dari provinsi di Pulau Jawa lainnya, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur. Shinta pun berhak atas sash kedua provinsi para auliya ini.

Baca juga: Mengenang Gelar Puteri Indonesia Perdamaian

Walau maju melalui jalur vote, bukan berarti Shinta bisa diremehkan. Ia ternyata menunjukkan determinasi yang sangat tinggi dalam mencapai gelar Puteri Indonesia. Ia selalu tampil luar biasa dalam berbagai sesi yang sedang berlangsung. Penampilan anggun Shinta yang ditunjang dengan body language yang mumpuni membuat siapa saja akan tertarik. 

puteri indonesia 2022
Shinta yang berhasil menjadi wakil Banten 2. Ig Shinta Y.

Wanita yang merupakan seorang pramugari dan sedang menempuh studi pascasarjana ini ingin Banten bisa lebih maju lagi karena merupakan penyangga dari DKI Jakarta. Lewat komunitas HOPE Indonesia yang ia dirikan, ia ingin membantu dan menjadi fasilitator masyarakat ekonomi lemah atau marginal untuk memperbaiki kualitas hidupnya termasuk dalam bidang pendidikan maupun kesehatan.

Sama dengan Cindy, dalam beberapa tantangan yang diberikan, Shinta juga tampil menawan. Beberapa pageant lover ingin ia juga bisa maju ke Miss Universe karena determinasinya yang tinggi tetapi ia juga cocok untuk maju ke Miss International lewat pembawaannya yang kalem dan concern-nya akan bidang budaya.

3. Adinda Cresheilla (Jawa Timur)

Sebagai Arek Jawa Timur, tentu saya menempatkan wakil Jawa Timur sebagai favorit Puteri Indonesia. Namun, bukan saja sebagai representasi Jawa Timur, Dinda – panggilan akrab . Adinda Cresheilla – juga Arema atau anak Malang. Ia juga kebetulan dulu bersekolah satu kompleks dengan SMA saya dulu, tepatnya di SMA Negeri 3 Malang.

puteri indonesia 2022
Dinda, Arek Malang yang mewakili Jawa Timur. - IG Dinda Cresheilla

Namun, bukan karena faktor kedaerahan yang membuat saya menjagokan Dinda. Ia memang layak dan siap tempur untuk meraih mahkota dan berpeluang besar membawa Jawa Timur melakukan back to back alias menang lagi. Sama seperti Shinta, determinasi Dinda cukup tinggi untuk berkompetisi di ajang ini. Ia dan timnya sudah melakukan berbagai persiapan yang diperlukan guna membawa nama Jawa Timur tetap berada di puncak.

Baca juga: Mengenal Akronim Unik Pemenang Puteri Indonesia

Dinda merupakan lulusan Universitas Indonesia dengan gelar Sarjana Sosial dan Universitas Deakin, Melbourne, Australia dengan gelar Bachelor of Communication. Atas dasar ini, Dinda sangat diunggulkan untuk meraih gelar Puteri Indonesia dan maju ke ajang Miss Universe. Mengingat, Miss Universe sangat membutuhkan spokesperson yang mumpuni dalam komunikasi.

Akan tetapi, bisa jadi Dinda akan diplot untuk maju ke Miss Supranational. Waktu ajang tersebut yang mepet membuat Dinda jadi salah satu alasan YPI bisa saja memajukan Dinda. Ia memang terlihat paling siap tempur. Bukan tidak mungkin kan Dinda bisa meraih mahkota ajang tersebut?


Itulah tiga peserta Puteri Indonesia yang masuk radar saya bisa meraih mahkota. Sebenarnya, masih ada beberapa nama lain yang bisa saja masuk Top 3 atau Top 6. Mereka adalah Jawa Barat, Bali, Sumatra Barat, Sulawesi Utara, NTT, DKI Jakarta 2, Banten 1, dan Maluku. Kalau Anda sendiri, provinsi mana yang menjadi favorit?

2 Comments

  1. Yang jakarta mukanya kayak blasteran banget ya. Dan baru tahu ternyata aktris di vidio yang saya tonton mantan putri indonesia toh

    ReplyDelete
Next Post Previous Post