5 Karakter Superhero Filipina Pilihan Saya (Bagian-1)


 
superhero filipina
Sumber di sini

Sebenarnya, hampir tiap tahun, ada beberapa karakter superhero yang dikenalkan oleh beberapa stasiun TV swasta Filipina.


Dua stasiun TV swasta besar, yakni ABS-CBN dan GMA Network berlomba-lomba menarik minat masyarakat untuk menayangkan aksi superhero ini. Meski kadang dalam cerita tersebut disuguhkan pula kisah romantika yang cukup pelik, namun cerita mengenai aksi superhero sendiri masih menjadi daya tarik. 

Atraksi mereka ketika berubah dan berusaha memenangkan pertarungan dengan para musuh juga masih menjadi primadona. Meski tak sehebat film superhero Hollywood, atraksi superhero Filipina juga memiliki rating yang cukup besar dalam dunia pertelevisian Filipina. Dan inilah 5 Karakter Superhero Filipina yang cukup populer bagian pertama.

1. Darna


 
tokoh darna superhero
Tokoh Darna (sumber gambar di sini )

Tokoh superhero pertama yang jadi favorit saya adalah Darna. Sepintas, tokoh ini mirip sekali dengan tokoh Wonder Women. Menjadi salah satu superhero Filipina tertua yang diciptakan oleh komikus Mars Ravelo dan artis Nestor Redondo,


Darna sudah dikemas dalam berbagai versi, baik komik, film, maupun serial TV. Versi pertama diciptakan dalam sebuah komik yang terbit pada seri komik sekitar tahun 1940-1950an. Versi serial TV terakhir diluncurkan pada 2009 yang dibintangi oleh Marian Rivera. Sementara itu, publik Filipina sendiri masih dikejutkan oleh sosok artis cantik Liza Soberano yang akan membintangi film terayar tokoh superhero ini pada akhir 2017.

Sosok Darna awalnya diceritakan sebagai prajurit dari planet lain yang mewujudkan dirinya sebagai seorang gadis bernama Narda.  Untuk berubah menjadi Darna, Narda harus meneriakkan nama Darna sambil menelan batu putih. Sedangkan untuk kembali menjadi Narda, Darna harus menerikakan nama Narda dan mengeluarkan batu itu kembali.


Darna sendiri memiliki banyak musuh yang bertujuan untuk menguasai dunia. Musuh bebuyutannya sendiri bernama Valentina. Sebuah monster yang memiliki tubuh seperti ular kobra. Tokoh ini memiliki analogi dengan tokoh mitologi Yunani yakni Medusa. Kemampuannya memiliki bisa ular yang menempel di kepalanya membuat Darna sering kali kewalahan dalam menghadapinya.

Di Indonesia, tokoh Darna juga pernah diadaptasi dalam sebuah film bertajuk Darna Ajaib. Tokoh Darna sendiri diperankan oleh artis kawakan Lydia Kandou. Selain Lydia Kandou, beberapa nama terkenal juga menjadi bintang film ini, antara lain Nia Zulkarain, Ria Irawan, dan aktor Ryan Hidayat. Film yang dirilis pada 1980 ini juga mengisahkan tokoh Darna yang memiliki kekuatan ajaib dan melawan tokoh jahat yang berkekuatan ular.

Darna lydia kandow indonesia
Poster Film Darna Ajaib, versi Indonesia (sumber gambar di sini )

2. Super Inggo
super inggo serial TV Filipina
Poster Super Inggo (sumber di sini)

Karakter superhero satu ini pasti tidak asing bagi masyarakat Indoensia. Pernah ditayangkan cukup lama di stasiun ANTV, tokoh Super Inggo sangat terkenal. Sebelumnya, kisah ini terlebih dahulu tayang pada stasiun TV ABS CBN. Diceritakan ada seorang anak bernama Budong yang ingin sekali menjadi superhero seperti salah seorang superhero favoritnya, yakni  Super Islaw.


Untuk mewujudkan mimpinya, ia “bersekolah” di sebuah akademi superhero yang diasuh oleh para malaikat bersayap dan beberapa superhero. Ternyata, ia sudah memiliki kekuatan super yang diwarisi oleh ayahnya sendiri.

Sang ayah kandung tak lain adalah superhero idolanya tadi, Super Islaw yang mengalami kecelakaan dengan seorang monster wanita bernama Bugan. Di hari kelahirannya, seorang raja monster yang bernama Pangeran Kegelapan ingin mengambil bayi budong dari Super Islaw. Karena telah melakukan tindakan yang tak baik, kekuatan Super Islaw hilang.

Ia tak mampu melawan pangeran kegelapan. Hampir saja Budong mampu diambil oleh sang Pangerang Kegelapan tersebut. Untunglah, ada dua superhero lain bernama Komodor Bawang dan Super Inday yang mampu menyelamatkan bayi Budong. Tak hanya Pangeran kegelapan, sang ibu kandung yang diperalat oleh Pangeran tersebut juga mencarinya.

Budong kecil lalu diserahkan kepada seorang wanita bernama Pacita untuk diasuh. Bertahun-tahun, ia menutup rahasia mengenai Budong. Ia tak mau kehilangan Budong. Saat Budong berlatih untuk menjadi Superhero dan telah tampak kekuatan supernya, Pacita melarangnya. Ia tak segan memukul Budong dan memaki-makinya agar tak lagi memiliki keinginan menjadi superhero. Ia ingin Budong menjadi manusia biasa saja.


Di kisah lain, Super Islaw yang sudah memiliki kekuatan lagi mencoba mencari anaknya. Kedua superhero yang menyelamatkan Budong masih tutup mulut. Hingga pada suatu ketika, Super Islaw mengetahui kalau Budong adalah anaknya. Kesadarannya tumbuh ketika Budong sudah bisa berubah menjadi Super Inggo dan berusaha menyelamatkan rekan-rekannya saat akademi superhero diacak-acak oleh Pangeran Kegelapan.

Meski ceritanya agak rumit dan cukup sinetron sekali, saya senang dengan serial TV ini. Karakter Budong yang lucu ditambah karakter temannya yang bernama Jomar membuat saya terpingkal-pingkal ketika mereka memiliki pemahaman berbeda sehingga bertengkar khas anak kecil. Saya bisa tahu kehidupan anak-anak Filipina yang juga memiliki permainan hampir sama dengan anak-anak Indonesia. Bermain petak umpet, engklek, hingga memakan buah-buahan yang juga ada di Indoensia.

3. Tsuperhero

tsuperhero
Karakter Tsuperhero (Sumber gambar klik di sini )

Tsuperhero adalah salah satu karakter superhero baru andalan televisi GMA Network yang baru ditayangkan akhir 2016 kemarin. Tayang pada jam premier, serial televisi ini menjadi primadona publik Filipina. Tak hanya digemari di dalam negeri, ekspatriat Filipina di Timur Tengah juga banyak yang menontonnya.


Dibandingkan dengan kisah superhero lain, Tsuperhero mengemas kisah superhero dalam bentuk situasi komedi (sitkom). Adegan pertarungan dengan monster atau musuh-musuhnya seringkali disisipi dengan komedi-komedi singkat. Melihat Tsuperhero bertarung seperti melihat sitkom di stasiun televisi Trans TV. Tokoh Tsuperhero sendiri diperankan oleh aktor Derrick Monasterio. Aktor yang memulai debut melalui serial TV Tween Hearts ini memikat pemirsa setia dengan aksi kocaknya.



Dikisahkan, seorang pemuda bernama Nonoy yang dieprankan Derrick Monasterio adalah seorang sopir Jeepney. Ia lalu tiba-tiba saja bisa memiliki kekuatan super saat mendapat sebuah objek asing dari sebuah planet yang nun jauh di sana. Melalui kekuatan itu, ia bisa berubah menjadi superhero untuk menghabisi lawan-lawannya.

Salah satu lawan terkuatnya adalah Bahawi. Karakter ini berkamuflase menjadi superhero yang berkeinginan mengambil beberapa benda berharga di kota tersebut. Jika diamati, Tsuperhero mirip sekali dengan tokoh Flash yang bisa berlari secepat kilat.

4. Captain Barbell




Tokoh fiksi ini sangat lekat sekali dengan tokoh superman. Bisa terbang, memiliki model rambut yang sama, hingga memiliki kelemahan yang sama terhadap sebuah batu ajaib. Perbedaan yang ada adalah kegiatan yang dilakukan ketika berubah wujud. Jika superman harus mencari ruang tertutup, semisal telepon umum, lift dan sejenisnya untuk berganti kostum, maka Captain Barbell menggunakan sebuah beban barbel yang diputar-putar. Cukup unik.

Kekuatan Captain Barbell adalah bisa terbang dan juga cahaya super yang keluar dari mata dan tangannya. Banyak tokoh yang menjadi lawannya. Tokoh terkuat yang menjadi lawannya adalah Askobar.


Tokoh ini mampu melumpuhkan Captain Barbell dengan sebuah batu ajaib hingga bisa ditawan di sebuah penjara. Untunglhah,  rekan-rekan superheronya mampu menyelamatkannya. Captain Barbell juga memiliki semacam Justice League yang beranggotakan beberapa tokoh superhero. 

Kemunculan pertama tokoh ini adalah pada sebuah komik yang diciptakan sekitar tahuan 1960an. Yang unik, tokoh ini juga diciptakan oleh komikus Mars Ravelo, sang pencipta tokoh Darna. Ravelo tak menampik ide penciptaan karakter ini dan karakter lain yang ia ciptakan terinspirasi dari karakter-karakter Marvel.

Maka tak heran, cibiran beberapa pihak kepada karakter ini cukup santer. Meski begitu, setiap film dan serial TV karakter ini masih menjadi primadona. Film karakter ini sendiri bahkan sudah tayang sebanyak lima kali, yakni pada tahun 1964, 1965, 1973, 1986, dan 2003. Film Captain Barbell 2003 menjadi film terakhir yang mempopulerkan Senator Ramón Bong Revilla Jr. sebagai pemeran utamanya. 



Kesuksesan Captain Barbell juga diikuti pada serial televisi. Sebanyak dua kali serial TV karakter ini tayang di televisi GMA Network, yakni pada tahun 2006 dan 2011. Serial TV ini juga mengantarkan  Richard Gutierrez yang menjadi sang superhero sebagai aktor papan atas Filipina. Menggeser polularitas aktor-aktor yang menjadi superhero sebelumnya seperti Derek Ramsey dan Zajoe Marudo.

5. Lastikman

lastikman sarag geronimo
Lastikman 2004, Sumber gambar di sini

Bersama Darna dan Captain Barbell, Lastikman adalah salah satu karakter superhero Filipina kawakan yang masih eksis. Muncul pertama kali pada 7 Desember 1964, karakter ini cukup menarik minat masyarakat Filipina. Karakter ini sendiri mirip dengan dua karakter komik Hollywood.

Dua karakter tersebut adalah Plastic Man yang diciptakan DC Comics dan Mister Fantastic (anggota Fantasitic 4), milik komik Marvel. Memiliki kekuatan bisa melenturkan badannya, Lastikman berperang melawan musuh-musuhnya.  Tak hanya itu, ia juga memiliki kemampuan berkamuflase untuk mengelabuhi lawan-lawan di sekitarnya.


Serial TV karakter ini pertama kali tayang pada 2007. Dibintangi aktor Vhong Navaro, Lastikman harus menyelamatkan kekasihnya yang bernama Yellena White dari komplotan para monster. Serial TV ini tayang mulai 24 September 2007 hingga 25 Januari 2008 di stasiun televisi ABS CBN.

Film karakter Lastikman telah tayang sebanyak tiga kali, yakni pada tahun 1968, 2003, dan terkahir 2004. Film terakhir yang bertajuk Lastikman: Unang Banat menjadi film yang paling sukses. Dibintangi aktor dan penyanyi Mark Bautista, film ini menyabet penghargaan Best Visual Effect pada Metro Manila Film Festival 2004. Penyanyi wanita papan atas Filipina, Sarah Geronimo juga turut andil dalam film ini dan berperan sebagai Lara Manuel, kekasih Lastikman.



Itulah lima karakter superhero Filipina yang cukup poluler. Masih banyak karakter lain yang ada. Hingga kini, industri hiburan Filipina masih menempatkan karakter superhero sebagai variasi dalam tontonan mereka. 

Sumber : Wikipedia

33 Comments

  1. Saya..lebih tertarik sama darna mas...soalnya bintangnya seksy..heee

    ReplyDelete
  2. wah superheronya enggak kalah dengan yang dari amerika dan indonesia...wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  3. Duh gagal fokus gara-gara Darna hahaha.. Kalo di Indonesia sdh jrg yg muncul ya, pdhl dulu ada saras 008, skrg malah banyakan muncul lg tuyul mbakyul

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bikin salfok emang
      huum dulu ada saras dan panji eh pada ke mana sekarang

      Delete
  4. Tsuperhero, lihat kostumnya jadi poweranger ada kemiripan bedanya nggk pakai helm
    Sebelumnya nggk tahu dengan karakter superhero Filiphina

    ReplyDelete
  5. Filipin memang banyak aktor aktor superhero di dunia perfilman mas. Indonesia sendiri masih kalah lhoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. mereka jug artis sinetron biasa mas
      malah semacam telenovela

      Delete
  6. Fokus ke video SUPER INDAY VS HARI NG KADILIMAN, ada limbad hahaa

    ReplyDelete
  7. Wah wah kok bisa aja mas ikrom nemu superheronya filipin
    Hahaha
    Tapi mnurutku lastikman malah mirip panji manusia milenium tu mas

    ReplyDelete
  8. Kristala ada? Aku cuma tahu yang Kristala sih. :'D

    ReplyDelete
  9. saya berhenti lama di tokoh Darna...nyonyonnya masih sekel mang....#ehh

    ReplyDelete
  10. ternyata karakter super hero berbagai negara karakternya ndak beda jauh ya, begitu juga dengan kostumnya

    ReplyDelete
  11. Wh keren keren... Tapi emgng bikin gagal fokus nih foto2nya... Mantab....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha yang mana mas? tsuperhero apa captain barbell

      Delete
  12. Ternyata karakter Darna berasal dari Filipina, baru tahu.
    Keren juga ya tokoh karakter dari negara tetangga ini.
    salam

    ReplyDelete
  13. saya baru kali ini liat pahlawan dari filipina T.T

    poor me

    ReplyDelete
  14. wah saya baru tahu loh, wah makasih infonya

    ReplyDelete
  15. aduhhh darna bikinn eyawwww.. hahahaha

    super barbel juga.. #lohhhh.. wkwkwkwk

    knapa superhero asia lucu2 yah pakaiannya.. entah kenapa ngerasa beda aja klo dibandingin sama macam the avengers... heheh

    ReplyDelete
  16. hahahah lucu lucu kang ,,, untung aja saras 008 gak di tiru tiru .. entah kayak apa versi pilipinonya wkwkwkwk

    ReplyDelete
Next Post Previous Post