Naik Bus dan Feeder (Angkot) Batik Solo Trans Gratis ke Pasar Klewer, Cara Hemat Berbelanja Pakaian dan Berburu Kuliner

angkot solo pasar klewer
Feeder atau angkot BST di Pasar Klewer

Pasar Klewer menjadi salah satu daya tarik wisata di Kota Solo.

Pasar ini merupakan sentra pakaian dan bahan lainnya di sekitar Solo Raya. Pasar Klewer yang pernah terbakar beberapa tahun lalu, kini sudah dibangun kembali dan beroperasi dengan normal. Berbagai pedagang telah memenuhi stan Pasar Klewer. Para pembelu pun juga sudah menjadikan Pasar kelwer jujugan untul berbelanja kain, pakaian, maupun kebutuhan lainnya.

Para wisatawan juga mulai datang ke Pasar Klewer untuk mencari oleh-oleh terutama oleh-oleh batik khas Kota Solo. Banyak sekali pedagang yang menjual kain batik maupun baju batik yang sudah jadi dengan harga murah. Bahkan, bisa dikatakan merupakan harga grosir.

Meski bagitu, banyak wisatawan yang bingung bagaimana cara menuju ke lokasi Pasar Klewer menggunakan angkutan umum. Terutama, mereka yang datang ke Solo dari luar kota tersebut. Kebanyakan juga, mereka yang berwisata ke Jogja juga menyempatkan singgah ke Solo dengan naik KRL Jogja-Solo. Banyak yang bingung bagaimana menuju Pasar Klewer dari beberapa tempat penting seperti stasiun.

Baca juga: Feeder Teman Bus Solo, Contoh Nyata Keberhasilan Revolusi Angkot

Lokasi Pasar Klewer memang cukup strategis. Letaknya berada di sebelah selatan dari kompleks Keraton Kasunanan Surakarta. Pasar Klewer juga berada persis di sisi selatan dari Alun-alun Utara Surakarta dan tepat di sebelah timur dari Masjid Agung Surakarta.

Lokasi Pasar Klewer yang memang strategis ini menjadikannya sebagai salah satu titik temu dari berbagai kegiatan ekonomi dan transportasi di Kota Solo. Makanya, di dekat Pasar Klewer ini, tepatnya di sebelah utara dari Masjid Agung Surakarta terdapat sub terminal feeder atau angkot Batik Solo Trans.

Rute Bus dan Feeder Batik (Angkot) Solo Trans yang Berhenti di Pasar Klewer

Ada 3 rute feeder atau angkot Batik Solo Trans yang singgah di halte atau sub terminal ini. ada Feeder 7 yang berjalan dari arah Terminal Tirtonadi, Balaikota, dan Ngipang. Ada Feeder 10 yang berangkat dari Terminal Palur, Taman Jurug, dan berakhir di Pasar Klewer. Feeder lain yang menjadikan Pasar Klewer sebagai pemberhentian terakhir adalah Feeder 12. Feeder ini berangkat dari Lapangan Gentan menuju Tugu Lilin, Jongke, Pasar Kembang, Serengan, Pasar Gading, dan berakhir di Pasar Klewer.

Baca juga: Tak Banyak yang Tau, Ternyata Bisa Naik Feeder BST ke Gua Maria Mojosongo

Sementara itu, hanya satu koridor bus Batik Solo Trans yang singgah di Pasar Klewer ini. Koridor tersebut adalah koridor 3 yang berangkat dari Terminal Kartasura menuju ke arah Gladag, Balaikota, Jebres, RS Moewardi, dan putar balik di Cembengan. Dari Cembengan, bus kemudian kembali ke arah Balaikota lalu ke Alun-alun Utara, dan berhenti di Pasar Klewer. Halte untuk bus koridor 3 Batik Solo Trans berbeda dengan feeder. Halte ini tepat berada di dekat pintu masuk Pasar Klewer atau di sebelah timur kompleks Masjid Agung Surakarta. 

angkot solo pasar klewer
Suasana di dalam feeder BST

Jika ingin lebih dekat dengan pintu masuk Pasar Klewer, sebenarnya kita bisa naik bus koridor 3 dibandingkan feeder 7, 10, dan 10. Namun, jika tidak memungkinkan, maka naik feeder juga tak masalah. Toh jarak jalan kaki dari Halte atau sub terminal di depan Masjid Agung Surakarta ke Pasar Klewer juga tidak jauh. Sekalian olahraga jalan kaki kan? Banyak sekali para pedagang dan pembeli di Pasar Klewer yang turun di halte tersebut lalu jalan kaki ke arah Pasar Klewer.

Lalu, bagaimana jika kita datang dari arah bandara, stasiun, terminal, atau tempat lain? Berikut cara untuk ke Pasar Klewer dari beberapa tempat tersebut.

Cara Naik Bus dan Feeder (Angkot) Batik Solo Trans ke Pasar Klewer dari Stasiun Solo Balapan

Jika kita datang dari Stasiun Solo Balapan, maka kita bisa naik bus Batik Solo Trans Koridor 2 yang haltenya berada tepat di depan stasiun. Kita tidak perlu menyeberang jalan. Rute koridor 2 ini akan menuju ke arah Terminal Palur.

Namun, kita tidak perlu naik sampai ke Terminal Palur. Kita bisa turun di Halte Panggung atau perempatan Panggung. Nah setelah turun, kita tinggal menyeberang jalan menuju halte di seberangnya. Dari halte ini, kita naik bus Batik Solo Trans Koridor 3 dan turun di Halte Pasar Klewer.

Cara Naik Bus dan Feeder (Angkot) Batik Solo Trans ke Pasar Klewer dari Stasiun Purwosari

Untuk naik bus Batik Solo Trans dari Stasiun Purwosari, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Cara pertama sama dengan cara dari Stasiun Solo Balapan. Kita tinggal naik bus koridor 2 di Halte Stasiun Purwosari tanpa menyeberang jalan. Setelah naik koridor , maka kita turun di Halte Panggung lalu menyeberang jalan dan naik koridor 3 lalu turun di Pasar Klewer.

Cara kedua dengan dua kali oper bus. Pertama, naik bus Batik Solo Trans koridor 2 dan turun di Halte Kasih Ibu. Di halte ini, kita bisa opera tau transit koridor 1 yang dari arahBandara dan turun di Halte Balaikota. Dari halte Balaikota ini, kita menyeberang jalan ke halte seberangnya untuk naik koridor 3 lalu turun di Pasar Klewer.

Cara Naik Bus dan Feeder (Angkot) Batik Solo Trans ke Pasar Klewer dari Stasiun Solo Jebres

Jika kita dari Stasiun Solo Jebres, maka kita tidak perlu oper bus lagi. Namun, kita harus berjalan kaki dulu dari stasiun ke Halte Jebres sekitar 500 meter. Halte ini berada dekat dengan Pasar Bunga. Tidak perlu menyeberang jalan jika sudah menemukan halte. Kita tinggal naik bus Batik Solo Trans koridor 3 dan turun di Pasar Klewer.

Cara Naik Bus dan Feeder (Angkot) Batik Solo Trans ke Pasar Klewer dari Bandara Adi Soemarmo

Tidak banyak yang tahu, para penumpang yang baru datang dari bandara bisa naik bus Batik Solo Trans. Caranya adalah menuju ke seberang Terminal Kedatangan. Silakan dicari tanda Bus Stop di seberang terminal tersebut. Di halte tersebut, hanya berhenti bus koridor 1. Kita bisa naik bus itu lalu turun di Halte Balakota. Setelah itu, kita menyeberang jalan dan menunggu bus koridor 3 yang ke arah Kartasura.  Setelah naik bus koridor 3, kita bisa turun di Pasar Klewer.

Cara Naik Bus dan Feeder (Angkot) Batik Solo Trans ke Pasar Klewer dari Terminal Palur

Ada beberapa cara untuk naik Batik Solo Trans dari Terminal Palur menuju Pasar Klewer. Bisa langsung dengan feeder atau oper dengan bus. Jika langsung dengan feeder, maka kita bisa naik feeder 10 dan turun di Halte Sub Terminal Pasar Klewer yang berada di sebelah utara Masjid Agung Surakarta. Kita harus berjalan kaki dulu menuju Pasar Klewernya.

Bus BST di sekitar Balaikota

 

 

Jika tidak mau repot berjalan kaki, kita bisa naik bus koridor 1 atau 2 lalu turun di Halte RS dr. Moewardi. Kita tidak perlu menyeberang jalan dan oper bus koridor 3 Batik Solo Trans lalu turun di Pasar Klewer. Menurut saya, naik dengan bus lebih efektif dibandingkan feeder karena tidak perlu berputar-putar di jalanan Kota Solo.

Cara Naik Bus dan Feeder (Angkot) Batik Solo Trans ke Pasar Klewer dari Terminal Tirtonadi

Untuk menuju Pasar Klewer dari Terminal Tirtonadi, kita bisa naik feeder 7 dan turun di Halte sub terminal Pasar Klewer. Dari halte tersebut, kita juga harus berjalan kaki ke Pasar Klewer sama dengan jika kita naik feeder lain.

Jika ingin naik bus, maka kita bisa naik bus koridor 4 yang ke arah Palur lalu turun di Halte Panggung. Dari Halte ini, maka kita harus menyeberang jalan dan naik koridor 3 menuju ke Pasar Klewer. Cara ini lebih rumit dibandingkan naik feeder tetapi kita akan mendapatkan kenyamanan berupa AC dingin dalam bus yang tidak ada dalam feeder.

Cara Naik Bus dan Feeder (Angkot) Batik Solo Trans ke Pasar Klewer dari Puro Mangkunegaran

Biasanya, wistawan yang datang ke Solo datang ke Puro Mangkunegaran lalu berbelanja ke Pasar Klewer. Perlu diketahui, ada 4 halte di sekitar Puro Mangkunegaran yang dilewati bus koridor 6 Batik Solo Trans. Tiga halte yang berada di sisi utara, timur, dan selatan dilewati bus yang ke arah Solo Batu. Sementara, satu halte yang berada di sisi barat dilewati bus menuju Terminal Tirtonadi.

Baca juga: Cara Naik Bus BST ke Stasiun Solo Balapan, Solo Jebres, dan Purwosari

Jika ingin ke Pasar Klewer dari Puro Mangkunegaran, maka kita bisa menuju halte bus yang menuju Solo Baru. Apesnya, meski jarak antara Puro Mangkunegaran ke Pasar Klewer cukup dekat, tidak ada bus atau feeder yang bisa langsung mengantar kita ke sana. Kita harus oper setidaknya dua kali sebelum sampai di Pasar Klewer.

Setelah naik koridor 6 ke arah Solo Baru, kita turun di Halte Wisma Batari yang berada di Jalan Slamet Riyadi. Kita menyeberang jalan ke halte seberangnya dan naik bus koridor 1 lalu turun di Halte Balaikota. Dari Halte Balaikota, kita menyeberang jalan ke halte seberangnya dan naik koridor 3. Setelah naik koridor 3, kita bisa turun di Pasar Klewer.

Nah itulah cara naik Batik Solo Trans dari berbagai tempat di Kota Solo. Jika masih ada tenaga dan waktu, alangkah lebih baik kita naik transportasi umum untuk mengurangi macet dan polusi.

10 Comments

  1. Infonya lengkap dan detail banget. Jd pngen coba Batik Solo Trans klo k Solo nanti. Makasi infonya mas

    ReplyDelete
  2. Jadi pingin nyoba juga naik angkutan umum ini. Sptnya pengalaman yg mengasikan

    ReplyDelete
  3. Pengalaman yang menarik untuk ditirukan...

    ReplyDelete
  4. Duh kangen Solo dong, saya belom pernah ke pasar Klewer sih, dulu padahal udah di sampingnya, tapi malas banget rasanya masuk gegara waktu itu si Adik masih bayi, malesnyaaa bawa bayi ke pasar.

    Wajib save nih artikelnya kalau ke Solo :D

    ReplyDelete
  5. anyway kemarin ke solo dan lewat pasar klewer, terus ngerti angkot ini dan ada stiker gratis pengen cobain, tapi gak yakin, mana ada sekarang gratis. kwkwkw
    Pas mau naik make sure dulu ke jukir setempat. katanya udah gak gratis tapi pake tab e-money.
    Waah canggih bener angkot sekarang sistem bayarnya gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih gratis mbak cuma memang harus tap e money
      tapi saldonya gak kepotong

      Delete
Next Post Previous Post