Laptop Asus ROG Zephyrus, ROG Strix, dan TUF Game, Piranti Handal untuk Ngegame dan Kegiatan Multitasking


ROG ASUS Zephyrus TUF Game
Tiga Laptop Gaming terbaru dari ASUS RIG

Kebutuhan akan laptop yang canggih dan mudah dibawa menjadi kebutuhan utama bagi para konten kreator serta gamer saat ini. Nah, untuk menjawab kebutuhan tersebut, maka ASUS meluncurkan beberapa laptop andalan dengan sepesifikasi menawan.

Tentu, beberapa spesifikasi yang diharapkan oleh banyak kalangan adalah multitasking, tidak berat, memiliki baterai yang awet, serta beberapa keunggulan lain yang menarik minat para gamer. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, maka ASUS mengeluarkan beberapa seri laptop yang tidak hanya untuk kegiatan gaming saja, tetapi bisa untuk membuat konten.


 
Pada acara #ROGGatheringSBY yang dilaksanakan Minggu, 17 Maret 2024 lalu, ASUS mengenalkan tiga buah laptop andalan mereka kepada rekan-rekan blogger Surabaya. Ketiga laptop tersebut adalah ASUS Zephyrus G14, ROG Zephyrus G16, ROG Strix Series, dan TUF Gaming A15. Ketiga seri laptop ASUS ROG tersebut diluncurkan agar banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh gamer, konten kreator, dan berbagai macam pekerja untuk menunjang tugas mereka.

Acara yang dikemas dengan buka bersama ini mengadirkan dua narasumber dari ASUS, yakni Muhammad Firman selaku Head of Public Relation ASUS Indonesia dan Nadia Sefia selaku Public Realtion dari ASUS Indonesia. Kedua narasumber memaparkan spesifik ketiga jenis laptop yang baru diluncurkan serta keunggulan yang mereka miliki.

Muhammad Firman selaku Head of Public relation ASUS Indonesia menjelaskan tentang ASUS ROG


Paparan pertama diberikan oleh Mas Firman yang mengupas mengenai prosesor yang digunakan untuk ketiga jenis laptop tersebut. Prosesor merupakan salah satu komponen penting dalam memilih laptop karena sangat mempengaruhi kinerja dari laptop yang digunakan. Untuk laptop ROG Zephyrus G14 dan TUF Gaming 15 menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 8000. Sedangkan, untuk ROG Zephyrus G16 telah menggunakan prosesor 14th Gen Intel Core Prosesor seri core ultra. Ketiganya telah support AI. Artinya, bisa digunakan dengan baik untuk melakukan kegiatan yang membutuhkan kerja artificial intelegence.

Spesifikasi laptop yang sangat penting adalah tampilan. Ketiga laptop ini telah didukung oleh NVIDIA® GeForce RTX™ dalam menghasiilkan gambar dengan kualitas terbaik. Pengguna dapat mengerjakan kegiatan mereka dan bermain gim tanpa gangguan tearing atau stuttering. Gambar yang dihasilkan pun akan cerah dan sangat mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan.

Nadia Sefia selaku public relation ASUS Indonesia memaparkan bebetapa laptop seri terbaru dari ASUS ROG

Paparan selanjutnya adalah mengenai spesifikasi lebih detail dari tiga laptop yang diluncurkan, yakni ROG Zephyrus G14, ROG Zephyrus G16, ROG Strix Series, dan TUF Gaming A15 oleh Mbak Nadia Sefia. Mbak Nadia memaparkan dengan detail keunggulan dan hal apa saja yang kita dapat dari ketiga laptop dengan fitur elegen tersebut.

ROG Zephyrus G14


Salah satu keunggulan utama dari ROG Zephyrus G14 adalah desainnya yang stylish. Adanya LED indicator berupa slash lighting membuat tampilannya cukup elegan dan menonjol. Pengguna dapat mengatur tampilannya melalui aplikasi Armoury Create.

ASUS ROG Zephyrus G14

 
Pengguna laptop juga membutuhkan kualitas audio yang cukup bagus agar bisa menunjang kegiatan mereka, baik untuk gaming, mendengarkan musk, atau pun lainnya. Adanya 4-speaker (dual force woofer) system, 2 Tweeters, serta AI noise-canceling technology membuat pengguna ROG Zephyrus G14 akan mendapatkan pengalaman wah ketika memutar audio atau bermain gim. Adanya tambahan Dolby Atmos, Hi-Res certification, dan Smart Amp Technology membuat suara yang dihasilkan menjadi jernih tanpa adanya noise atau gangguan sama sekali.

Spesifikasi ROG Zephyrus G14

ROG Zephyrus G16

Salah satu keunggulan dari ROG Zephyrus G16 adalah menggunakan Intel® Core™ Ultra Processor dan dengan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4080 membuat kinerja laptop menjadi lebih cepat dan tampilan gambar yang menawan. Pengguna akan merasakan sensasi gambar dengan kualitas tertinggi sehingga mendapatkan pengalaman maksimal saat menggunakannya.

ASUS ROG Zephyrus G16

Laptop pionir AI ini juga sangat ringan dan mudah dibawa ke mana-mana. Dengan bobot hanya 1,85 kg dan ketebalan 1,49 cm, pengguna dapat membawanya untuk berbagai kegiatan. Mulai dari naik transportasi umum, bersepeda, dan berbagai kegiatan lain. Kegiatan bermain gim pun juga bisa dilakukan di mana saja.

Baik ROG Zephyrus G14 dan G16 keduanya merupakan laptop gaming OLED pertama di dunia dengan VRR (variable refresh rate). kemampuan untuk menghasilkan warna yang sangat akurat dan hidup. Laptop OLED menggunakan dioda organik yang dapat memancarkan cahaya sendiri, menghasilkan warna yang lebih tajam dan kontras yang lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi layar lainnya.

Spesifikasi ROG Zephyrus G16


Tak sekadar untuk bermain gim saja, dua laptop ROG Zephyrus ini juga bisa digunakan untuk kegiatan programming, editing, dan creating. Contohnya adalah untuk membuat video AI, generate text to image, dan berbagai kegiatan yang mendukung tugas konten kreator lainnya. Makanya, sangat tepat jika dua laptop tersebut mendapatkan sematan “One Device, Do More Thing”. Hanya dalam satu genggaman gawai laptop saja, kita bisa melakukan banyak hal.

ROG Strix Series

ASUS ROG juga meluncurkan laptop Strix Series. Laptop ini sangat baik performanya karena didukung oleh prosesor andalan yakni 13th Gen Intel® Core™ i9-13980HX Processor 2.2 GHz. Adanya prosesor ini dapat menghasilkan performa super kencang karena 24 cores di dalamnya.

ROG Strix Series. - Sumber: ASUS Indonesia

 
Laptop ROG Strix Series juga dilengkapi dengan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4070 Laptop GPU. Agar tidak cepat panas, laptop Strix Series dilengkapi oleh sistem pendinginan yang juga handal. Adanya heatsink lebar penuh yang mengelilingi motherboard untuk memaksimalkan jalur keluar udara panas. Ditambah adanya tujuh heatpipe dan Conductonaut Extreme Liquid Metal yang mengeluarkan panas secara maksimal dari piranti canggih ini.

Ada beberapa seri ROG Strix Series yang diluncurkan, antara lain ROG Strix G16 (G614), ROG Strix SCAR 16 (G634) dan ROG Strix SCAR 18 (G834). ROG Strix SCAR 16 (G634) dan ROG Strix SCAR 18 (G834). Beberapa laptop tersebut memiliki spek yang sama, tetapi memiliki perbedaan pada ukuran layar saja.

ASUS TUF Gaming A15

Kebutuhan laptop untuk gim dan kegiatan multitasking lainnya adalah ASUS TUF Gaming A15. Segmen dari laptop ini adalah para mahasiswa yang membutuhkan piranti laptop untuk kegiatan komputasi, menonton film, bermain gim, dan membuat konten.

ASUS TUF Gaming A15

 
Prosesor dari ASUS TUF Gaming A15 ini menggunakan AMD Ryzen™ 7, dengan TGP maksimal hingga 140W, dan MUX Switch. Dengan adanya MUX Switch ini, maka pengguna dapat mematikan atau menonaktifkan iGPU dan mengalihkan semua render gambar langsung dari dGPU ke layar laptop. MUX Switches dapat memberikan peningkatan kinerja yang signifikan dan menurunkan latensi dalam gim.

ASUS TUF Gaming A15 memiliki sasis 4,5% lebih kecil dari laptop kebanyakan. Keyboard laptop ini cukup tangguh dan touchpad 26% lebih besar. Para pengguna bisa mengetik dengan lebih mudah dan nyaman. Agar tidak cepat panas, ASUS TUF Gaming A15 ini dilengkapi dengan 84-blade Arc Flow Fans™ dengan hingga 4 ventilasi pembuangan dan 5 heatpipe.

Spesifikasi ASUS TUF Gaming A15

 
Sebagai pecinta gaming, tentu tampilan layar yang maksimal adalah kunci. ASUS TUF Gaming A15 ini telah dilengkapi dengan stellar visual hingga FHD 144Hz. Tampilan layar laptop ini juga dilengkapi dengan adaptive sync yang memungkinkan layar berkomunikasi langsung dengan GPU sehingga refresh rate layar tersinkron dengan setiap frame yang dihasilkan. Hasilnya, gambar dari gim yang sedang dimainkan bisa tergambar hampir sempurna sehingga dapat meningkatkan kenyamanan para penggunanya untuk mendapatkan pengalaman bermain gim yang maksimal.

Nah, yang menjadi salah satu keunggulan utama dari ASUS TUF Gaming A15 ini adalah laptop pertama dengan standar Military Grade. Artinya, laptop ini telah memenuhi standar MIL-STD-810H untuk ketahanan terhadap guncangan, getaran, dan lingkungan ekstrem lainnya. Ketika pengguna sering membawa laptop ini untuk kegiatan pulang dan pergi untuk aktivitas sehari-hari, maka tak perlu risau dengan segala guncangan yang terjadi.

Para blogger mencoba tiga seri laptop dari ASUS Indonesia terbaru

Para pemenang game Kahoot tentang laptop ROG series.

Nah, itulah tiga seri laptop yang diluncurkan oleh ASUS ROG. Pada acara #ROGGatheringSBY , para blogger juga berkesempatan mencoba tiga jenis laptop tadi untuk berbagai kegiatan. Saya mencoba untuk membuat gambar AI dan melakukan pemutaran video. Hasilnya memang memuaskan dengan tampilan gambar yang sangat jernih dan berbeda dengan laptop kebanyakan.

4 Comments

  1. Wedewww, mantuulll banget ini spesifikasinyaaaa.
    pastinya profesi apapun bakal cocok dgn deretan laptop ASUS. karena selalu di_support dgn spesifikasi yg ngga kaleng² 💪💯

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mas Ikrom sudah mendokumentasikan yang ada sedikit terlihat diri saya, haha
    Semoga next bisa diskusi banyak soal penulisan ya Mas
    Kemarin sudah riweuh banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe sama sama mbak
      iya semoga bisa jumpa di lain waktu yaaa

      Delete
Next Post Previous Post