Cara Naik Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan Feeder Wira-Wiri Suroboyo ke Unesa, Unair, ITS, Ubhara, UIN Sunan Ampel, dan UPN Veteran Jawa Timur dari Terminal Bungurasih

 

Halte Trans Semanggi Unair Kampus C

Transportasi umum di Surabaya kini mulai ditata lebih baik.

Ada tiga operator utama yang melayani sistem transportasi umum di Surabaya di samping operator lama yang sudah dulu eksis. Ketiganya adalah Suroboyo Bus, Trans Semanggi Surabaya, dan Feeder Wira-Wiri. Ketiganya melayani daerah-daerah penting di Surabaya.

Salah satu daerah penting di Surabaya adalah perguruan tinggi. Kota ini memiliki banyak sekali perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang menjadi tujuan para pencari ilmu. Mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut tidak hanya berasal dari Surabaya saja, melainkan dari daerah di Jawa Timur dan seluruh Indonesia.

Makanya, sistem transportasi umum yang memadai sangat penting untuk dikembangkan agar mahasiswa dari luar kota bisa mengaksesnya dengan mudah. Berbagai kampus di Surabaya kini sudah memiliki tempat pemberhentian ketiga moda transportasi tersebut. Bahkan, ada beberapa kampus yang memang menjadi tujuan utama dari ketiganya.

Mahasiswa yang datang dari luar kota kebanyakan menuju Terminal Bungurasih atau Purabaya sebagai awal mula perjalanan menuju kampus-kampus di Surabaya. Tidak banyak mahasiswa luar kota yang tahu bahwa sebenarnya mereka bisa naik transportasi umum menuju kampus yang diinginkan yang tentunya menghemat biaya dibandingkan naik taksi atau ojek online.

Nah, berikut ini cara naik Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan Feeder Wira-Wiri dari Terminal Bungurasih. Perlu diketahui, untuk naik Feeder Wira-Wiri dan Suroboyo Bus ketika transit atau oper tidak perlu bayar tiket lagi asal masih belum 2 jam. Sedangkan, jika naik feeder lalu pindah ke Trans Semanggi atau sebaliknya, maka harus bayar tiket lagi.

Cara Naik Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan Feeder Wira-Wiri Suroboyo ke Unesa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memiliki 2 kampus yakni Unesa Ketintang dan Unesa Lidah Wetan. Unesa Ketintang merupakan kampus untuk Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), serta Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH). Sementara, kampus Unesa Lidah Wetan untuk Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), juga Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).

Untuk menuju Kampus Unesa Ketintang, kita bisa naik Suroboyo Bus R1 arah Rajawali dan turun di Halte Ketintang atau Royal Plasa. Dari sana, lalu bisa jalan kaki ke jalan Ketintang dan sampai di Kampus Unesa Ketintang. Namun, jika ingin menuju Fakultas Teknik, maka kita bisa turun di Halte Pusvetma lalu jalan kaki melalui Jalan Ketintang Baru. Letak Fakultas Teknik tidak jauh dari sana.

Baca juga: Cara Naik Suroboyo Bus dan Trans Semanggi ke Stasiun Besar di Surabaya

Untuk menuju Kampus Unesa Lidah Wetan, maka kita bisa naik Suroboyo Bus R1 arah Rajawali. Lalu, kita turun di Terminal Joyoboyo. Di sini, kita bisa transit lagi tanpa bayar Suroboyo Bus R7 arah PTC/Osowilangun dan turun di Halte Unesa Lidah Wetan.

Cara Naik Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan Feeder Wira-Wiri Suroboyo ke Unair

Universitas Airlangga (Unair) adalah salah satu kampus bergengsi di Surabaya. Kampus ini memiliki tiga bangunan yang terpisah yakni Unair Kampus A, Unair Kampus B, dan Kampus C. Unair Kampus A merupakan kampus tempat Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). Unair Kampus B merupakan kampus tempat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Psikologi (FPsi), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Vokasi (F.Vokasi), dan Program Pascasarjana (PPs).

Sedangkan, Unair Kampus C merupakan tempat Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Fakultas Keperawatan (F.Kp), Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK), dan Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM).

Untuk menuju Unair Kampus A dari Terminal Bungurasih kita bisa naik Suroboyo Bus R1 arah Rajawali dan turun di Halte RS Darmo. Di sini, kita bisa oper Trans Semanggir Koridor 2 dan turun di Halte RS dr. Soetomo. Setelah itu kita bisa jalan kaki ke utara menuju perempatan Jalan dr. Moestopo dan sudah sampai di Unair Kampus A.

Hampir sama dengan cara menuju Unair Kampus A, untuk menuju Unair Kampus B kita juga naik Suroboyo Bus dan Trans Semanggi Koridor 2. Hanya saja bedanya nanti saat turun Trans Semanggi kita bisa turun di Halte Unair Kampus B dan tinggal jalan kaki sebentar sudah sampai kampus tersebut.

Jika ingin menuju Unair Kampus C, maka kita juga melakukan cara hampir sama dengan menuju Kampus A dan B hanya saja menambah satu kali transit. Dari Terminal Bungurasih, kita bisa naik Suroboyo Bus arah Rajawali dan turun di Halte RS Darmo. Lalu, kita oper Trans Semanggi koridor 2 dan turun di Halte Bundaran ITS. 

Halte ITS Tempat Trasit

 

Setelah itu kita berjalan kaki menyeberang jalan ke Halte ITS dan oper atau transit Trans Semanggi koridor 3 ke arah Kenjeran. Saat transit, nantinya tidak perlu membayar asal gunakan QRIS jangan KUE saat membayar di koridor 2. Nanti, tunjukkan bukti pembayaran dari QRIS ke sopir Trans Semanggi Koridor 3. Masuk busnya lewat pintu belakang dan bilang saja bahwa kita transit. Jika diminta sopir menunjukkan buktinya, maka kita tinggal menujukkan bukti pembayaran QRIS kita.

Baca juga: Cara Transit Bus Trans Semanggi Surabaya Biar Tak Bayar Lagi

Sebelum naik, pastikan bahwa arah Trans Semanggi koridor 3 menuju ke Kenjeran karena ada dua arah yakni Kenjeran dan Gunung Anyar. Nanti, kita bisa turun di Halte Unair Kampus C dan menyeberang jalan MERR. Bisa juga turun di Halte Mulyorejo lalu menyeberang jalan.

Cara Naik Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan Feeder Wira-Wiri Suroboyo ke ITS

ITS menjadi salah satu tujuan utama Trans Semanggi. Bahkan, kampus ini menjadi tempat transit Trans Semanggi koridor 2 dan 3. Untuk menuju kampus ITS dari Terminal Bungurasih, kita bisa naik Suroboyo Bus dan turun di RS Darmo. Lalu, kita oper Trans Semanggi koridor 2 dan turun di Halte Bundaran ITS.

Untuk menuju kampus ITS maka kita harus jalan kaki. Namun, jika ingin ke Politeknik Negeri Surabaya (PENS), maka kita turun di Halte PENS dan tinggal berjalan kaki.

Cara Naik Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan Feeder Wira-Wiri Suroboyo ke Ubhara dan UINSA

Untuk menuju kampus Ubhara, kita tinggal naik Suroboyo Bus dari Bungurasih dan turun di Halte Ubhara. Letak haltenya tepat berada di dekat pintu masuk Ubhara. Jika ingin ke UIN Sunan Ampel, maka kita tinggal menyeberang jalan dari Halte Ubhara. Di sana juga ada Halte Suroboyo Bus yang menuju Terminal Bungurasih.

Baca juga: Cara Naik Suroboyo Bus dan Trans Semanggi ke Mall di Surabaya

Namun, jika kita ingin menuju kampus UINSA yang berada di Gunung Anyar, maka kita naik Suroboyo Bus dari Terminal Bungurasih lalu turun di Halte RS Darmo. Dari sana kita oper Trans Semanggi koridor 2. Selanjutnya, kita turun di Halte bundaran ITS dan menyeberang jalan ke Halte ITS. Lalu, kita oper Trans Semanggi koridor 3 arah Gunung Anyar dan turun di Halte Gunung Anyar. Letak kampus UINSA Gunung Anyar sekitar 700 meter dari halte tersebut kea rah selatan.

Cara Naik Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan Feeder Wira-Wiri Suroboyo ke UPN Veteran Jawa Timur

Kampus UPN Veteran Jawa Timur dulunya merupakan kampus swasta tetapi sekarang sudah dialihkan menjadi kampus negeri. Kampus ini berada di kawasan Rungkut Madyar Surabaya Timur. Untuk menuju kampus UPN Veteran Jawa Timur caranya hampir sama dengan menuju UINSA Gunung Anyar. Namun, saat naik koridor 3, kita turun di Halte Rungkut Madya. Setelah itu kita oper Feeder Wira-Wiri Koridor 4 dan turun di Halte UPN Veteran Jawa Timur.

Itulah beberapa cara naik Suroboyo Bus, Trans Semanggi, dan Feeder Wira-Wiri ke beberapa kampus di Surabaya. Semoga membantu adik-adik mahasiswa yang baru pertama kali datang di Kota Surabaya.

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

Post a Comment

Next Post Previous Post