Rumah Makan New York Keprabon Solo; Pilih Lauk Sesukanya, Harga Tak Bikin Kantong Menderita

Rumah Makan New York Keprabon Solo
Rumah Makan New York Keprabon Solo

Asli, Solo memiliki banyak kuliner yang menggugah selera.

Tidak hanya selat dan angkringan, tetapi aneka masakan lain juga menjadi jujugan yang patut dimasukkan ke dalam list ketika datang ke Solo. Salah satu spot di Kota Solo yang memiliki aneka kuliner adalah Keprabon. Wilayah ini merupakan sebuah kelurahan di Kecamatan Banjarsari. Tepatnya berada di sebelah selatan dari Puro Mangkunegaran dan di sebelah utara Jalan Slamet Riyadi.

Ada banyak pedagang kuliner yang menjajakan dagangannya terutama di malam hari. Kawasan ini pun kemudian menjadi pusat kuliner terkenal di Kota Solo. Tidak hanya warga Solo saja, tetapi para wisatawan yang sedang berjalan di kota ini.

Warung Ramai di Keprabon

Nah, diantara sekian banyak tempat kuliner yang ada di Keprabon, saya tertarik dengan salah satu warung yang cukup ramai. Warung ini bernama Warung New York. Namanya cukup unik juga. Entah mengapa dinamakan Warung New York. Bisa jadi, karena bukanya hingga tengah malam seperti gemerlap Kota New York.

Baca juga: Kongkow di Latar Sunrise Mojokerto

Warung ini sendiri sebenarnya adalah warung mobil (warmob). Pemilik warung memarkir mobil pick up mereka dan meletakkan aneka masakan di dalamnya. Masakannya pun beraneka ragam. Mulai dari ramesan (mie, sambal goreng, perkedel), sayur santan, olahan ikan laut, ayam goreng dan ayam bakar, gorengan tempe tahu, dan menu pecel.

Rumah Makan New York Keprabon Solo
Sudah tampak ramai
 

Buka dari jam setengah 7 malam, setiap hari Warung New York ini didatangi oleh para penikmat kuliner malam. Parkir motor dan mobil yang berada di sepanjang Jalan Slamet Riyadi hampir selalu penuh. Kadang, banyak pengunjung yang kesulitan untuk memarkirkan kendaraannya karena memang sudah banyak diisi oleh pengunjung lain. Warung ini sendiri tutup hingga tengah malam atau sekitar jam 12 malam. 

Antrean Pengunjung yang Mengular

Untuk memesan menu makanan di sini, pengunjung harus antre di depan mobil pick up. Seorang pemilik warung akan mengambilkan nasi dan lauk yang diminta oleh pengunjung. Para pengunjung tinggal memilih menu yang mereka inginkan. Beberapa menu boleh diambil sendiri oleh pengunjung yang tidak terjangkau oleh penjual. 

 

Rumah Makan New York Keprabon Solo
Antre dulu

Diantara banyak menu, nasi pecel dan olahan ikan laut adalah yang paling banyak dicari oleh para pengunjung. Mereka juga kerap membungkus menu-menu tersebut untuk dibawa pulang. Jangan heran jika beberapa saat setelah warung ini buka, antrean sudah mengular.

Baca juga: Tersihir Geprek Legend Jalan Surabaya, Favorit Mahasiswa Malang

Jika ingin makan di tempat, pemilik warung menggelar tikar di depan toko-toko yang sudah tutup. Sayangnya, jumlah tempat duduk lesehan untuk menikmati santapan di Warung New York ini sedikit. Tak jarang, paea pengunjung harus berdesakan dengan pengunjung lain. Mereka juga harus segera bergantian dengan pengunjung yang baru datang.

Rumah Makan New York Keprabon Solo
Bingung mau pilih apa

Meski begitu, menyantap masakan di warung ini sungguhlah nikmat. Dingnnya udara malam menjadi teman setia kala menyantap hangatnya nasi dan lauk pauk. Belum lagi ditambah segelas Teh hangat Cap Dandang menjadikannya sempurna.

Saya sendiri ketagihan dengan ramesan. Entah kalau di Jawa Tengah selalu mendapatkan nasi rames yang sangat enak. Mienya kenyal dengan bumbu rempah yang kuat. Sambal goreng tempenya juga bercita rasa pedas yang pas. Ditambah telur dadar dengan bumbu yang sedikit asin menjadikan santapan malam saya menjadi santapan yang sangat nikmat dan terkenang.

Rumah Makan New York Keprabon Solo
Saya pilih ini saja.

Namun, yang membuat saya ketagihan adalah sambalnya yang betul-betul nikmat. Saya mendapatkan sambal tomat dengan racikan yang pas. Tidak terlalu pedas tetapi aroma tomatnya menyengat. Kalau ada pilihan sambal memang saya selalu memilih sambal tomat.

Bagaimana dengan harga?

Tidak perlu khawatir. Harga makanan di sini cukup murah. Saya yang memesan nasi rames berisi mie, sambal goreng, dan telur dadar, dengan minum teh hangat hanya perlu membayar 10 ribu rupiah. Rekan syaa yang memesan nasi dengan lauk ayam goreng dan tempe tahu serta kopi panas hanya perlu membayar 14 ribu rupiah. Jadi, bisa dikatakan menu makanan di Warung Makan New York ini cukup murah dan mudah dijangkau.

Rumah Makan New York Keprabon Solo
Makin malam makin ramai juga

 
Rumah Makan New York Keprabon Solo
Kalau gak dapat tempat di bungkus saja
 

Jika ingin datang ke sini, kita bisa menggunkana Bus Batik Solo Trans koridor 1 dan 5. Nanti, kota bisa turun di Halte Pasar Pon yang dekat dengan Mc D Slamet Riyadi. Tinggal berjalan kaki sebentar, kita sudah sampai di Warung New York Keprabon ini. Hanya saja, untuk pulang dari warung ini mungkin sudah tidak ada lagi bus yang melintas. Tentu, angkutan online menjadi pilihan utama.

Tertarik mencoba?

10 Comments

  1. Pantesan yang beli pada ngantri, soalnya murah meriah ya, nasi sama ayam plus tempe tahu ditambah kopi panas cuma 14 ribu, kalo disini itu diatas 20 ribu mas.

    Nasi ayam goreng biasanya 12 ribu, tambah tahu tempe 5 ribu, kopi 4 ribu.

    ReplyDelete
  2. Ampun deh, jadi pengen nge Solo lagi, hahaha.
    Btw, hal beginian dulu banyak di sekitar kos-kosan saya di daerah sekitar AR Hakim Surabaya.

    Jadi ada warung gede gitu, kita ambil sendiri kalau mau makan, yang bikin mupeng tuh lauknya buanyaaaakk, dan harganya juga murmer.

    Apalagi kalau yang di daerah dekat ITS sono, jauh lebih murah lagi, pas banget buat anak kos.

    Sayangnya, kapan tahun pernah nyobain lagi, entah karena udah punya anak dan jadi nggak terbiasa makan di luar sembarangan, kok jadinya kayak kurang selera karena kurang bersih aja rasanya tempatnya.

    Padahal dulu waktu masih kuliah, santai aja tuh makan di tempat begitu, asal jangan terlalu kemproh aja sih wakakakak.

    Tapi jujur, yang harga ekonomis gini, membantu banget buat zaman now yang makanan mihil-mihil

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk daerah bukan kos kosan dan malah daerah turis di sini termasuk murah mbak hahahah
      klo di daerah kos kosan mah emang banyak
      sekarang aku juga agak sirikan masalah kebersihan
      tapi selama bisa dimaafkan hajar aja wkwkwk

      Delete
  3. Wooooowwww, itu makanan di Keprabon sungguh bikin lapar tiba2 hahaha :D Pilihan menunya buanyak amat ya mas :D Makan malam2 bareng keluarga pasti seru nih. Seporsi udah dapat ya 10K kenyang bahagia. 14K udah sama minum. Kalau ditambah lauk lain paling 20K udah negah kayaknya hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak bawa duit 20 K udah kenyang banget malahan

      Delete
  4. mas....wkwkkwkwk...selalu deh nek tumbas nasi karo mie goreng en lawuh bikin ku kemlecer hahahahhahah...

    eh aku nek keprabon solo pernahe ning bu wongso lemu dan nasi liwet mbak sri kulon keprabon solo..new york iki belum nyoba...malah penasaran ama nasi oecel en ikan laut gorenge loh...nek sambele pestine pedes banget yo mas...keliatan merah membara ngunu loh hahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bu wongso lemu aku wingi kelewat
      mben lek mrene lagi tak cobae
      sambele jan pedes tapi muantep mbak

      Delete
  5. Rumahku di solo padahal di Slamet Riyadi, kenapa aku ga tau tempat iniiiii 🤣🤣🤣.

    Ya ampun langsung ngiler mas. Ini mah pasti aku datangin kalo ntr ke solo lagi.

    Aneka lauknya itu loh, dan aku selalu sukaaaa makanan2 di solo. Rasanya cendrung gurih soalnya, bukan manis. Ahhh JD kangen mudik kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. patokannya deketnya mekdi mbak
      pokoknya ada warung rame ya itulah dia wkwkkw
      coba aja ke sini

      Delete
Next Post Previous Post