Menebak Siapa Wakil Indonesia pada Ajang Miss International, Miss Supranational, Miss Charm, dan Miss Cosmo dari 4 Besar Puteri Indonesia 2024

Enpat besar Puteri Indonesia 2024 beserta ratu dunia. - Sumber IG Puteri Indonesia

 

Perhelatan Puteri Indonesia 2024 ternyata masih belum sepenuhnya usai.

Walau para pemenang sudah dianugerahi mahkota, tetapi pertanyaan siapa diantara mereka yang akan mewakili Indonesia di ajang international belum terjawab. Tahun ini, penganugerahan para pemenang tidak seperti tahun sebelumnya.

Jika pada tahun sebelumnya, para pemenang Puteri Indonesia akan diberi dua gelar sekaligus. Pertama, adalah gelar nasional yang akan mereka gunakan untuk bertugas di dalam negeri. Beberapa gelar tersebut antara lain Puteri Indonesia, Puteri Indonesia Lingkungan, Puteri Indonesia Pariwisata, dan tahun ini ada gelar baru yakni Puteri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan.

Gelar kedua adalah gelar yang mereka gunakan untuk bertanding di ajang internasional. Beberapa gelar tersebut antara lain Miss International Indonesia, Miss Supranational Indonesia, Miss Charm Indonesia, dan tahun ini ada gelar Miss Cosmo Indonesia. Biasanya, para pemenang kontes kecantikan dunia akan turut memberi selempang kepada para pemenang Puteri Indonesia. Namun, kegiatan tersebut tidak dilakukan pada tahun ini.

Perbedaan tersebut disebabkan karena Yayasan Puteri Indonesia (YPI) berencana mengubah format pengiriman pemenang. Mereka akan mengumumkannya seminggu setelah perhelatan Puteri Indonesia 2024. Format ini juga dilakukan oleh beberapa pageant besar dunia. Miss France dan Miss South Africa adalah dua pageant besar yang baru mengumumkan pemenang seminggu atau beberapa hari setelah malam final kontes nasional.

Namun, YPI ternyata mengundurkan jadwal pengumuman tersebut karena satu dan lain hal. Pageant lover pun bertanya-tanya dan mulai melakukan pencocokan dengan para pemenang Puteri Indonesia 2024. Mereka mulai membuat berbagai kemungkinan jika satu wakil di kirim ke ajang tertentu, maka pemenang lain akan dikirim di ajang lainnya.

Sebenarnya, pengiriman wakil Indonesia ke ajang internasional juga harus memperhatikan beberapa aspek. Salah satunya adalah kriteria wakil yang dicari oleh ajang internasional. Ada ajang yang membutuhkan banyak advokasi, ada yang lebih membutuhkan action stage, dan ada yang lebih ke arah influencer. Nah, agar tidak salah kirim wakil, maka berbagai pertimbangan mengenai siapa yang akan dikirim ke ajang internasional sangat penting. Berikut ini adalah beberapa ajang yang lisensinya dimiliki oleh YPI beserta kriteria yang diminta.

Miss Supranational

Ajang yang didirikan tahun 2009 dan kini berpusat di Polandia ini merupakan ajang yang memiliki moto Insiprational dan Aspirational. Artinya, para pemenangnya bisa memberikan inspirasi dan menyerap aspirasi dari lingkungan sekitarnya.

Biasanya, sebelum karantina, ada sesi Supra Chat. Sesi ini akan mengadirkan beberapa peserta untuk memberikan aspirasi dan inspirasi terkait berbagai isu. Sesi Supra Chat dipandu oleh pemenang Miss Supranational sebelumnya. Pemenang sesi ini akan mendapatkan penghargaan khusus. Indonesia pernah memenangkan penghargaan ini melakui Adinda Cresheilla pada 2022. Dinda juga berhasil meraih posisi keempat pada ajang Miss Supranational 2022.

Artinya, sosok seperti Dinda adalah sosok yang bisa dijadikan acuan untuk mengirimkan wakil ke Miss Supranational. Apalagi, waktu penyelenggaraan ajang ini yang sangat mepet yakni pada Juli 2024 membuat peserta yag dipilih hanya punya waktu beberapa bulan saja.

Miss International

Ajang ini merupakan ajang tertua yang lisensinya dimiliki oleh YPI. Indonesia sendiri pernah memenangkan ajang Miss International pada 2017. Sosok Kevin Liliana menjadi salah satu role model bagi wanita Indonesia yang akan dikirim ke ajang Miss International karena ia telah berhasil meraih mahkota pertama bagi merah putih.

Berbeda dengan Miss Supranational yang lebih condong ke action stage, Miss International lebih menonjolkan kegiatannya ke duta persahabatan. Makanya, banyak sekali kegiatan budaya yang dilakukan seperti merangkai bunga dan lain sebagainya. Sosok yang kalem menjadi slaah satu patokan yang bisa jadi diutamakan pada ajang ini.

Miss Charm

Ajang kecantikan berbasis di Vietnam ini baru menyelenggarakan perhelatan pertama pada 2023 lalu. Saat itu, Indonesia diwakili oleh Olivia Aten yang berangkat atas biaya sendiri. Kini, lisensi Miss Charm dimiliki oleh YPI. Sedianya, tahun ini Indonesia masih akan diwakili oleh Lulu Zaharani, Puteri Indonesia 2023. Namun, ada kabar Lulu tak jadi berangkat dan pemenang Puteri Indonesia 2024 yang akan berangkat.

Ajang ini lebih menitikberatkan pemenangnya untuk mengenalkan pariwisata. Jadi, kemungkinan pemegang gelar Puteri Indonesia Pariwisata yang akan maju ke ajang tersebut. Meski demikian, bukan berarti pemegang gelar Puteri Indonesia lainnya juga berkesempatan untuk maju ke ajang ini.

Miss Cosmo International

Ada sebuah ajang baru yang tahun ini digelar yakni Miss Cosmo International. Ajang tersebut juga berbasis di Vietnam. Ajang ini dimiliki oleh UNI Corp dan UNImedia. Sebelumnya, mereka adalah pemegang lisensi Miss Universe Vietnam. Setelah huru-hara perpindahan lisensi di era Bunda Jaka Tarub, maka mereka membuat ajang baru yakni Miss Cosmo International.

YPI pun menjadi pemilik lisensi ajang ini sehingga ada 4 puteri yang akan bertanding. Meski baru, tetapi sudah banyak negara yang akan ikut serta. Gaung ajang ini pun mulai terasa dan banyak pageant lover ingin tahu bagaimana nanti ajang ini digelar mengingat Perusahaan tersebut sudah terbukti sukses saat menggelar ajang Miss Universe Vietnam.

Salah satu fokus utama ajang ini adalah transformasi digital. Pemenang Miss Cosmo International diharapkan memiliki pemahaman dan pionir dalam transforrmasi digital untuk menghubungkan masyarakat global. Artinya, wakil yang kita kirimkan harus paham masalah global dan usaha dalam transformasi digital. Cukup berat juga meski ajang ini adalah ajang baru.

Itulah keempat kontes kecantikan yang akan diikuti oleh pemenang Puteri Indonesia. Siapa pun nanti yang akan dikirimkan, mereka harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya dan kita dukung penuh untuk kemenangan Indonesia.

Post a Comment

Next Post Previous Post