5 Tips Asyik Belajar UN dan SBMPTN

Hai teman-teman, bagaimana kabarnya? 

Ilustrasi : (Sumber)

Aduh lama gak ketemu ya. Iya nih, beberapa waktu terakhir saya lagi sibuk-sibuknya. Minggu-minggu ini memang minggu sibuk ya karena saya lagi semangat menemani belajar adik-adik yang akan mengikuti UN alias Unas dan SBMPTN. Wah, pasti deg-degan nih karena UN dan SBMPTN semakin dekat. Apalagi, sekarang persaingan untuk masuk ke SBMPTN semakin ketat. Kalau tak disiapkan dengan mantap mulai jauh-jauh hari, maka rasa grogi akan muncul saat hari-H.

Nah, kadang banyak teman-teman yang bingung, bagaimana sih cara belajar UN dan SBMPTN yang asyik, mudah, dan menyenangkan? Apa harus intensif sampai lupa diri, lupa makan, dan lupa mantan? Eh, tak begitu juga kali. Meski sedang semangat belajar UN dan SBMPTN, tapi kita tak boleh lupa dengan kondisi sekitar. Menjaga kesehatan adalah hal utama dalam belajar UN dan SBMPTN. Yang juga penting, saat belajar menghadapi UN dan SBMPTN, jangan lupa berdoa kepada Tuhan ya dan minta restu pada orang tua.

Saya punya sedikit tips nih bagaimana bisa lulus UN dengan nilai yang baik dan tembus SBMPTN.

Pertama, fokuskan niat bahwa tujuan kita adalah untuk ibadah. Mencari ilmu itu ibadah kan. Jadi, ketika kita belajar menghadapi UN dan SBMPTN, maka niatkan kita untuk ibadah. Untuk bisa meraih kebaikan yang kita impikan dan tentunya menyenangkan hati orang tua, itulah hal yang harus kita tanampak. Ketika kita sudah punya niatan tersebut, Insya Allah kita akan dimudahkan. Mendapat nilai baik memang penting. Tapi, jangan lupa kalau kita terpaku hanya kepada itu maka kita akan terbebani. Dengan ikhlas beribadah, segala kesulitan ketika belajar UN dan SBMPTN akan bisa dimudahkan oleh Allah.

Kedua, cobalah fokus ketika guru menerangkan. Nah, kegiatan ini memang cukup sulit. Mungkin kita memang ditakdirkan oleh Tuhan termasuk tipe orang yang memiliki kesulitan untuk berkonsentrasi terhadap pelajaran. Ditambah lagi,  kita sering mendapatkan guru yang menurut kita tak jelas saat menerangkan materi. Rasa bosan pun melanda. Materi pelajaran tentang UN dan SBMPTN menjadi menguap begitu saja. 

Menurut beberapa penelitian, sebenarnya dengan konsentrasi belajar di kelas, kita sudah mendapat sekitar 60 hingga 70 persen materi yang sampai di otak kita. Artinya, alangkah lebih baik memahami materi UN dan SBMPTN ketika berada di kelas daripada menundanya untuk belajar sendiri di rumah. Memang, ada beberapa siswa yang lebih mantap jika belajar materi UN dan SBMPTN di rumah atau dengan guru les. Namun, dengan konsentrasi penuh saat menerima pelajaran di kelas, maka akan memudahkan kita dalam menghadapi UN dan SBMPTN. Bagaimana caranya agar tetap bisa fokus?

Menjauhi dari gangguan yang merusak konsentrasi semisal teman yang ramai bisa menjadi cara utama. Jangan melamun dan memikirkan hal-hal yang tak ada kaitannnya dengan pelajaran. Ketika ada pikiran itu, berdoalah dalam hati agar kita bisa fokus kembali kepada materi pelajaran UN dan SBMPTN. Carilah materi yang dirasa sulit. Artinya sebelum memasuki pelajaran tersebut, membaca di rumah pada hari sebelumnya sangat dianjurkan. Kita bisa bertanya dengan sang guru jika belum jelas. Jika kita aktif bertanya, interaksi dengan guru akan kita dapatkan dan semangat kita dalam menghadapi UN dan SBMPTN semakin besar.

Ketiga, tanamkan sikap optimis dalam diri kita. Kalau kita optimis, maka segalanya akan mudah. Ada kalanya, rasa gundah karena tak menguasai materi UN dan SBMPTN menjadi momok tersendiri. Hal ini malah menjadi bumerang bagi kita. Percayalah jika kita melakukan hal yang baik serta  diiringi dengan doa yang istiqomah, hasil UN  serta SBMPTN yang maksimal akan dapat kita raih.

Optimis yuk! (Ilustrasi)
Keempat, carilah tutor sebaya. Tutor sebaya adalah teman seumuran yang bisa dijadikan media belajar. Ketika belajar UN dan SBMPTN, saling memberi ulasan tentang materi antar teman bisa jadi pilihan. Terkadang, ada siswa yang lebih mantap jika belajar UN dan SBMPTN dengan rekannya sendiri. Mereka akan lebih enjoy dan lebih mudah menerima materi pelajaran yang menurut mereka kesulitan. Namun, pilihlah teman yang memang serius dalam belajar UN dan SBMPTN. Kalau tak serius, nanti malah sibuk membuat vlog dan lupa belajar UN serta SBMPTN. Betul?

Kelima, buatlah ringkasan tentang materi UN dan SBMPTN. Membuat ringkasan materi akan lebih memudahkan kita dalam memaham materi tersebut daripada membaca materi panjang dan  berulang. Ketika membaca ringkasan materi UN dan SBMPTN, maka kita akan melakukan mind mapping di dalam otak sehingga lebih mudah berkonsentrasi. Esensi materi dalam ringkasan yang telah dibuat akan menjadi lebih jelas. Secara visual, kita akan lebih tertarik dan jelas untuk memahami urutan informasi yang ada di dalamnya. Hubungan antar ide pun menjadi lebih mudah untuk dipahami. Selain itu, dengan membuat ringkasan belajar materi UN dan SBMPTN, maka kita akan semakin yakin dengan kemampuan kita. Hebat kan?

Nah, selain membuat ringkasan materi, kalian juga bisa melihat ringkasan tersebut melalui Youtube. Ada sebuah channel bernama Unacademy . Melalui channel ini, kita bisa melihat ringkasan materi yang dijelaskan secara gamblang dan mudah dipahami oleh para pengajar di bidangnya. Ada Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Sejarah, Sosiologi, Geografi, dan masih banyak lainnya.Ada pula trik-trik bagaimana mengerjakan Tes Potensi Akademik (TPA) dengan mudah.

Yang asyik, materi di Unacademy disajikan tiap bab singkat. Jadi, kita tak akan bosan untuk melihat video panjang. Kita bisa memilih materi UN dan SBMPTN mana yang masih belum dikuasi. Menonton secara berulang dan fokus akan memudahkan kita dalam memahami materi UN dan SBMPTN tersebut. Dengan durasi video yang singkat, bagi adik-adik yang hemat kuota dijamin tak akan membuat boros. 


Oh ya, di Unacademy ini ada juga latihan soal yang disesuaikan dengan kisi-kisi UN dan SBMPTN. Jadi, kita bisa belajar soal-soal yang akan keluar di ujian nanti. Nah tunggu apa lagi, yuk kita semangat giatkan belajar UN dan SBMPTN demi cita-cita dan kesuksesan kita semua.

Semangat!!!!!   

31 comments:

  1. Semangat! untuk masa depan yang lebih baik.... go go go...

    ReplyDelete
  2. Semangat adek adek yang sebentar lagi mau un
    Yakinlah kalian semua lulus
    Amin

    ReplyDelete
  3. aku pernah gagal sbmptn. belajar emang tugas yang paling mudah daripada bekerja. heheehe
    walaupun saya gak lolos sbmptn saya msh terus belajar..

    ReplyDelete
  4. wah pas banget ini. makasih trik nya cak.. semoga bisa lolos dengan hasil memuaskan

    ReplyDelete
  5. Tips No 5 emank fungsi bngat, pas kuliah juga selalu buat resume dan catatan tiap mata kuliah, karena klo baca buku terlalu banyak

    ReplyDelete
  6. Mas Ikrom, kapan-kapan saya japri ya,, Lagi butuh nanya-nanya dengan guru yang berpengalaman nih.. trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sila add medsos saya mbak, ada beberapa pilihan
      saya belum berpengalaman mbak, tapi insha allah saya bantu sebisanya
      sama2 terimakasih kembali

      Delete
  7. Ringkasan ini sangatlah penting. Jangan sampai saat mendekati un membaca materi yang begitu tebal dan panjang. Lelahlah otak ini.

    ReplyDelete
  8. intinya belajar itu hrs menyenangkan ya

    ReplyDelete
  9. Waiya, dlu pas zaman SMA aku seneng bgt bikin ringkasan materi. Biar belajarnya nggak mesti buka2 buku lagi, habis bikin ringkasan aku tempel di tembok, smpe tembok kamarnya penuh dg tempelan kertas, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk itu berguna banget loh mbak malah tambah nancep

      Delete
  10. Senangnya hari gini UN dan SBMPTN ya..sudah ada media yang keren buat belajar. Jadi bikin enggak bosan. Semoga juga makin semangat siswanya :)

    ReplyDelete
  11. wah betul itu, UN dan SBMPTN musti dipersiapkan dengan matang... Saya pernah ngalami persiapan kayak gini, meski gak lolos SBMPTN. Btw SBMPTN itu sama kayak UMPTN dulu nggak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah yg penting masih semangat ya mas
      iya dulu namanya UMPTN

      Delete
  12. memang loh memperhatikan guru saat belajar itu memudahkan menyerap informasi makanya kalau belajar harus konsentrasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat mbak, sayang ya kadang jarang siswa yang memperhatikan.

      Delete
  13. Wah, kita sama-sama sibuk ya mas, sehingga jarang blogwalking.. BTW infonya keren bisa menambah semangat belajar nih... Semoga bisa membantu para siswa dalam menfghadapi UN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mang tapi semangat ngeblog terus ya
      trims kembali semoga saja..

      Delete
  14. Aku taunya UMPTN jadoel banget yak hahaha..ya pokoknya semua memang harus dilalui. Yang penting sudah berusaha sekuat tenaga, berdoa, mudah2an adik2 kita lulus dengan nilai sangat baik dan diterima di PTN atau PTS terbaik untuk mereka aamiin.

    ReplyDelete
  15. Udah pernah UN dan SBMPTN. Wkwkwkw

    Tips dari gue, kalem aja lalu fokus. HAHAHAHA

    Semnangat yang mau UN n SBMPTN. YOOOOOO

    ReplyDelete
  16. Wah, baru baca ini. Peran guru juga penting. Kalau guru di bimbel nggak cocok, anaknya nggak mood. Eh gimana ini? Anaknya yang nyari bimbel eh dia yang komplain juga.

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.