Jadwal Jam Operasional Teman Bus di Berbagai Kota

Jam operasional Teman Bus

Berjalan-jalan menggunakan Teman Bus adalah salah satu cara untuk berhemat.

Selain gratis, kita bisa menjelajah berbagai sudut kota yang kita inginkan. Apalagi, Teman Bus kini hadir di beberapa kota besar. Tidak hanya di Pulau Jawa saja, Teman Bus juga hadir di kota-kota di Pulau Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, dan Bali. Tak ayal, Teman Bus kini menjadi salah satu ujung tombak beberapa kota tersebut.

Selain rute, jadwal dan jam operasional Teman Bus juga menjadi salah satu infromasi penting yang layak disimak sebelum naik Teman Bus. Untuk rute sendiri, calon penumpang Teman Bus bisa melihat pada aplikasi Teman Bus. Jika ingin melihat jadwal, maka calon penumpang juga bisa melihat posisi bus pada aplikasi tersebut.

Nah, satu informasi penting yang jarang diketahui oleh calon penumpang adalah jam operasional. Perlu diketahui, jam operasional Teman Bus di tiap kota berbeda-beda tergantung kondisi armada dan rute di kota tersebut. Meski begitu, Teman Bus ternyata sudah memberi informasi mengenai kapan bus pertama kali berangkat dan terakhir kali beroperasi.

Dengan mengetahui jam operasional Teman Bus ini, maka calon penumpang bisa mengestimasi waktu perjalanan agar mereka tidak kehabisan bus. Berikut ini beberapa jam operasional Teman Bus di berbagai kota.

Jam Operasional Awal dan Akhir Teman Bus Palembang

Teman  Bus Palembang hadir untuk memenuhi kebutuhan transportasi umum di kota musi ini. Selain armada bus, Teman Bus Palembang juga memiliki armada feeder atau pengumpan. Untuk armada bus sendiri, ada 4 koridor yang tersedia.

Baca juga: Beda Trans Jogja dan Teman Bus Jogja

Koridor 1 adalah koridor yang melayani rute Terminal Alang menuju Dempo Alang Lebar. Koridor 1 ini beroperasi mulai pukul 5 pagi hingga pukul 7 malam WIB. Koridor 2 adalah koridor yang melayani rute Asrama Haji menuju Terminal Sako. Berbeda dengan koridor 1, koridor 2 Teman Bus Palembang melayani penumpang antara pukul 05.30 sampai 19.00 WIB.

Koridor 3 adalah koridor yang melayani rute Terminal Plaju menuju Pasar Induk Jakabaring. Waktu operasional koridor 3 sama dengan koridor 2 yakni antara pukul 05.30 sampai 19.00. Koridor terakhir yang baru saja berjalan adalah koridor 4 yang melayani rute Terminal Alang-Alang sampai Terminal Talang Jambe. Waktu operasional koridor ini sama dengan koridor 1 yakni antara pukul 05.00 sampai 19.00 WIB

Untuk jam operasional feeder Teman Bus Palembang ternyata jauh lebih lama, yakni antara pukul 05.00 sampai 21.00. Ada dua rute feeder Teman Bus Palembang yakni koridor 1 relasi Talang Kelapa-Talang Buruk dan koridor 2 relasi Asrama Haji dan Sematang Borang.

Jam Operasional Awal dan Akhir Teman Bus Batik Solo Trans

Semua Bus Batik Solo Trans memiliki jadwal operasional awal yang sama, yakni pukul 04.30. jika dibandingkan kota lain, Batik Solo Trans adalah yang paling pagi. Perbedaannya hanya pada operasional akhir tiap koridor.

Baca juga: Beberapa Kemudahan Naik Batik Solo Trans

Untuk koridor 1 (Kartasura-Bandara-Palur) jam keberangkatan akhir adalah 18.00. untuk koridor 2 (Kerten-Solo Balapan-Palur) jam keberangkatan akhirnya adalah 19.00. Koridor 3 (Cembengan – Ps. Klewer-Kartasura) jam keberangkatan akhirnya juga sama dengan koridor 2 yakni pukul 19.00. Koridor 4 (Palur-Tirtonadi-Kartasura) memiliki jam keberangkatan akhir 18.45. Korifor 5 (Simpang Sindan – Kartasura) memiliki jam keberangkatan akhir sama yakni 18.45. Sedangkan, untuk koridor 6 (Tirtonadi-Solo Baru) memiliki keberangkatan akhir pukul 18.15.

Jam operasional Teman Bus

Feeder Teman Bus Batik Solo Trans memiliki waktu keberangkatan awal yang sama, yakni pukul 05.00 untuk feeder 7 (Ngipang-Tirtonadi-Gilingan) waktu keberangkatan akhirnya adalah pukul 18.54. Feeder 8 memiliki keberangkatan akhir sama yakni 18.54. Feeder 9 memiliki kebrangkatan akhir pukul 18.52. Untuk feeder 10 memiliki keberangkatan akhir pukul 19.08. feeder 11 memiliki waktu keberangkatan akhir pukul 18.41. Sedangkan feeder 12 memiliki keberangkatan akhir pukul 18.37.

Jam Operasional Awal dan Akhir Teman Bus Makassar (Trans Mamminasata)

Teman Bus Makassar memiliki keberangkatan awal yang sama yakni pukul 05.00 WITA dan jam keberangkatan akhir pukul 22.00 WITA. Ada empat koridor Teman Bus Makassar. Koridor 1 melayani rute Panakkukang Square menuju Pelabuhan Galesong. Koridor 2 melayani rute Bandara Hasanuddin ke Mall Panakukkang. Koridor 3 melayani rute Kampus 2 PNUP menuju Kampus 2 PIP sedangkan koridor 4 melayani rute Kampus Teknis Unhas Gowa menuju Mall Panakukkang.

 Jam Operasional Awal dan Akhir Teman Bus Trans Banyumas

Trans Banyumas hadir denhan tiga koridor yang melayani rute di sekitar Kota Purwokerto. Koridor 1 melayani rute Terminal Ajibarang menuju Pasar Pon dengan keberangkatan awal pukul 05.15 dan keberangkatan akhir pukul 19.45. Koridor 2 melayani Notog menuju Baturraden lewat Kota Purwokwerto dengan jam keberangkatan awal pukul 04.45 dan jam keberangkatan akhir pukul 18.00. Koridor terakhir adalah koridor 3A dan 3B yang berjalan berlawanan dari Pasar Pon menuju Terminal Bulupitu dengan keberangkatan awal pukul 05.00 dan keberangkatan akhir pukul 21.00.

Baca juga: Cara Naik Trans Banyumas dari Stasiun Purwokerto

Jam Operasional Awal dan Akhir Teman Bus Trans Banjarbakula Banjarmasin

Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan memiliki 4 koridor Teman Bus. Semua koridor memiliki jam keberangkatan awal pukul 05.00 WITA. Koridor 1 rute Terminal Gambut Barakat menuju Terminal Simpang 4 Banjarbaru memiliki jam operasional akhir pukul 22.00 WITA. Koridor 2 (Terminal Gambut Barakat-Taman Siring Km 0) memiliki jam operasional akhir 22.00 WITA. Koridor 3 melayani rute Terminal Induk KM 6 memiliki jam operasional akhir 21.00 WITA sedangkan koridor 4 melayani rute Terminal Gambut Barakat-Kantor Kecamatan Bati-Bati hingga pukul 20.00.

Jam operasional Teman Bus

Jam Operasional Awal dan Akhir Teman Bus Trans Metro Bandung

Semua rute teman bus Bandung melayani penumpang antara pukul 05.00 WIB sampai 22.00 WIB. Ada 5 koridor yang sudh beroperasi yakni koridor 1 (Leuwipanjang – Soreang), koridor 2 (Kota Baru Parahyangan (Padalarang) – Alun-Alun Kota Bandung), koridor 3 (Baleendah – BEC), koridor 4 (Leuwipanjang – Dago), dan koridor 5 (Dipatiukur – Jatinangor (Via TOL)).

Jam Operasional Awal dan Akhir Teman Bus Jogja

Teman Bus Jogja memiliki keberangkatan awal sama, yakni pukul 05.00 WIB. Koridor 1 melayani rute Bandara Adi Sucipto- Pakem dengan keberangkatan akhir pukul 17.57. Koridor 2 melayani rute Ngabean menuju Godean dengan keberangkatan akhir pukul 18.36. Sedangkan, koridor 3 melayani rute Condong Catur-Pakem dengan keberangkatan akhir pukul 18.07.

Jam Operasional Awal dan Akhir Teman Bus Bali

Teman Bus Bali menjadi salah satu favorit jalan-jalan murah di Pulau Dewata. Selain gratis, rutenya juga menjangkau banyak tempat penting, mulai terminal bus, pantai, bandara, hingga mal dan taman wisata. Berikut ini jam operasional Teman Bus Bali:

Koridor 1; Sentral Parkir Kuta Badung – Terminal Pesiapan Tabanan

Jam keberangkatan awal pukul 04.30 dan keberangkatan akhir pukul 21.57 dari Sentral Parkir.

Koridor 2; GOR Ngurah Rai – Bandara Ngurah Rai

Jam keberangkatan awal pukul 04.30 dan keberangkatan akhir pukul 20.43 dari GOR Ngurah Rai.

Koridor 3; Terminal Ubung – Pantai Matahari Terbit

Jam keberangkatan awal pukul 04.30 dan keberangkatan akhir pukul 20.15 dari GOR Terminal Ubung.

Koridor 4; Terminal Ubung – Sentral Parkir Monkey Forest

Jam keberangkatan awal pukul 04.30 dan keberangkatan akhir pukul 18.41 dari GOR Terminal Ubung.

Koridor 5; Sentral Parkir Kuta – Terminal Ubung dengan waktu operasional pukul 04.30 sampai 21.41 WITA.

Jam Operasional Awal dan Akhir Teman Bus Trans Metro Deli Medan

Saat ini, ada lima koridor yang beroperasi di Kota Medan.

Koridor 1; Terminal Pinang Baris – Lapangan Merdeka dengan keberangkatan awal pukul 04.30 dan keberangkatan akhir pukul 20.51 WIB.

Koridor 2; Terminal Amplas – Lapangan Merdeka dengan keberangkatan awal pukul 05.00 dan keberangkatan akhir pukul 19.32 WIB.

Koridor 3; Belawan – Lapangan Merdeka dengan keberangkatan awal pukul 04.00 dan keberangkatan akhir pukul 17.42 WIB.

Koridor 4; Medan Tuntungan – Lapangan Merdeka dengan keberangkatan awal pukul 04.30 dan keberangkatan akhir pukul 19.18 WIB.

Koridor 5; Tembung – Lapangan Merdeka dengan keberangkatan awal pukul 04.30 dan keberangkatan akhir pukul 20.22 WIB.

Jam operasional Teman Bus

Jam Operasional Awal dan Akhir Teman Bus Trans Semanggi Surabaya

Trans Semanggi Surabaya hanya memiliki satu koridor yang beroperasi yakni koridor 2 (Lidah Wetan -Kejawan Putih Tambak). Jam operasional koridor ini mulai pukul 05.00 sampai 22.00. Belum ada informasi mengenai kapan koridor lain segera beroperasi.

Itulah beberapa jam operasional Teman Bus di berbagai kota. Perlu diketahui untuk jam keberangkatan awal dan akhir biasanya berasal dari titik awal rute tersebut. Agar lebih jelas, silakan untuk mengunduh aplikasi Teman Bus guna melihat posisi bus secara real time.

4 Comments

  1. Setahu saya di Jambi belum ada Teman Bus, Mas Ikrom. Atau saya yang kudet. Sebab saya tinggal di kabupaten. Paling ke kota Jambi sekali 4 bulan. He he ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau naik bisa ke palembang bu nur yg dekat sama jambi
      kalo engga ke medan aja juga ada teman bus

      Delete
  2. Ternyata di semarang belum ada teman bus mas. Meskipun semarang sdah memiliki trans semarang yang memiliki beberapa rute dan lengkap dengan feeder-nya. Layanan trans semarang paling malam 19.00.

    Lihat perkembangan transportasi umu sekarang aku malah kangen jaman sekolah dengan banyak bus kota dari berbagai PO yang mengaspal di semarang dengan berbagai jurusan. Termasuk bus damri dengan bus besarnya yang lambat. Sekarang layanan bus dikuasai oleh trans semarang.

    Tulisan yang bagus mas ikrom :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. di semarang soalnya rutenya udah tercover semua sama trans semarang sama trans jateng
      trans semarang juga sudah ada feedernya jadi udah lumayan lengkap si cuma yang ke arah demak belum ada. mungkin nanti kalau ada teman bus ya arahnya ke sana.
      bus damri sekarang udah jarang banget mas yang mengaspal

      Delete
Next Post Previous Post