8 Lagu Girlband/Idol Grup yang Jadi Playlist Kala Kuliah

Kuliah adalah masa ketika saya mendapat tantangan tugas yang entah kapan berakhirnya.

Ilustrasi. - Devian Art
Maka, sebagai kaum muda yang sedang labil, saya butuh semangat untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Nah, suntikan semangat ini kebanyakan berasal dari lagu-lagu girlband atau idol grup. Harap dimaklumi, saya adalah laki-laki. Ya, iyalah. Laki-laki yang menempuh kuliah di saat booming girlband/idol grup. Ketika mereka begitu banyak mendominasi layar kaca, radio, ataupun rental internet tempat saya mencari tugas. Diantara sekian banyak lagu girlbind/idol grup, ada 8 lagu yang begitu mencuri perhatian saya dan menjadi lagu wajib tatkala mengerjakan tugas. Apa saja lagu itu?

Honey Bunny Sweety – String (Semester 1)

Kalau anda melihat video lagu ini, pasti anda akan melihat komentar berupa : Lagu ini terdiri dari 5% nyanyian dan 95% desahan. Komentar yang, ya ada benarnya juga. Walau terlihat vulgar, entah kenapa saya suka lagu ini dan terus saya putar ketika mengerjakan tugas di semester 1.

Bermula dari mas-mas penjaga rental yang memutar lagu ini hingga 15 kali di saat saya mencari bahan, akhirnya saya tertarik. Lalu saya mencari lagu ini di 4 shared dan mengunduhnya. Memasukkan di dalam ponsel symbian, lagu ini akhirnya menjadi lagu yang terus saya putar.

Jika jujur, saya tak mendapat banyak hal dari lagu ini. Mencermati liriknya, saya hanya menangkap ajakan seorang wanita terhadap seorang pria. Untuk apa? Ah sudahlah, yang jelas saya kok suka dengan hentakan lagu ini, terutama ketika bagian refferen.

Abracadabra – Brown Eyed Girl (Semester 2)

Kalau tak salah, semester 2 adalah kala penetrasi Boyband dan Girlbind dari Korea Selatan mulai tampak. Satu rekan wanita saya terkena wabah ini terleboh dahulu. Ia sangat mengidolakan girl band Brown Eyed Girl (BEG) yang digawangi oleh  JeAMiryoNarsha, dan Gain.
Sambil menyedekapkan tangan dan berlenggak-lenggok serta memutar kepala, ia beraksi tatkala jam kosong atau menunggu dosen datang. Gayanya yang kocak sungguh menggugah hati. Saya pun mnecoba minta lagu ini dan eh kok ketagihan. Akhirnya, lagu yang entah apa maksudnya ini menjadi lagu wajib di semester 2.

No Body – Wonder Girl (Semester 3)


Siapa yang tak tahu lagu ini? Saking terkenalnya, ada artin Indonesia yang men-cover lagu ini. Sama seperti dua lagu sebelumnya, awal mula saya tertarik lagu ini karena sering mendengar lagu ini dari teman dan warnet.

Entah karena hentakan atau pergantian cepat para personel dan gerakan khas tangan mereka, bagi saya lagu ini menambah spirit untuk mengerjakan tugas kuliah yang menumpuk.

Heart to Heart – 4 Minutes (Semester 4)


Nam Ji-hyun, Heo Ga-yoon, Jeon Ji-yoon, Kim Hyun-a, dan Kwon So-hyun adalah lima personel 4 Minutes, salah satu girl band yang sejenak menarik perhatian saya. Saya suka sekali dengan karakter suara mereka. Tapi yang paling saya suka, lagu-lagu mereka terdengar halus namun bersemangat.

Dan, lagu Heart to Heart ini menjadi lagu wajib kala duduk di semester 4. Jika pada lagu sebelumnya saya tertarik dari rekan dan warnet, kali ini acara TV lokal yang khusus menyiarkan lagu-lagu K-POP mengenalkan lagu ini pertama kalinya. Diputar setiap hari, saya jadi ketagihan untuk mendengarkannya.

Dreams Come True – 4 Minutes (Semester 5)



Girlband 4 Minutes kembali menarik perhatian saya melalui lagu Dreams Come True. Lagu ini merupakan soundtrack dari drama Korea, Master of Study. Karena saya mengikuti cerita tentang 5 anak SMA yang mengikuti kelas eksklusif ini, saya jadi mencari lagu soundtracknya.

Penggugah semangat, itulah kalimat yang pas bagi lagu ini. Ketika saya mendengarkannya, rasa lelah, bosan, dan penat yang melanda akibat reaksi panjang yang harus saya pahami tiap hari seakan sirna. Kembali berpacu setelah mendengar alunan nada para personil 4 Minutes. Lagu ini membuka pikiran saya, kalau para tokoh di drama itu bisa, kenapa saya tidak?

Gomen Ne Summer – SKE48 (Semester 6)





Semester 6 adalah kali perdana saya menyandang status sebagai WOTA. Menggilai 48 Family, semacam AKB48, SKE48, NMB48, JKT48 dan 48-48 lain. Bukan Heavy Rotation, namun lagu ini adalah lagu yang saya suka.

Dan, lagi-lagi saya mendapat lagu ini dari mas-mas penjaga warnet. Karena belum familar, saya memberanikan diri menanyakan judul lagu ini. Dengan senang hati, mas-mas warnet malah memberi saya file lagu ini. Sungguh, mulia sekali hatinya.

Saya senang dengan konsep lagu ini yang menyiratkan semangat pantang menyerah. Sama seperti video klip lagu ini, di semester ini saya benar-benar harus berlari hingga berkeringat untuk mengerjakan tugas, memfotokopi, dan segala hal lain. Keringat yang keluar dari badan rasanya adalah perjuangan yang sangat mengarukan.

Aw Aw Aw – Supergirlies (Semester 7)




Saya tiba pada tahun terakhir perkuliahan. Segala hal bercampur jadi satu. Meyakinkan pada diri untuk berjuang hingga titik darah pengahbisan adalah salah satu cara. Lagu salah satu girlband Indonesia ini menjadi lagu wajib saya di semester ini.
Mengingatkan tentang mimpi terpendam agar menjadi nyata. Ya, itulah makna dalam dari lagu ini. Musik yang menghentak membuat saya lebih dari semangat untuk menysun proposal penelitan. Berharap berakhir indah, saya harus tetap ceria dan yakin bisa mengalahkan dunia. Benar-benar meresap sekali lagu ini di dalam diri saya.


Aitakatta – JKT48 (Semester 8)



Penelitian pun akhirnya saya lakukan. Bab demi bab saya konsultasikan dengan dosen pembimbing. Di tengah proses itu, saya kembali sering merasa capek. Tapi, lagu JKT 48 ini membuat saya sadar. Saya kurang cepat mengayuh sepeda saya. Saya kurang semangat dalam menyelesaikan skripsi.
Kenapa saya menyerah kalau ini adalah pilihan yang saya suka? Maka, kembali bersemangat dan melahap jurnal demi jurnal, bergadang untuk melakukan hitungan komputasi beberapa mekanisme rekasi, saya bisa menyelesaikan perkuliahan tepat waktu. Lagu ini terus berulang saya dengar. Walau saya masih mengambang akan bekerja apa atau kuliah lagi selepas lulus, namun semangat saya sungguh berapi-api. Jadi, tak ada alasan untuk tidak mengucapkan terimakasih kepada JKT 48. Kalian memang juara.

Itulah delapan lagu girl band/idol grup yang menjadi teman sekaligus penyemangat. Di tengah segala kontroversinya, lagu-lagu mereka harus diakui menjadi bagian dari perjalanan hidup saya.

8 comments:

  1. Dari ke 8 lagu yang jadi playlist mas Ikrom, hanya abracadabra yang pernah kudengar 😁
    Beatnya bagus soalnya, jadi aku suka.

    ReplyDelete
  2. Yang sering saya dengar hanya No Body Wonder Girls. Itupun setelah dicover baru tahu lagunya, heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ini booming banget di sini dulu

      Delete
  3. Lagu emang ajaib ya mas, bisa mempengaruhi pendengarnya, bisa bikin semangat, sedih, nangis, joged2 gak jelas (ini lagu apa pacar, apa dukun...)
    He...he... Saya juga suka terpengaruh sama lagu, dan salah satu korban tertular temen yang suka boy/girl band korea
    Salam kenal blogger mas ikrom😊

    ReplyDelete
  4. Abrakadabra nobody 😍 ga pernah absen nemenin nggarap skripsi

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.