Informasi Jadwal, Harga Tiket, dan Venue Miss Grand International 2022 di Indonesia

Sumber: Miss Grand International

Tahun ini, Indonesia mendapatkan kehormatan untuk menyelenggarakan Miss Grand International.

Salah satu ajang grand slam pageant tersebut rencananya akan digelar pada akhir Oktober mendatang. Ini artinya waktu penyelenggaraan kurang dua bulan lagi. Berbagai persiapan pun sudah dilakukan mulai dari pemilihan lokasi, penjualan tiket, dan informasi mengenai jadwal kegiatan.

Mr. Nawat Itsaragrisil yang merupakan Presiden dari MGI sudah datang ke Indonesia untuk meninjau berbagai persiapan. Ivan Gunawan alias Igun yang menjadi ketua penyelenggaraan MGI di Indonesia sekaligus pemilik lisensi Miss Grand Indonesia juga sudah memberikan beberapa bocoran terkait ajang yang pada tahun ini akan merayakan tahun penyelenggaraannya ke-10.

Baca juga: Berapa Harga Lisensi Kontes Kecantikan Internasional?

Para pageant lover pun juga sudah tak sabar untuk melihat secara langsung perhelatan besar yang tidak mungkin akan diselenggarakan di Indonesia dalam waktu dekat lagi. Terlebih, sudah dua tahun ini mereka puasa untuk menonton perhelatan akbar di dunia kontes kecantikan. Para penikmat kontes kecantikan dari seluruh dunia juga bakal meramaikan acara ini. Mereka akan berbondong-bondong datang ke Indonesia dan menikmati wisata alam di negara kita.

Maka dari itu, momen Miss Grand International juga didukung penuh oleh pemerintah, terutama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Dukungan juga diberikan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI yang menangani bidang kepemudaan, olahraga, riset. Pendidikan dan pariwisata, Hetifah Syafrudin. Beliau yang sering dijuluki sebagai Ibu Pageant Lover Indonesia ini juga kerap membagikan momen ketika menonton wakil Indonesia pada kontes kecantikan dunia.

Jadwal Miss Grand International

Perhelatan Miss Grand International akan dimulai pada awal Oktober mendatang. Belum diketahui secara pasti kapan tepatnya para peserta dari berbagai  negara memulai karantina. Kegiatan karantina akan dilakukan di dua tempat, yakni Bali dan Jakarta. Kegiatan di Bali dimulai dari 4 Oktober-14 Oktober 2022 sedangkan kegiatan di Jakarta pada 14-25 Jakarta 2022. Sebelum malam grand final, para peserta Miss Grand International akan menjalani beberapa rangkaian kegiatan.

Jadwal Miss Grand International 2022
Jadwal Miss Grand International 2022. Sumber: DPIDAMU

Kegiatan pertama adalah sportwear competition yang diselenggarakan di Bebek Tepi Sawah, Ubud Bali. Kompetisi ini dilaksanakan sebagai pengganti swimsuit competition. Sudah bukan rahasia jika masyarakat Indonesia masih belum bisa menerima pertunjukan dengan aurat yang sangat terbuka.

Untuk meminimalisasi pro dan kontra, maka pihak penyelenggara Miss Grand International mengganti event swimsuit competition dengan sportwear competition. Pada kompetisi sportwear ini, para peserta akan mengenakan baju olahraga dengan ciri khas Indonesia.

Baca juga: Kontes Kecantikan Mana yang Paling Prestisius?

Didiet Maulana dan Iwan Tirta Batik didapuk sebagai desainer baju olahraga yang menonjolkan budaya Indonesia.  Meski bukan swimsuit competition, sesi sportwear competition ini akan menjadi salah satu sesi yang dinanti oleh penikman pageant dan menjadi salah satu penilaian penting bagi para peserta.

Pada tanggal 11 Oktober 2022, para peserta akan melakukan Bali Agung the Grand Show di Bali Safari Park. Belum ada informasi resmi mengenai event ini. Event selanjutnya adalah National Costume Competition di Sentul International Convention Center (SICC) pada 20 Oktober 2022. Kostum nasional dari berbagai negara akan disajikan dalam event ini.

Keesokan harinya, tepatnya 21 Oktober 2022, peserta Miss Grand International akan mengikuti Jakarta Muslim Fashion Week di ICE BSD Tangerang. Mereka akan membawakan baju muslimah dari berbagai perancang busana tanah air. Event ini juga cukup dinanti karena kecantikan para wanita dari berbagai penjuru dunia akan terpancar dengan hijab syar’i.

Baca juga: Lepas Lisensi Miss Grand International, Binibining Pilipinas Makin Tak Terkenal

Event preliminary competition akan dilakukan di SICC pada 22 Oktober 2022. Kemungkinan event ini juga tidak akan mempertandingan baju bikini. Hanya evening gown saja.

Puncaknya, grand final Miss Grand International akan dilaksanakan di SICC pada 25 Oktober 2022. Nantinya, akan ada mahkota baru bagi pemenang Miss Grand International 2022. Para runner-up atau yang masuk 5 besar juga akan mendapatkan mahkota.

Harga Tiket

Beberapa event tersebut, baik di Bali dan di Jakarta bisa disaksikan oleh penonton umum. Harga tiket untuk setiap event bervariasi. Untuk tiket pada 11 Oktober 2022 di Bali Safari Park dibanderol dengan harga 250.000-280.000 rupiah. Untuk tiket national constume sendiri ada dua kelas yang dijual, yakni tiket regular seharga 165.000 rupiah dan tiket VVIP seharga 825.000 rupiah.

seat plan Miss Grand International 2022
Sumber: Tiket.com

Pihak Miss Grand International menjual tiga kelas tiket preliminary competition. Tiket reguler dijual seharga 220.000. Tiket VIP dijual seharga 825.000 sedangkan tiket VVIP dijual dengan harga 1.350.000. Nah untuk tiket malam final juga terdiri dari tiga kelas. Kelas reguler dijual dengan harga 275.000, kelas VIP seharga 1.100.000, dan tiket VVIP dijual seharga 1.650.000. Seluruh tiket dapat dibeli di tiket.com

Bintang Tamu

Melansir dari beberapa portal pageant, untuk bintang tamu Miss Grand International sendiri adalah penyanyi Rosa. Belum ada info apakah ada bintang tamu lain. Biasanya, acara Miss Grand International jarang sekali menampilkan bintang tamu. Seluruh rangkaian acara full berupa penilaian bagi kontestan. Beda dengan Miss Universe atau Miss International.

Acara ini juga tidak akan tayang di TV nasional. Seluruh rangkaian acara akan tayang pada You Tube Miss Grand International. Jadi, jika ingin melihat acara ini, pastikan kuota di rumah atau di tempat menonton cukup ya.

7 Comments

  1. Wew, tumben dan sayang banget ya nggak ditayangkan di TV nasional ya, padahal banyak yang gemari loh acara kayak gini, terlepas dengan pro dan kontranya sih.
    Dulu bahkan saya sering menantikan banget terutama miss universe sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Igun males rame mbak hahahha
      makanya yang penting bisa lancar aja acaranya klo tar di TV kebanyakan sensor juga wkwkwk

      Delete
  2. nggak nyangka ternyata 2 bulan lagi ya, aku kira masih lama pelaksanaannya
    aku ikut seneng waktu Indonesia terpilih jadi tuan rumah tahun ini, bisa ngenalin budaya ke negara lain juga.
    ntar timeline sosmed kayaknya full sama pelaksanaan acara ini di Indo

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak cepet banget makanya aku ga savar nunggunya hahahah
      bakal rame ini portal pejen juga

      Delete
  3. Setuju sih gajk tayang di tv, malah didemo nanti sama ormas wkwkwkw... Semoga perwakilan kita menang ya mas

    djangki | Avant Garde

    ReplyDelete
Next Post Previous Post