Cara Naik Trans Semarang dan Trans Jateng Menuju Klenteng Sam Poo Kong, Pantai Marina, Dusun Semilir, dan MAJT dari Stasiun Semarang Poncol

cara naik trans semarang ke destinasi wisata
Trasn Semarang menuju Ungaran.

Trans Semarang menjadi salah satu alternatif transportasi di Kota Semarang.

Alat transportasi ini menjangkau hampir seluruh wilayah di Kota Semarang. Selain Trans Semarang, ada pula Trabs Jateng yang juga menjangkau daerah di luar Kota Semarang. Semuanya terintegrasi dan melewati banyak tempat penting termasuk tempat wisata.

Sayangnya, banyak wisatawan yang datang ke Kota Semarang tidak menggunakan Trans Semarang dan Trans Jateng. Mereka mungkin takut tersesat atau tidak hafal rute. Padahal, rute keduanya sudah ada beserta feeder Trans Semarang yang terangkum dalam peta integrasi transportasi di Semarang. Peta ini bisa kita dapatkan melalui akun instagram Transport for Semarang. Sebelum berwisata dengan Trans Semarang dan Trans Jateng, alangkah lebih baik kita membaca peta tersebut.

Nah, agar memudahkan wisatawan yang akan jalan-jalan ke Semarang menggunakan Trans Semarang dan Trans Jateng, maka berikut ini beberapa rute penting menuju tempat wisata andalan. Semua rute ini dimulai dari Stasiun Semarang Poncol yang menjadi titik awal kedatangan banyak wisatawan.

Cara Naik Trans Semarang ke Klenteng Sam Poo Kong dari Stasiun Semarang Poncol

Klenteng Sam Poo Kong merupakan klenteng yang dipercaya sebagai tempat persinggahan Laksamana Cheng Hoo. Beliau adalah laksamana Tiogkok yang beragama islam dan datang ke Jawa. Klenteng ini dibanguan karena banyak anak buahnya yang tidak beragama Islam. Selain membangun klenteng, Laksamana Cheng Ho juga membangun masjid yang bernama  Masjid Jingjue.

Baca juga: Beda Trans Jateng dan Trans Semarang

Atraksi wisata yang bisa dilakukan di sini adalah belajar sejarah mengenai klenteng dan Laksamana Cheng Ho. Pengunjung juga bisa berfoto menggunakan pakaian adat Tionghoa. Ada juga tempat menarik yang asyik untuk dijadikan spot foto.


Untuk menuju Klenteng Sam Poo Kong dari Stasiun Semarang Poncol, kita bisa naik Trans Semarang koridor 4 dengan menyeberang dulu dari pintu keluar stasiun. Lalu, kita turun di Halte Balaikota dan transit koridor 5 menuju arah PRPP.

Setelah naik koridor 5, maka kita turun di Halte Sam Poo Kong yang berada di dekat jalan raya. Untuk menuju klentengnya, kita bisa jalan kaki sekitar 200 meter. Saat turun dari bus, pintu masuk klenteng sudah jelas terlihat. Jika ingin kembali ke arah kota, maka kita tinggal menyeberang jalan dan naik bus Trans Semarang koridor 5 kembali tetapi yang menuju ke Meteseh.

Cara Naik Trans Semarang ke Pantai Marina dari Stasiun Semarang Poncol

Pantai Marina merupakan salah satu destinasi pantai utama di Kota Semarang. Pantai ini memiliki spot foto menarik yang asyik saat senja hari. Banyak muda-mudi yang kerap memanfaatkan waktu akhir pekan di sini. Pantai ini juga dekat dengan salah satu tempat wisata andalan Jawa Tengah yakni PRPP yang dijuluki sebagai TMII-nya Jawa Tengah.

Baca juga: Cara Naik Feeder Trans Semarang

Untuk menuju Pantai Marina dari Stasiun Semarang Poncol, caranya sama dengan saat menuju Klenteng Sam Poo Kong. Menyeberang jalan ke halte Trans Semarang dari pintu keluar stasiun lalu naik bus koridor 4. Setelah itu transit koridor 5 arah PRPP dan turun di Halte Marina atau di dekat Sekolah Kristen Terang Bangsa. Dari sana, kita harus jalan kaki sekitar 700 meteran untuk mencapai pintu masuk Pantai Marina.

Cara Naik Trans Jateng ke Dusun Semilir dari Stasiun Semarang Tawang

Dusun Semilir merupakan tempat wisata baru di Semarang yang menggabungkan beberapa konsep wahana permainan, penginapan, spot foto Instagramable, wisata kuliner, hingga perbelanjaan dalam satu area wisata. Wisata yang baru dibuka pada 2019 ini sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama karena menarik dan berada di kaki Gunung Ungaran.

Wisata Dusun Semilir sendiri berada di Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Lantaran letaknya di kabupaten dan bukan di kota, maka kita tidak bisa menggunakan Trans Semarang. Kita harus menggunakan Trans Jateng koridor 1 (Tawang-Bawen) untuk bisa ke wisata tersebut.

cara naik trans jateng ke dusun semilir
Dusun Semilir

Dari pintu keluar Stasiun Semarang Poncol, kita tidak perlu menyeberang jalan. Kita langsung menuju halte yang terletak tepat di depan stasiun. Hati-hati, halte ini merupakan halte integrasi antara Trans Semarang dan Trans Jateng. Agar tidak tersesat dan salah naik bus, ada baiknya bertanya pada petugas Trans Semarang yang berada di halte itu.

Dari halte ini, kita akan naik Trans Jateng menuju Dusun Semilir. Tetapi, kita akan turun dulu dan berganti bus sebanyak dua kali. Pertama, kita ganti bus di depan Balaikota Semarang tempat pool Trans Jateng. Lalu, kita ganti bus lagi di Terminal Bawen karena meski letak Dusun Semilir ini berada di sebelum Terminal Bawen, tetapi tidak ada halte yang berada di seberang wisata ini. 

Baca juga: Daftar Halte Transit Trans Semarang

Nah, agar tidak membayar lagi, maka saat naik kita memberi tahu kepada kondektur bahwa kita akan menuju Dusun Semilir. Nanti, kondektur akan memberi tanda dan paraf pada tiket kita. Saat pindah bus, kita bisa memberikan tiket tersebut kepada kondektur selanjutnya sehingga tidak perlu bayar lagi. Jadi, dari Stasiun Poncol ke Dusun Semilir, kita hanya perlu memnbayar tiket sebesar 4.000 rupiah. Murah bukan?

Cara Naik Trans Semarang ke Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dari Stasiun Semarang Poncol

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) merupakan salah satu masjid terbesar di Semarang dan Jawa Tengah dan menjadi kebanggaan masyarakat di sana. Masjid ini terletak di Jalan Gajah Raya Semarang dan dekat dengan salah satu ikon Kota Semarang lain yakni Banjir Kanal Timur (BKT).

Untuk naik Trans Semarang ke MAJT, kita juga harus naik feeder Trans Semarang karena Jalan Gajah Raya tidak dilewati oleh bus Trans Semarang. Namun, jalan ini dilewati oleh feeder Trans Semarang yang berfungsi mengumpankan penumpang dari jalanan kecil ke jalanan besar.

cara naik trans semarang ke MAJT
Masjid Agung Jawa Tengah

Dari Stasiun Semarang Poncol, kita langsung naik dari halte depan pintu keluar dan tidak perlu menyeberang jalan. Kita bisa naik Trans Semarang koridor 3A arah Pelabuhan atau koridor 7 arah Genuk. Nanti, kita turun di Halte Layur sebelum Stasiun Tawang untuk transit dengan koridor 2. Setelah naik koridor 2, kita turun di Terminal Terboyo.

Di sini, kita transit lagi feeder 2A dan turun di Halte MAJT. Haltenya ini berada di seberang pintu keluar masjid. Jadi, kita harus jalan kaki dulu menuju MAJT. Ketika akan transit, terutama dari bus Trans Semarang ke Feeder, jangan lupa untuk meminta paraf ke kondektur agar tidak perlu bayar tiket lagi.  

Itulah beberapa cara menuju tempat wisata di Semarang menggunakan Trans Semarang, Feeder Trans Semarang, dan Trans Jateng. Semoga membantu dan bisa jadi solusi jalan-jalan hemat di Semarang. 

Post a Comment

Next Post Previous Post