Kisah Nathaniel, Si Malaikat Kecil dari Filipina



poster film nathaniel
Sumber

Masih ingat iklan sebuah bumbu masak dengan bintang anak kecil yang sedih karena kucingnya hilang?


Ternyata, anak kecil tersebut adalah salah satu artis cilik yang cukup berbakat di Filipina. Marco Masa namanya. Ia telah memainkan banyak iklan dan juga sinetron. Nah salah satunya adalah serial fantasi bertajuk Nathaniel.

Serial yang ditayangkan oleh stasiun TV ABS-CBN sebanyak 115 episode ini membuat saya tak bisa jauh-jauh dari layar kaca dan terus menunggu si kecil Marco Masa. Jangan risau jika tak ada parabola, kita bisa melihatnya di Channel You Tube TV ABS-CBN.

Serial yang digarap oleh sutradara Darnel Joy Villaflor dan Francis Pasion tersebut berkisah tentang seorang malaikat kecil bernama Natahaniel yang diutus oleh Tuhan turun ke dunia untuk mengembalikan kepercayaan mereka kepada Tuhan. Selain itu, misi yang diemban oleh Nathaniel adalah mengajak orang-orang terus berbuat baik sesuai ajaran yang telah diajarkan oleh Tuhan.

Pada cerita awal dikisahkan Nathaniel adalah anak dari pasangan seorang pengusaha sukses bernama Paulus dan istrinya Rachel Laxamana. Pasutri ini sangat senang dengan kelahiran putranya, terlebih bagi Paulus. Ia bisa kembali dekat dengan sang ibu yang tak menyetujui hubungannya dengan Rachel karena berasal dari keluarga miskin dan memilih memulai karir dari bawah lagi.

father and mom nathaniel
Kedua orang tua Nathaniel yang berbahagia atas kelahiran putra mereka (Sumber)

Naas, pada suatu hari saat mengajak bayi Nathaniel berjalan-jalan, mereka mengalami kecelakaan hingga sang bayi tersebut meninggal. Kedua orang tuanya sangat terpukul atas kematian putra satu-satunya. Bahkan, sang ayah Paulus sampai depresi dan akhirnya meninggalkan istrinya untuk memulai usaha baru beserta ibunya, AVL, yang tak lain adalah nenek dari Nathaniel.


Mengingat Nathaniel meninggal masih dalam keadaan bayi, artinya ia masih suci dan belum ada dosa. Ia pun  menjadi malaikat yang kembali ke surga. Pada usia 7 tahun, ia dikirim kembali ke bumi dengan misi mengembalikan iman orang-orang yang mulai tersesat dalam kegelapan dan kejahatan.

nathaniel and his friend abi
Nathaniel dan rekan kecilnya, Abi dalam sebuah adegan (sumber)

Di sebuah desa bernama Bayan ng Laging Saklolo, Nathaniel ditemukan oleh sebuah keluarga bernama Bartolome. Karena merasa kasihan, mereka pun mengadopsinya. Di keluarga ini juga ada Rachel, yang merupakan  ibu kandung dari Nathaniel.

Namun, mereka tak menyadari kalau saling berhubungan darah. Saat tinggal bersama mereka, Nathaniel banyak menolong orang-orang  di sekitarnya, mulai dari menyembuhkan penyakit hingga membantu ketika tetangganya kesusahan. Nathaniel juga sering mengajarkan kebaikan dan mengingatkan orang-orang yang berbuat tidak baik.

Pada suatu hari, ia sering dikejar-kejar oleh sosok hitam yang terus ingin membunuhnya. Ternyata, sosok tersebut merupakan suruhan dari sosok jahat bernama Tagasundo. Sosok ini juga yang terus membuat orang-orang di desanya banyak yang menyimpang dari ajaran agama. Mulai mencuri, membunuh, hingga banyak yang tak lagi menjalankan ajaran agamanya.


Untuk melawan sosok tersebut, Nathaniel dibantu oleh tiga sosok malaikat (Archangel) yang bernama Armen, Josiah, dan Eldon. Mereka bertiga sering bertempur melawan Tagasundo dan para suruhannya, terutama ketika akan menyakiti Nathaniel. Lambat laun, sang ibu, Rachel menyadari kalau Nathaniel adalah anaknya. Ia sangat was-was akan kehilangan lagi putra kesayangannya.

archangel Armen, Josiah, dan Eldon
Ketiga malaikat yang membantu Nathaniel

Walau mendapat banyak rintangan, Nathaniel terus menjalankan misinya. Hingga ia akhirnya bertemu dengan ayah dan neneknya yang berencana membangun pusat hiburan di desanya. Pusat hiburan ini akan menjadikan warga desa semakin hilang mata batinnya. Meski ada juga warga desa yang menetang, proyek terus dilaksanakan.

Sang ayah, Paul sangat bersikeras membangun proyek tersebut lantaran hatinya sudah dimasuki oleh sosok jahat tadi. Kadang kala, ia sering melakukan tindakan berbahaya sepreti mengonsumsi minuman keras sambil menyetir mobil. Acapkali, ia juga bertemu dengan Nathaniel yang memberinya wejangan namun tak ia indahkan. Malahan, ia semakin ingat dengan kematian anaknya dulu.

Kondisi Paul semakin tertekan ketika sang ibu, AVL meninggal. Ia seperti orang yang kesurupan dan sering kacau. Sebenarnya, ia merasa kalau hati dan pikirannya sedang tidak beres. Nah di penghujung episode, diceritakan Paul akhirnya sadar kalau perbuatannya salah. Ia mengetahui dirinya telah dirasuki roh jahat tadi.

Ia pun sangat marah. Sang roh jahat juga sudah tak bisa lagi mempengaruhi orang-orang di desa tersebut lantaran telah diusir oleh ketiga malaikat tadi. Maka, Paul menjadi pelampiasannya. Roh jahat tersebut menjadikan Paul bulan-bulanan dengan tujuan akhir membunuhnya.

nathaniel win award
Serial ini mendapat penghargaan dari salah satu media Filipina (sumber)

Ketika Paul sudah sangat kepayahan, Rachel pun muncul. Mereka saling bertemu kembali. Rachel sangat khawatir dengan kondisi Paul yang sudah banyak mengalami luka. Di saat roh jahat tersebut akan menghabisi Paul, Nathaniel pun datang. ia melawan sang roh jahat tersebut sendirian.

Karena ia masih kecil, sang roh jahat pun bisa dengan mudah menghabisinya. Di tengah kondisi tersebut, Rachel mengatakan bahwa sebenarnya Nathaniel adalah anak mereka yang dulu sudah meninggal.

Paul pun menjadi khawatir apalagi melihat Nathaniel juga terluka parah. Untunglah, bala bantuan dari langit datang. Para malaikat bisa mengalahkan roh jahat tadi. Nathaniel yang sudah luka parah akhirnya pingsan.

Kedua orang tuanya kemudian membawanya ke sebuah gereja dan mendoakan kesembuhannya. Setelah sadar, ia akhirnya berpamitan untuk kembali ke alamnya karena misinya sudah selesai. Lagi-lagi, adegan haru biru khas serial Filipina tersaji di sini.

nathaniel, father, and mother
Nathaniel beserta ayah dan ibunya

Kisah Nathaniel ini meski mengandung fantasi dan beberapa pengajaran agama yang bukan saya anut, namun menyimpan beberapa pelajaran. Salah satunya adalah pengajaran untuk berbuat baik dan taat kepada ajaran agama, meski hal itu remeh. Semisal ada adegan ketika Nathaniel mengingatkan orang yang sedang makan tidak berdoa dahulu dan menggunakan tangan kiri.

Hal ini selain tak baik, juga memungkinkan roh jahat bisa masuk. Kalau di agama saya, perbuatan tersebut juga sangat disenangi setan. Beberapa pengajaran lain seperti tetap teguh pada ajaran Tuhan juga tampak di serial ini. Kita tak boleh terlalu larut dalam kesedihan karena hal itu justru membuat jiwa kita mudah dibisiki oleh hal-hal yang tidak baik.


Itulah sedikit kisah mengenai Nathaniel sang malaikat kecil dari Filipina. Tertarik untuk melihat?

Pemeran :
  • Marco Masa sebagai Nathaniel
  • Gerald Anderson sebagai Paul (ayah Nathaniel)
  • Shaina Magdayao sebagai Rachel (ibu Nathaniel)
  • Coney Reyes sebagai Angela "AVL" Villanueva-Laxamana (nenek Nathaniel)
  • Yesha Camile as Abigail "Abi" Bartolome
  • Sam Milby sebagai Archangel Armen
  • Rayver Cruz sebagai Archangel Josiah
  • Enchong Dee sebagai Archangel Eldon
Sumber : Wikipedia.
Sumber Gambar: ABS-CBN

21 Comments

  1. film yg bermanfaat,ngajarin kebaikan nih.. nah kirain dr indonesia, filipina ya ternyata,mantep..

    ReplyDelete
  2. Kita ambil sisi baiknya dari kisah Nathaniel ini, sebab setiap agama pasti mengajarkan kebaikan.. Seperti cerita tentang makan dengan tangan kiri dan makan tidak berdoa terlebih dahulu, selain tidak baik juga bisa menyebabkan ada roh jahat masuk, bisa kita terima dengan baik. Ini bisa dianggap hal remeh tapi dampaknya cukup besar bagi kehidupan kita.

    ReplyDelete
  3. He eH,imaginatif banget filmnya... mirip2 reinkarnasi ya. Bahasa asli dan tanpa Subtittle... bingung klo aku pasti nontonnya..hi..hi

    ReplyDelete
  4. Oooh...orang Filipina toh. Kirain orang Indonesia. Suka lihat iklannya meski sering komen, "Ngasih nama kucing Meong banget" :D

    ReplyDelete
  5. baru tau ni kisah nathaniel, inspirasif juga

    ReplyDelete
  6. TV ku pakai parabola tapi kayake juga ngga nyangkut ke channel tv Filipina mas. Haha
    Oiya, tak kira itu yang jadi bintang iklan anak Indonesia e...ternyata, produk luar negeri XD

    Walaupun beda agama sama agama kita, setidaknya ada nilai positif yang bisa kita ambil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya dong mas, pakai pemutar parabola, sama ngunci lyncsatnya
      kapan2 aku tulis deh hehe
      iya ambil positifnya aja ya

      Delete
  7. Ceritanya sangat menarik, sayang 115 eps. Mending sy nonton dorama rata2 cmn 10 eps :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sing penting ada endinnya mas
      gak seperti sinetron Indonesia hehe

      Delete
  8. Wah, jadi pengen nonton. Eh, tapi ternyata film Filipina banyak yang bagus. :D

    ReplyDelete
  9. saya baru tau ada pilem beginian mas hihi

    ReplyDelete
  10. Banyak nilai positif yang dibagikan dalam film ini. Bagus sekali:)

    ReplyDelete
  11. Sepertinya seru neh, belom nonton. Download ah

    ReplyDelete
  12. tak sangka ini film... rupanya serial.. banyak yah episodenya.. hahaha

    ReplyDelete
Next Post Previous Post