Rejuvenasi Blog Periode 2

 

rejuvenasi adalah


Jika Anda mengunjungi blog saya beberapa hari terakhir, pasti Anda akan merasa ada hal yang berbeda.

Ya, saya baru saja mengubah template blog ini dengan template baru. Dengan warna dominasi biru dan merah jingga, blog ini masih menyapa Anda semua hingga pertengahan 2022 ini. Masih mencoba untuk tetap konsisten terisi dengan tulisan seputar jalan-jalan, kontes kecantikan, dan beberapa tulisan receh lain.

Pada kesempatan kali ini, saya mau bercerita sedikit mengenai alasan saya mengganti template yang saya miliki. Alasannya tak lain karena kecelakaan alias ketidaksengajaan ketika saya mengutak-atik template yang lama.

Sebagai informasi, saya tidak pernah ganti template sejak 2018. Selama 4 tahun yang ekuivalen dengan masa jabatan Presiden Amerika Serikat, template dengan dominasi warna putih, biru muda, dan hitam tersebut menghiasi lama blog saya.

Alasan saya tidak mengganti template tersebut adalah karena saya belum ada waktu. Mengganti template blog tentu membutuhkan banyak waktu yang tak sedikit. Banyak sekali kode-kode HTML yang harus diganti. Belum juga menata ulang lay out blog serta membuat template yang akan dipasang bisa diakses dengan mudah.

Alasan lainnya karena ingin menjaga trafik blog saya tetap konsisten. Tidak tiba-tiba jatuh seperti harga saham yang sedang bergejolak. Walau bisa diakali dengan beberapa cara, tetap saja saya tak mau ada sesuatu yang membuat usaha saya meningkatkan trafik menjadi sia-sia. Di tengah ketidakpastian ekonomi seperti ini harus diakui pendapatan dari Google Adsense masih menjadi salah satu hal yang cukup berprospek.

Kecelakaan Ketika Mengulik HTML

Sayang, pada suatu hari di permulaan Juni kemarin tiba-tiba saya mendapatkan wangsit untuk mengutak-atik template blog lama saya. Alasannya, ada tanda seru pada bagian Headline yang cukup mengganggu.

Tanda seru ini sebenarnya sudah muncul beberapa bulan setelah saya ganti template pada 2018 lalu. Saat itu saya dibantu rekan saya untuk mengganti template karena memang saya tidak begitu mahir mengutak-atik template blog. Bisa sih tapi tidak mencakup semua. 

koding blog
Saya tidak terlalu paham koding. - Quora

Kalau untuk mengganti link, mengganti warna, atau menyisipkan kode khusus untuk iklan saya masih bisa melakukannya. Masalah muncul jika ada pengubahan yang mengharuskan saya merombak beberapa kode HTML. Yang ada malah kacau semua.

Nah, saat saya mencari cara untuk menghilangkan tanda seru tersebut, saya mencoba untuk menghapus gambar yang membuat tanda tersebut muncul. Setelah mengutak-atik beberapa kali, akhirnya saya menemukan nama file yang menunjuk pada gambar tersebut. Otomatis, saya menghapus dan menyimpannya.

Cerobohnya saya tidak melakukan back-up kepada template tersebut. Saya kira sih masih bisa saya kembalikan lagi ketika nanti tidak seusai ekspektasi. Lah ternyata tidak bisa. Laman menu saya tiba-tiba saja hilang. Demikian pula headline yang biasnaya muncul dengan indah. Waduh, kenapa ini?

Saya mencari lagi bagian mana yang bisa saya ubah agar template blog saya bisa kembali sedia kala. Sayang, usaha saya tak berhasil. Saya pun menelepon rekan saya dan ia malah tertawa terbahak-bahak. Ia berkata, “Ubah saja templatemu. Waktunya dia habis masa jabatan”.

Mencari Template Gratis

Mendengar jawaban tersebut saya pun akhirnya pasrah. Saya mencari template gratisan yang SEO friendly dan mudah untuk digunakan. Saya pun mau tak mau harus meluangkan waktu seharian untuk mengotak-atik template yang baru tersebut. Memang sudah ditakdirkan untuk mengganti template ya.

Setelah menimbang dan memutuskan, akhirnya saya pun mengganti template dengan template dari Gooyabi. Yah mungkin template saya ini merupakan template pasaran atau biasa saja. Tidak terlalu istimewa. Meski begitu, saya sudah kepincut dengan template blog ini.

Alasannya tak lain karena simpel. Ya, simpel saja sesuai dengan prinsip saya ngeblog dibuat simpel tapi asyik dan unik. Saya berprinsip template blog yang baik adalah yang universal. Mudah diterima oleh semua kalangan. Mudah digunakan oleh banyak orang dan pastinya mudah dibaca oleh siapa saja. buat apa template bagus-bagus atau wah tetapi orang awam sulit untuk mengakses tulisan kita. Mereka kan datang ke blog kita untuk mendapatkan informasi.

Tampilan blog mobile.

Jangan sampai dengan ego kita menggunakan template beraneka rupa tetapi malah menyulitkan mereka untuk mengakses blog kita. Malah membuat mereka kapok datang lagi membaca karya kita. Prinsip saya sih sederhana seperti itu.

Selain itu, saya juga memilih template blog ini karena mudah disisipi oleh iklan. Dibandingkan template saya yang dulu, penempatan iklan otomatis pada template ini terlihat lebih cantik. Tak hanya itu, penataan lay out pada bagian samping juga terlihat lebih elegan. Saya juga suka template ini yang memyediakan banyak ruang untuk tulisan lama saya sehingga ada kemungkinan para pengunjung tertarik untuk membaca tulisan lama tersebut.

Masih ada beberapa hal lagi yang akan saya utak-atik dengan template blog ini. Meski begitu, setelah saya cek beberapa kali, hampir seluruh bagian blog ini sudah berfungsi maksimal. Jika belum, mungkin saya akan mengecek ulang lagi agar template ini benar-benar nyaman, tidak hanya bagi saya tapi bagi para pembaca juga.

Sebenarnya, saya juga ingin mengganti logo blog saya. Logo bentuk molekul kimia tetrahedral terdistorsi yang saya gunakan saat ini bagi saya belum eye-catching. Yah namanya juga membuat logo sendiri. Saya masih mencari orang yang bisa membuat logo dengan harga murah tapi bagus. Setelah ganti template, saya juga merasa logo ini kurang “match” dengan template saya yang berwarna pink pada tampilan layar ponsel. Kalau pada layar PC sih sudah bagus karena warnanya sama-sama biru muda.

Logo blog saya, bipiramida terdistorsi


Jika nanti akan ganti, tetapi saya akan mempertahankan bentuk bipiramida terdistorsi tersebut. Bentuk dengan satu atom pusat yang dikelilingi lima atom ikatan. Atom pusat menggambarkan diri saya sebagai penulis blog. Atom ikatan dengan panjang ikatan yang tidak sama menggambarkan pembaca blog saya dengan berbagai jarak tempat tinggal. Walau ada yang dekat dan jauh, tetapi ikatan antara saya sebagai penulis blog dengan pembaca tetaplah kuat. Lima atom yang terikat menunjukkan lima sila dalam Pancasila agar blog saya masih dilandasi nilai-nilai Pancasila.

Semoga saja rejuvenasi alias peremajaan template blog ini bisa berjalan baik ya. Target saya, template blog ini akan bertahan lama paling tidak selama 5 tahun. Capai juga kalau gonta-ganti template blog. Sekian.  

 

 

1 Comments

  1. Blognya bagud templatenya kok mas. Lama tidak mampir. Hahaha iya saya kalau udah nguprek kode malah lupa nulis. Jadi cari platform blog yang pokoknya tinggal nulis aja buat hindari distraksi

    ReplyDelete
Next Post Previous Post