Cara Mengecek Posisi Kereta Api di Aplikasi KAi Access

cara cek posisi kereta api
Sekarang bisa cek posisi kereta api

Ketika menaiki kereta api, kadang kita ingin mengetahui di manakah posisi kita berada.

Berbeda dengan Bus Raya Terpadu (BRT), kita cukup sulit untuk mengecek posisi kereta api yang sedang berjalan. Salah satu alasannya adalah posisi kereta api hanya diketahui oleh pihak PT KAI selaku operator kereta api. PT KAI mengendalikan berbagai kegiatan perkeretaapian salah satunya adalah mengecek posisi kereta api yang sedang beroperasi.

Biasanya, pelanggan kereta api bisa mengetahui posisi kereta api yang sedang berjalan melalui akun media sosial PT KAI. Mereka biasanya mengirim pesan pribadi, berkomentar, atau mengirim mention untuk mengetahui posisi kereta api yang ingin mereka ketahui.

Pihak KAI pun akan segera merespon dengan menjawab di manakah posisi kereta api yang diminta. Jawaban yang didapat oleh pelanggan biasanya posisi kereta api di sebuah stasiun atau diantara dua stasiun. Denagn jawaban ini, tentu banyak pelanggan yang bingung di manakah posisi stasiun tersebut berada. Sampai sejauh mana posisi kereta api dengan stasiun tujuan.



Makanya, perlu penetuan posisi kereta api dengan lebih tepat lagi dan mudah. Selain memudahkan pelanggan, tentu juga memudahkan saudara atau kerabat yang ingin menjemput mereka. Mereka bisa memperkirakan kurang berapa stasiun lagi untuk sampai di stasiun tujuan. Dengan begitu, mereka akan lebih efektif dalam melakukan penjemputan.

Ketika ada bencana kecelakaan atau bencana alam, pengecekan posisi kereta api juga sangat penting. Penumpang akan mudah untuk berpindah moda transportasi jika ada hal-hal di luar kendali. Kalau menunggu saja, kadang mereka harus membuang banyak waktu yang sangat tidak efektif.

Untungnya, saat ini pelanggan kereta api sudah bisa mengecek posisi KA pada aplikasi KAi Access. Mereka tak perlu lagi mengirim pesan kepada pihak KAI untuk mengetahui posisi kereta api yang mereka naiki. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengecekan posisi kereta api ini.

Pertama, hanya penumpang yang bertiket yang bisa mengecek posisi kereta.


Aplikasi KAI Acess akan secara otomatis menampilkan posisi kereta api yang sedang berjalan pada tiket penumpang. Biasanya, ketika penumpang sudah membeli tiket lalu melakukan boarding, maka akan muncul nama kereta, waktu keberangkatan dan kedatangan, serta nama stasiun.

Kali ini, tampilan tersebut secara otomatis akan menampilkan posisi kereta api ada di stasiun mana. Jadi, ketika membuka laman muka KAI Access, maka penumpang bisa melihat posisi kereta api tepat pada tiket yang mereka miliki.

Kedua, posisi kereta api akan bergerak secara real time.


Posisi kereta api pada aplikasi tersebut akan bergerak secara real time. Artinya, posisi tersebut memang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Jika kereta bergerak cepat, maka perubahan posisi juga akan cepat. Sebaliknya, jika lambat juga akan lambat dan jika kereta berhenti, maka posisi kereta dalam aplikasi KAI Acess juga akan berhenti.

Ketiga, posisi stasiun yang sudah dilewati bisa diketahui.


Tidak hanya posisi kereta, posisi stasiun yang sudah dan belum dilewati juga bisa dilacak. Posisi stasiun yang sudah dilewati diberi tanda abu-abu. Sedangkan, posisi stasiun yang belum dilewati diberi tanda biru. Perubahan warna ini akan secara otomatis terjadi jika kereta tersebut sudah melewati sebuah stasiun.
Tampilan posisi kereta api pada aplikasi KAI Acess


 

Semisal, ada stasiun A yang baru saja dilewati kereta, maka tanda biru pada stasiun tersebut akan berganti menjadi abu-abu. Keterangan sudah dilewati pun akan diberikan sehingga penumpang bisa menandai bahwa ia sudah melewati stasiun A dan menuju stasiun berikutnya.

Satu informasi lain yang bisa didapat adalah waktu kereta saat melalui stasiun. Waktu tersebut akan tersedia, baik untuk stasiun yang sudah disinggahi atau pun belum. Untuk stasiun yang belum disinggahi, maka waktu yang tersedia adalah waktu estimasi. Jadi, penumpang juga bisa memperkirakan kapan mereka sampai di stasiun yang dimaksud.

Keempat, posisi kereta api akan hilang jika penumpang sudah selesai melakukan perjalanan.


Saat penumpang sudah selesai melakukan perjalanan kereta api, maka posisi real time kereta api akan hilang dalam aplikasi KAI Acess. Artinya, kita sudah tidak lagi berada dalam kereta api tersebut dan tidak bisa lagi mengecek posisinya.

Kalau kita ingin mengecek posisi kereta api tersebut, maka kita bisa mengirim pesan ke PT KAI, sama dengan saat belum ada layanan cek posisi pada aplikasi KAi Acess. Makanya, inilah salah satu kelemahan yang masih terjadi pada pengecekan posisi ini.

Nah itulah cara untuk mengecek posis kereta api pada aplikasi KAI Acess. Pengecekan ini juga sementara hanya bisa dilakukan pada kereta api jarak jauh (KAJJ). Belum bisa dilakukan pada kereta api lokal.



Post a Comment

Next Post Previous Post