Resmi Berbayar, Berikut Tarif Teman Bus Tiap Kota

teman bus berbayar
Teman Bus kini tak lagi gratis
 

Layanan Teman Bus sudah mengaspal lebih dari dua tahun sejak pertengahan tahun 2020.

Sejak pertama kali peluncurannya, Teman Bus masih dapat dinikmati secara gratis tanpa bayar. Artinya, penumpang dapat menaiki Teman Bus di berbagai kota di Indonesia tanpa mengeluarkan uang speser pun. Namun, mereka harus melakukan tap e-money atau scan QRIS melalui aplikasi Teman Bus yang telah terseedia.

Selama lebih dari dua tahun hadir di sepuluh kota di Indonesia, Teman Bus mulai menjadi primadona bagi warga untuk beraktivitas. Transportasi mudah, murah, dan nyaman kini tak hanya dimiliki Kota Jakarrta. Beberapa kota yang sudah memiliki layanan Teman Bus juga mulai berbenah dan menata transportasi umumnya. 

Baca juga: Empat Alasan Trans Jogja Tidak Digunakan oleh Wisatawan

Banyak warga yang sangat terbantu dengan adanya layanan gratis dari Teman Bus. Mulai dari anak sekolah, warga yang akan ke pasar, rumah sakit, stasiun, bandara dan tempat lainnya. Mereka tidak perlu lagi bingung mencari transportasi umum. Hampir semua layanan teman bus sudah menjangkau berbagai tempat penting tersebut. Bahkan, di beberapa kota layanan Teman Bus juga ditunjang dengan adanya layanan feeder atau pengumpan yang membuat rute semakin luas dan semakin mudah.

Layanan gratis Teman Bus ini ditunjang dengan adanya subsidi yang dilakukan oleh Kemenhub. Subsidi Teman Bus mencapai hampir 700 milyar rupiah untuk biaya operasionalnya. Jumlah itu tentu banyak dan sempat dikritisi anggota DPR yang menyatakan bahwa selama ini program Teman Bus sia-sia karena sering tidak membawa penumpang. Tentu, kritik ini menimbulkan kecaman karena layanan Teman Bus masih sangat diperlukan dengan beberapa evaluasi terutama mengenai rute dan halte pemberhentian.

Meski begitu, muncul wacana bahwa Teman Bus akan mulai berbayar. Pertanyaan ini sering ditanyakan kepada akun resmi Teman Bus di berbagai media sosial. Berbagai pertanyaan tersebut dijawab oleh pihak Teman Bus bahwa nanti akan ada pengumuman resmi kapan Teman Bus mulai berbayar.

Evaluasi Tarif Teman Bus

Walau demikian, pada September 2022 kemarin, informasi mengenai tarif layanan Teman Bus yang akan mulai diberlakukan pun muncul secara sah. Kementerian Keuangan telah mengeluarkan peraturan (PMK) nomor 138 tahun 2022.

Peraturan tersebut mengenai jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang bersifat volatil atas layanan angkutan perkotaan dengan skema pembelian layanan (buy the service) yang berlaku pada Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Cara Naik Teman Bus Trans Banyumas dari Stasiun Purwokerto

Pada peraturan tersebut, disebutkan bahwa untuk meningkatkan optimalisasi penerimaan negara bukan pajak di lingkungan Kementerian Perhubungan, maka Kementerian Keuangan perlu mengatur tersendiri ketentuan mengenai jenis penerimaan negara bukan pajak yang bersifat volatil atas layanan angkutan perkotaan dengan skema pembelian layanan (buy the service).

Tarif Teman Bus
Pengumuman resmi Teman Bus berbayar

Ketentuan ini termasuk mengatur besarnya tarif layanan Teman Bus di sepuluh kota yang ada. Sebenarnya, layanan Teman Bus sudah hadir di 11 kota. Untuk Kota Bogor, layanan Teman Bus yang disebut Bis Kita masih belum diatur dalam PMK ini.

Dari sepuluh kota yang sudah terlayani teman bus, penumpang akan ditarik tarif dengan nominal berbeda. Perbedaan tarif ini disesuaikan dengan kondisi masyarakat di setiap kota tersebut. Kota dengan UMR dan biaya hidup yang tinggi maka akan memiliki tarif Teman Bus yang tinggi begitu pula sebaliknya. Sesuai PMK tersebut, tarif Teman Bus yang paling mahal berlaku untuk Trans Seamnggi Surabaya yakni 6.200 rupiah. Tarif paling rendah akan berlaku pada Batik Solo Trans yakni 3.700 rupiah dan Teman Bus Jogja yakni 3.600 rupiah. Akhirnya, beberapa hari lalu, Teman Bus secara resmi mengumumkan tarif berbayar yang akan mulai berlaku hingga 31 Oktober 2022.

Berikut ini adalah tarif Teman Bus yang akan berlaku di sepuluh kota.

Tarif Trans Musi Palembang dengan 4 koridor bus dan 2 koridor feeder adalah 4.000 rupiah.

Tarif Batik Solo Trans dengan 6 koridor bus dan 6 koridor feeder adalah 3.700 rupiah.

Tarif Trans Metro Dewata Bali dengan 5 koridor bus adalah 4.400 rupiah.

Tarif Teman Bus Jogja dengan 3 koridor bus adalah 3.600 rupiah. Untuk Teman Bus Jogja ini berbeda dengan Trans Jogja yang masih dioperasikan oleh Pemprov Jogja dengan tarif 3.500 rupiah.

Tarif Trans Metro Deli Medan dengan 5 koridor bus adalah 4.300 rupiah.

Tarif Trans Metro Pasundan Bandung dengan 5 koridor bus adalah 4.900 rupiah.

Tarif Trans Semanggi Surabaya dengan 1 koridor bus yang masih beroperasi dari 6 yang direncanakan adalah 6.200 rupiah.

Tarif Trans Banjarbakula Banjarmasin dengan  4 koridor bus adalah 4.300 rupiah.

Tarif Trans Minnamasata Makassar dengan 4 koridor bus adalah 4.600 rupiah.

Tarif Trans Banyumas dengan 3 koridor bus adalah 3.900.

Tarif Teman Bus
Tarif Teman Bus

Catatan Teman Bus Berbayar

Jika tarif berbayar ini mulai diberlakukan, setidaknya ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan. Pertama mengenai besaran tarif tersebut apakan hanya untuk satu kali jalan atau untuk transit dengan interval waktu tertentu. Jika hanya untuk satu kali jalan, maka menggunakan Teman Bus ketika sudah berbayar akan kurang efektif karena penumpang harus bayar lagi jika berganti bus. Apabila tarif berlaku untuk transit seperti sistem Jak Lingko, maka informasi mengenai mekanismenya juga perlu dijelaskan secara jelas kepada masyarakat.

Baca juga: Cara Naik Teman Bus Batik Solo Trans dari Stasiun Solo Balapan, Stasiun Solo Jebres, dan Stasiun Purwosari

Kedua, ketika sudah berbayar, maka waktu tunggu armada Teman Bus juga perlu diperhatikan. Penumpang sudah membayar kepada Teman Bus jadi sebisa mungkin waktu tunggu dioptimalkan. Jika pada jam sibuk, maka bisa ditambahkan armada agar penumpang tidak menunggu lama. 

Tarif Teman Bus
Trans Semanggi menjadi Teman Bus dengan harga tiket paling mahal

Ketiga, Teman Bus perlu melakukan banyak sosialiasasi mengenai cara pengetapan kartu e-money kepada penumpang. Terutama, pada armada bus yang menggunakan mesin tap e-money yang memiliki layer sentuh. Seringkali calon penumpang salah menempatkan e-money saat mengetap kartu. Akibatnya, layar mesin tap e-money menjadi nge-blank atau kembali ke pengaturan awal. Mesin tap e-money yang kadang tidak berfungsi juga menjadi catatan penting.

Keempat, khusus untuk Kota Surabaya, rasanya tarif sebesar 6.200 rupiah masih terlalu mahal. Apalagi, layanan Trans Semanggi belum menjangkau tempat penting seperti stasiun, bandara, dan beberapa tempat lain. Layanan Trans Semanggi juga kadang memiliki headway yang kacau. Kadang menunggu bus sangat lama tetapi di belakangnya sudah ada bus lagi. Tarif sebesar 5.000 rupiah, sama dengan Suroboyo Bus adalah tarif yang masih masuk akal. 

Kelima, ternyata tarif ini berlaku sekali jalan. Artinya, ketika penumpang transit ke koridor lain, maka mereka harus membayar. Nah ini juga menjadi catatan karena membuat pengeluaran penumpang menjadi mahal.

Semoga sebelum ada penerapan tarif Teman Bus ini, evaluasi dan sosialisasi kepada masyarakat harus benar-benar dilakukan dengan baik. Agar masyarakat yang sudah percaya dengan Teman Bus tak lagi menggunakan kendaraan pribadi.

8 Comments

  1. Anak saya pengguna transmaminasata (makassar) utk pulang sekolah. Sejak masuk sekolah, sangat terbantu oleh teman bus. Salah satu keluhan sih halte yg belum tersedia dan tidak selalu berhenti di stopbus yg tercatat di aplikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bus stopnya masih ala kadarnya ya mbak
      kasian klo pas hujan sama panas
      semoga juga ada tarif khusus bagi anak sekolah

      Delete
  2. kudu siapin kartu non tunai nih
    temen aku kemarin cerita waktu ke surabaya, perdana naik bis yang dari tunjungan ke bungurasih bayar 5000 aja kalau ga salah sampe seneng, soalnya murah bin terjangkau, Coba kalau naik ojol ga dapat harga segitu pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai QRIS sekarang sudah bisa mbal
      iya murah banget kalau naik transportasi umum mbak

      Delete
  3. Krn kalo udh berbayar, penumpang pastinya berharap servicenya jadi lebih bagus, bus tetep nyaman, jarak kedatangan masing2 bus ga lama, armada ditambah, rute juga mencover banyak tempat kalo bisa. Dijamin pasti jadi pilihan banyak orang.

    Tapi kalo cuma sekali jalan, ya memang mahal jatuhnya 😅.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak yg penting nunggunya engga lama soalnya klo lama orang kan males ya
      dan klo bisa sih kayak trans jakarta biar engga bayar lagi klo udah transit

      Delete
Next Post Previous Post