Cara Naik Teman Bus Batik Solo Trans Gratis dari Dalam Bandara Adi Soemarmo Solo

naik batik solo trans gratis dari dalam bandara adi soemarmo
Teman Bus BST masuk Bandara Adi Soemarmo

Bandara Adi Soemarmo Solo merupakan salah satu bandara penting di Jawa Tengah.

Meski dikenal sebagai bandara Solo, bandara ini terletak di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah yang jaraknya sekitar 14 km dari pusat Kota Surakarta. Setiap harinya bandara ini melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang dari berbagai daerah di Indonesia.

Keberangkatan paling banyak adalah menuju Jakarta. Beberapa maskapai penerbangan melayani keberangkatan penumpang menuju ibukota. Diantaranya adalah Batik Air, Citilink, dan Garuda Indonesia. Selain Jakarta, Bandara Adi Soemarmo juga melayani keberangkatan penumpang pesawat terbang menuju Denpasar yang dilayani oleh maskapai Wings Air.

Banyak Tujuan Penerbangan dari Bandara Adi Soemarmo

Tujuan penerbangan dari Bandara Adi Soemarmo juga menuju kota-kota di Pulau Kalimantan. Diantaranya adalah Banjarmasin dan Pontianak. Penerbangan ini dilayani oleh maskapai NAM Air. Selain menuju Kalimantan, maskapai NAM Air juga melayani penerbangan menuju Tanjung Pinang.

Baca juga: Pengalaman, Tata Cara Naik Feeder Trans Semarang

Bandara Adi Soemarmo Solo juga melayani penerbangan menuju Indonesia Timur. Beberapa kota di Indonesia Timur yang bisa dijangkau dari bandara ini antara lain Makassar dan Timika, Papua. Maskapai Airfast melayani rute Indonesia Timur dari bandara ini. 


Pada musim haji, Bandara Adi Soemarmo juga menjadi embarkasi atau tempat pemberangkatan jamaah haji menuju Jeddah. Sebelum diberangkatkan, para jamaah haji biasanya menginap dahulu di asrama haji yang tak jauh dari bandara.

Mengingat banyaknya penerbangan dari dan menuju Bandara Adi Soemarmo, maka transportasi menuju dan dari bandara ini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Jika calon penumpang memiliki mobil sendiri, tentu tidak masalah. Keluarga calon penumpang bisa mengantarkan mereka sampai area bandara atau menjemput mereka di sekitar Terminal Kedatangan.

Namun, bagia calon penumpang terutama dari luat kota yang akan menuju bandara atau baru turun dari pesawat, maka adanya transportasi lanjutan menjadi penting. Mereka butuh cepat sampai bandara atau meninggalkan bandara dengan segera.

Beberapa Cara Menuju dan Keluar dari Bandara

Setidaknya, ada empat alternatif yang bisa digunakan untuk keluar atau menuju Bandara Adi Soemarmo. Cara pertama adalah memesan taksi yang sudah berjajar di sekitar pintu kedatangan bandara. Cara ini paling praktis dilakukan oleh para penumpang. Mereka tinggal mendatangi para sopir taksi atau bahkan mereka sudah dikerubungi oleh sopir taksi atau ojek pangkalan di area bandara.

Meski mudah, cara ini tentu membutuhkan biaya tak sedikit. Lantaran, sebagai angkutan konvensional biasanya mereka mematok tarif yang lebih mahal dibandingkan dengan angkutan online. Untuk angkutan online sendiri memang dilarang untuk masuk ke area bandara. Sama dengan peraturan di daerah lain.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Bisa Naik Feeder (Angkot) Batik Solo Trans ke Gua Maria Mojosongo

Cara kedua adalah dengan naik bus DAMRI. Bus DAMRI memang melayani angkutan umum dari dan menuju bandara. Caranya cukup mudah, penumpang hanya perlu memesan tiket bus DAMRI di konter yang berada di dalam bandara. Harga tiket Bus DAMRI dari Bandara Adi Soemarmo adalah 20.000 rupiah. Bus DAMRI ini akan berjalan menuju Terminal Tirtonadi. Jadi, sama dengan bus DAMRI di bandara lain yang berakhir di terminal bus.

Menaiki bus DAMRI jauh lebih murah dibandingkan naik taksi. Pelayanan DAMRI juga nyaman. Bus pun akan masuk jalan tol yang akan memperpendek waktu tempuh. Kelemahannya, tujuan bus ini hanya ke terminal tidak bisa ke tempat lain. Makanya, calon penumpang harus mencari transportasi lain ketika nanti sudah berada di terminal.

Cara ketiga adalah naik kereta api Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS). Kereta ini berangkat dari Stasiun Bandara Adi Soemarmo menuju beberapa stasiun di sekitar Solo Raya. Stasiun yang disinggahi KA BIAS adalah Stasiun Kadipiro, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Klaten. Harga tiket KA BIAS adalah 7 ribu rupiah jika sampai Solo dan 15 ribu rupiah jika sampai Klaten. Setiap hari, ada 3 kali keberangkatan kereta ini yakni pukul setengah 10, pukul 12, dan pukul 19.

Cara Gratis Naik Teman Bus Batik Solo Trans dari Dalam Bandara

Nah diantara berbagai cara tersebut, ada cara yang lebih mudah dan gratis. Apalagi kalau bukan naik Teman Bus Batik Solo Trans. Teman Bus BST ternyata masuk Bandara Adi Soemarmo. Koridor yang masuk bandara adalah Koridor 1. Koridor ini memulai perjalanan dari Terminal Kartasura menuju Bandara Adi Soemarmo. Dari bandara, bus akan menuju ke arah Colomadu lalu menuju ke arah Universitas Muhammadiyyah Surakarta (UMS). 

Baca juga: Naik Trans Jateng dan Berpanas Ria Demi Soto Sokaraja

Bus koridor 1 selanjutnya masuk ke arah pusat Kota Solo menuju Jalan Sriwedari lalu ke arah Balaikota. Dari Balaikota bus melaju ke arah RS dr. Moewardi lalu menuju ke arah Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) dan Taman Jurug. Perjalanan bus berakhir di Terminal Palur.

Untuk naik bus ini, penumpang tinggal menuju Halte Teman Bus Batik Solo Trans di dekat area Terminal Kedatangan. Halte ini tak jauh dari pintu keluar bandara. Dari dalam bandara juga tidak jauh jika berjalan kaki. Penumpang hanya perlu membawa kartu e-money untuk naik Teman Bus Batik Solo Trans ini. Sementara ini, biaya untuk naik BST masih gratis.

Memang, pada peta Teman Bus BST terdapat keterangan bahwa bus hanya menurunkan penumpang dan tidak bisa menaikkan penumpang. Namun, beberapa kali saya naik BST koridor 1 ini, sopir BST mempersilakan calon penumpang yang naik dari dalam bandara. Artinya, kini sudah diperbolehkan naik BST secara gratis dari dalam bandara.

Dengan adanya BST di dalam Bandara Adi Soemarmo, maka integrasi transportasi di Kota Solo memang sangat bagus. Penumpang bisa memilih moda transportasi mana yang akan mereka gunakan. Kelemahan dari BST penumpang harus menunggu dulu bus datang. Cara ini bisa dilakukan untuk keluar dari area bandara dulu sebelum melakukan order angkutan online ke tempat tujuan.

Itulah cara naik Teman Bus Batik Solo Trans dari Bandara Adi Soemarmo. Semoga membantu ya terutama bagi kalian yang mau liburan murah di Kota Solo.



Post a Comment

Next Post Previous Post