Rencana Kerja Ngeblog Periode 2020-2025



Halah, judulnya seperti RKJM sebuah organisasi saja, heuheu.

Tapi memang saya mengevaluasi sedikit kegiatan ngeblog selama beberapa waktu terakhir. Yah sebagai bahan renungan saja. Alhamdulillah Puji Tuhan, selama awal pandemi covid-19 merebak, ada kenaikan cukup signifikan, baik dari statistik blog maupun isi postingan yang saya unggah.

Saya memang bodo amat jika harus mengurusi DA, PA, dan kawan-kawan. Tetapi, ketika ada kemajuan yang cukup pesat dari jumlah kunjungan blog yang termuat dalam laporan Google Analytic, setidaknya saya senang. Udah begitu saja.

Makanya, saya ingin menyusun apa yang ingin saya lakukan pada blog saya, baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang.

Rencana jangka pendek (2020)

Tak banyak hal yang lakukan untuk blog ini pada penghabisan tahun 2020. Lantaran tak banyak kegiatan di luar rumah yang saya lakukan, praktis meet up dengan mentor blog saya, seorang ahli SEO yang berada di Kota Pasuruan menjadi terhenti. Biasanya kami bertemu di Surabaya untuk mengurusi blog latihan soal dan beberapa blog ternakan lain yang mendulang Adsense.

Baca juga: Enam Cara Menghasilkan Uang di Kompasiana

Nah, makanya saya kembali menjadi single fighter dan mencoba memperbaiki blog ini sebisa saya. Mulai memperbaiki artikel lama, mengurangi bagian blog yang membuat lemot, menghapus broken link, dan sebagainya. Pokoknya yang mudah-mudah saja.

Nantinya, saat saya memutuskan bertemu dengan rekan saya nanti, maka beberapa program lain akan mulai kami lakukan bersama lagi. Sementara ini, let it flow dulu menulis apa yang saya ingin tulis sambil blogwalking ke blog teman-teman yang asyik-asyik.

Rencana jangka menengah (2021-2023)

Jika tahun mulai berganti, saya mulai akan serius menggarap blog ini. Pertama, saya mungkin akan bermigrasi dari blogspot ke wordpress. Alasannya, saya lebih ingin blog ini tertata rapi. Blogspot sebenarnya bagus karena bagi saya lebih simpel. Tetapi, ada beberapa pertimbangan yang membuat saya ingin beralih ke wordpress yakni banyaknya tools yang bisa saya utak-atik.

Ini juga demi kenaikan kemampuan saya dalam hal teknis ngeblog. Jadi, saya ingin tidak hanya mahir dalam menulis saja tetapi juga ingin mengutak-atik lebih dalam lagi. Namun, tentu saya butuh bantuan rekan saya tadi agar tidak terjadi kesalahan pada blog saya. Kan pusing kalau ada yang hilang saat migrasi lantaran saya utak-atik sendiri.

Selain itu, saya akan mencoba fokus pada beberapa sub-niche yang saya gemari. Tidak hanya trafik tetapi saya ingin orang lebih ingat tentang blog saya yang mengupas sesuatu. Makanya, saya akan lebih berfokus pada 4 hal, yakni kontes kecantikan, sejarah (termasuk misteri), jalan-jalan, dan kimia.

Baca juga: Investasi Sederhana dari Sebuah Blog

Ada yang bertanya kenapa sih saya gemar menulis kontes kecantikan. Kok rasanya sia-sia dan mubazir. Eh jangan salah. Trafik tulisan kontes kecantikan malah cukup mendapat banyak trafik dan cepat menjadi nomor 1 di Google. Alasanya ya jarang yang menulis dan banyak yang mencari. Apalagi sekarang banyak kontes yang ditunda. Jadi, para pageant lover akan mencari informasi di dunia maya. Dan ceruk itulah yang saya ambil demi Adsense, hehehehe.

Program jangka menengah saya juga lebih serius berkomunitas ngeblog. Biasanya saya tuh angin-anginan. Kalau cocok ikut perkumpulan ya lanjut tapi kadang di tengah-tengah malas dan mau keluar. Tapi Alhamdulillah, saya menemukan Komunitas ISB yang keren abis. Saya engga bosan karena banyak aktivitas menarik di sana yang tak hanya seputar ngeblog. Saya jadi tahu banyak informasi menarikd ari kelas sharing yang diadakan. Jadi, bagi para blogger yang belum bergabung bolehlah bergabung.

Rencana jangka panjang (2024-2025)

Lantaran saya mulai tertarik berkomunitas, rasanya kok ingin membuat komunitas blog baru tapi isinya anak-anak sekolah. Anak-anak SD sampai SMA. Senang saja sih mengalihkan kegiatan mereka dari main gim tanpa ampun menjadi menulis.

Ini saya coba ke beberapa murid les saya, terutama anak-anak SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Saya minta mereka untuk menulis blog dan mengutak-atiknya. Beberapa diantaranya cukup antusias. Makanya, saya ingin sekali membentuk komunitas blog yang isinya khusus anak sekolah, mulai SD sampai SMA. Lucu juga kalau nanti banyak anak SD yang tertarik ngeblog sejak dini. Minimal mereka menulis tugas dari guru mereka di blog dan berani membagikannya kepada banyak orang.

Baca juga: Menerapkan Teknik SEO yang Sesuai dengan Idealisme Ngeblog

Dengan komunitas itu, saya ingin membuka mata orang-orang sekitar bahwa ngeblog itu bukan kegiatan unfaedah. Yang sering saya dapatkan dan mendapat cibiran sebagai kegiatan yang pengangguran. Ketika anak-anak sudah mulai tertarik ngeblog, terutama di sekitar saya, rasanya saya juga ingin mengadakan lomba blog kecil-kecilan. Yah meski hadiahnya tidak terlalu banyak tetapi lumayan bisa jadi motivasi dan semangat mereka.

Mungkin itu saja rencana kerja ngeblog saya selama 5 tahun ke depan. Kalau masalah job placement dan sebagainya, saya tidak ngoyo. Ditawari ya Alhamdulillah tidak ya tidak apa-apa. Masalah lomba blog juga demikian. Kemarin alhamdulillah sudah menang 3 lomba blog berturut-turut jadi ya kalau ada lomba yang sekiranya waktu saya longgar dan temanya pas ya saya ikut. Kalau enggak ya jadi penonton saja. Jadi, dibuat santai saja.

Lalu, apa rencana kerja ngeblog kalian? Apa mengalir begitu saja? Cerita yuk.

28 comments:

  1. Wahh hebat Om Ikrom udah sampe bikin rencana kerja blog segala. Keenan ajakin dong, biar dia gak ke Indomaret mulu -__-'

    ReplyDelete
  2. Wahhh baguss ada perencanaan yang baik untuk blognya baik masa kini ataupun masa yang akan datang, menarik sih supaya blog bisa lebih tertata dan bisa terlihat perkembangannya dari tahun ke tahun.

    Oh iya, terkait migrasi blog dari blogspot ke wordpress kalau berhasil jangan lupa bagi-bagi caranya mas hhe.. Apalagi kalau bisa sampe ngangkut komen-komen blog kedalam wordpress itu juga hhi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu mas yang saya takutkan
      kata teman saya dulu gitu
      makanya saya engga mau terburu buru

      Delete
  3. Rencananya sangat detail mas Ikrom, saya jadi berpikir rencana saya untuk blog ke depannya bagaimana 😂 selama ini saya nggak pernah ada rencana spesifik soalnya. Jadi nggak ada bayangan 5 tahun ke depan akan seperti apa. Semoga sih harapannya bisa tetap menulis dan nggak berhenti di tengah jalan 🤭

    Semangat untuk mas Ikrom, semoga lancar 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. rencana pendek saya juga gitu mbak
      dubuat let it flow aja

      Delete
  4. Bagus deh idenya mas ikrom. Saya juga ikutan senang kalau anak-anak sekolah pada suka ngeblog. Biar blog makin jaya😁
    Kalau saya belum bikin rencana jangka panjang mas. Baru tahun ini aja, berharap konsisten nulisnya. Nggak bolong-bolong kayak beberapa bulan lalu. Tapi semoga ke depannya juga tetep semangat ngeblog.
    Semoga rencananya berhasil ya mas ikrom😁💪

    ReplyDelete
  5. Sempet ada kepikiran juga buat migrasi ke wordpress, tapi kayanya nggk perlu secara saya nggk suka utek2 web.. Kalau saya tipe semisal ada template yg bagus sama cocok langsung tak pakenya. kalau untuk rencana kedepan, hahaha nggk tau.. Nulis aja seperti biasa kayanya.. heheh

    ReplyDelete
  6. Apik mas rencananya... Semoga bisa terealisasi.

    Rencana yang bagus mas untuk pindah ke Wordpress, cuma banyak kerepotannya. Belakangan ini justru saya menghapus banyak sekali plugin dan berganti template karena kebetulan Google mulai memperhatikan kecepatan loading. Kalau kebanyakan pakai plugin malah hasilnya lemot jalannya.

    Saya saran yang pertama adalah pilih template yang benar-benar ringan mas.. Dengan begitu langkah awal lebih ringan dibandingkan milih yang bagus tampilan tapi berat

    Jadi, biar memang menguntungkan, saya pikir harus juga berhati-hati dalam hal kecepatan loadingnya mas nanti di WP karena kemampuan servernya jelas di bawah server Blogspot

    Soal tahun 2020, saya juga melakukan hal yang sama. Koreksi semua yang sudah ada sambil menanti badai usai. Perlahan satu persatu tulisan saya amati dan saya perbaiki baik kesalahan ketik, data yang sudah tidak update, sampai layoutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin YRA
      saya mikirnya gitu juga pak
      engga mudah ya ternyata
      makanya saya masih meraba raba gimana biar saya enak pembaca enak dan google juga enak hehe

      kalau 2020 saya juga yg bisa bisa aja

      makasih sarannya pak

      Delete
  7. Dakupun begitu. Mencoba merapikan label dari ratusan tulisan kok ternyata pegel juga ya :D

    tapiiii bikin grup isi anak sekolah oke juga tuh. Biar mereka terbiasa nulis dari dini.

    ReplyDelete
  8. Wah pantas saja tulisan berkaitan dengan kecantikan banyak diminati para penulis

    ReplyDelete
  9. tiada apa2 rencana pun, mas... sekadar mahu menulis dan menulis dan menulis seperti biasa tanpa sebarang halangan... haha

    ReplyDelete
  10. luar biasa planningnya mas ikrom
    aku juga berpikir kalo bisa nggak hanya nulis aja tapi juga memahami "bagian dalam" dari blog blog ini alias soal teknisnya, selama ini googling saja dan memang kadang ya dipecahkan sendiri, kalo punya temen yang kayak temen mas ikrom itu enak, bisa diajak sharing, minta bantuan buat utek utek coding
    soal migrasi awalnya ga kepikiran, banyak temen2 wag yg ngeracun, tapi masih blum "niat" kayaknya akunya
    kalo akun wp punya karena cuman buat komen ke temen2 yang blognya pakai wp saja

    seru tuh mas bikin komunitas blogger khusus pelajar, sekarang pelajar beberapa memang ada yang ngeblog, mungkin kalo ada wadahnya biar lebih terorganisir

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sama mbak takut aja blog tiba tiba acak adut terus ga bisa mbenerin kan engga asyik ya
      jadi tanya ke ahlinya saja hehe

      iya smeoga bisa kesampaian ya

      Delete
  11. Kok aku baca rencana ngblogmu bikin semangatku ikutan meletup2 ya mas. Ahaha
    Apakah sudah saatnya aku juga menyusun rencana kerja blogku untuk 5 tahun mendatang. Ahaha
    Menarik deh komunitas blogger jenjang SMA yaa, di tempatku pun meski tinggal di plosok sering pd nanyain gmn caranya punya blog dll. Jd kepikiran buat bikin kelas sm mereka nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha makasih mba ella juga bikin semangat apalagi desain grafisnya wuwuwuww

      iya ayo kita buat mbak pankapan

      Delete
  12. Resolusi ngeblognya keren mas, memang harusnya blogger punya rencana jangka panjang ke depannya biar tetap semangat ngeblog, btw punya temen ahli SEO itu bonus dalam ngeblog karena hari gini mau belajar Seo aja kadang kudu bayar lebih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya makanya mbak harus step by step biar bisa maksimal ya

      Delete
    2. Semoga rejeki kita dalam bidang ngeblog selalu lancar ya, Kak. Kalau aku kenal blog untuk pertama kalinya itu jaman kelas 10 SMK di tahun 2011. Tapi setelah itu nggak pernah ngeblog lagi. Dan baru akhir tahun 2016 mulai ngeblog lagi.

      Delete
  13. bener mas, aku juga ngerasa kita mendingan fokus ngakeh2ke postingan sik kita seneng nulise, jarang ada saingane, dan topike bener2 kita dalami, niscaya bakal tembus pageone google yekan # aye ayeeee,

    beberapa topik juga uda aku coba n berhasil hihi...dan bener, dirimu bab khusus ngulas pageant, sejarah, peristiwa, budaya karena nulise menarik yo ga heran nek whort it untuk tembus mesin pencari :D

    eh keren banget gawe pula grup blogger anak sd sampe sekolah kejuruan, saluuut aku... pasti seru bangetbmas, apalagi kan ntar nulise punya karakter dewe dewe, tapi lebih terarah ke apa yang saat ini sering mereka pelajari di sekolah, menarik :D

    ReplyDelete

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.