Mau Transit Saat Naik Trans Semarang? Yuk Simak Halte Transit dan Rute Bus yang Singgah

Halte Trans Semarang
Seorang penumpang naik dari Halte Trans Semarang

Trans Semarang masih menjadi andalan masyarakat Semarang dan Kedung Sepur (Wilayah Metropolitan Semarang) untuk beraktivitas.

Tarifnya yang murah dan menjangkau hampir seluruh penjuru Kota Semarang membuat Trans Semarang hampir selalu penuh terutama pada jam pergi dan pulang kerja. Trans Semarang masih menjadi tumpuan warga Jawa Tengah pada umumnya dan Semarang pada khususnya untuk melakukan berbagai aktivitas. Segala lapisan masyarakat bisa menggunakan Trans Semarang dengan mudah dan nyaman.

Meski begitu, bagi masyarakat yang belum terbiasa menggunakan Trans Semarang, pasti akan mengalami kesulitan untuk memahami rute BRT ini. Salah masuk bus maka bisa jadi akan tersesat cukup jauh. Tidak hanya itu, kadang beberapa rute Trans Semarang meski sama tetapi penumpang yang menggunakannya harus transit terlebih dahulu di beberapa halte tertentu.

Baca juga: Beda Trans Jateng dan Trans Semarang

Semisal, saya kemarin naik Koridor 4 dari Stasiun Poncol menuju ke arah Jalan Gajahmada. Kalau melihat peta, seharusnya saya hanya naik koridor 4 tersebut. Namun, setelah bertanya kepada akun IG Trans Semarang, ternyata saya harus melakukan transit terlebih dahulu di Halte Balaikota. Berpindah arah dari yang semula ke arah Cangkiran menuju ke arah Stasiun Tawang.

Belum adanya peta yang lengkap pada halte juga membuat banyak penumpang masih bingung harus transit di mana. Meski peta tersebut sudah ada pada aplikasi Trans Semarang, tetapi belum ada fitur yang bisa memuat di mana kita harus transit. Kita harus membaca satu per satu rute yang dilayani ioleh Trans Semarang.

Ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk memahami rute menyeluruh Trans Semarang. Pertama, kita bisa membuka peta integrasi transportasi di Kota Semarang. Peta ini dapat dilihat pada akun IG Forum Diskusi Transportasi Semarang (Transport for Semarang). Di sana nanti ada link berisi peta integrasi transportasi di Kota Semarang. 

Baca juga: Beberapa Kemudahan Naik Teman Bus Batik Solo Trans

Jika masih ragu dan belum jelas, kita bisa mengirim pesan pribadi (DM) ke akun IG Trans Semarang. Biasanya, sang admin akan membalas pesan kita dengan cepat dan memberi informasi pada kita bagaimana cara menuju tempat yang akan kita tuju. Ketika mengirim pesan, usahakan pada jam kerja agar lebih cepat untuk dibalas. Mereka juga sangat terbuka jika mendapatkan komplain atas pelayanan yang sudah diberikan.

Agar lebih paham mengenai rute Trans Semarang, berikut ini beberapa halte transit yang dapat digunakan. Perlu diketahui bahwa informasi mengenai halte transit ini bisa saja berubah menyesuaikan kebijakan dari pihak Trans Semarang. Beberapa halte transit juga bisa digunakan untuk membeli dan mengisi kartu e-money Trans Semarang.

1. Halte Balaikota

Halte Balaikota merupakan halte transit terbesar dan teramai di Kota Semarang. Halte ini berada tak jauh dari Kantor Wali Kota Semarang dan Lawang Sewu. Halte ini juga disebut sebagai Halte Pemuda karena letaknya berada di Jalan Pemuda.

Halte ini menjadi simpul dari beberapa rute Trans Semarang. Semua koridor Trans Semarang, kecuali koridor 6 melewati halte ini. Ada koridor 1 Penggaron-Mangkang, koridor 2 Terboyo-Sisemut (Ungaran), koridor 3 A dan 3 B (Pelabuhan-Elizabeth), koridor 4 (Tawang-Cangkiran), Koridor 5 (PRPP-Meteseh), koridor 7 (Terboyo-Balaikota), dan koridor 8 (Simpang Lima-Gunung Pati-Cangkiran). Sebenarnya, ada juga bus Trans Jateng yang singgah di sini tapi berbeda halte. 

Halte Trans Semarang
Halte Balaikota Trans Semarang

Untuk transit di Halte Balaikota, pastikan kita yakin rute yang akan kita tuju. Lalu, kita berdiri di dekat pintu masuk bus sesuai koridor yang tertera di atasnya. Pihak Trans Semarang sudah mengelompokkan pintu kedatangan dan keberangkatan bus sesuai koridornya. Mereka juga memberikan informasi melalui pengeras suara agar dapat didengar oleh para penumpang. Mereka pun menugaskan petugas yang siap menjelaskan rute mana yang bisa digunakan oleh penumpang. 

Baca juga: Tata Cara Naik Feeder Trans Semarang

Satu hal yang unik di sini karena banyak calon penumpang yang akan naik, maka petugas Trans Semarang sering meminta penumpang untuk mengacungkan jari telunjuk sebagai tanda mereka akan naik bus yang baru datang agar memudahkan kondektur dalam bus melayani penumpang tersebut. Persis seperti mau menjawab pertanyaan dari Bu Guru di kelas

2. Halte Simpang Lima

Halte Simpang Lima juga menjadi halte penting Trans Semarang. Berada dekat dengan Ciputra Mall, halte ini melayani beberapa koridor penting Trans Semarang. Diantaranya adalah koridor 1 ke arah Mangkang, koridor 3 A dan 3 B ke arah Pelabuhan, koridor 4 ke arah Tawang, koridor 5 ke arah PRPP dan Meteseh, dan koridor 8 sebagai pemberhentian terakhir dan pemberangkatan awal ke arah Gunung Pati.

Baca juga: Cara Naik Trans Banyumas dari Stasiun Purwokerto

Halte Simpang 5 juga melayani Trans Semarang koridor malam. Koridor ini berangkat dari halte ini menuju Terminal Mangkang. Jam operasional koridor ini mulai dari jam 6 malam sampai jam 11 malam. Jadi, kita masih bisa naik Trans Semarang dari Simpang Lima ini sampai Terminal Mangkang di malam hari.

3. Halte Udinus (Imam Bonjol)

Berada dekat dengan kampus ternama, Halte Udinus menjadi tumpuan transit bagi penglaju yang akan ke arah Stasiun Poncol dan Tawang. Halte ini berada di Jalan Imam Bonjol dan di sebelah utara Tugu Muda.

Halte Trans Semarang
Halte Udinus Trans Semarang

Beberapa koridor Trans Semarang yang melewati halte ini antara lain koridor 1 ke arah Penggaron, koridor 2 ke arah Terboyo, koridor 3 A kea rah Poncol-Kotalama-Pelabuhan, koridor 3 B ke arah Elizabateh, koridor 7 ke arah Poncol dan Genuk, dan koridor 5 ke arah Meteseh. Sama dengan halte Balaikota dan Simpang Lima, di sini bus juga berhenti sesuai pintu kedatangan dan keberangkatan jadi lebih teratur.

4. Halte Elizabeth

Halte ini berada tak jauh dari RS Katolik Elizabeth sehingga dinamakan Halte Elizabeth. Selain Halte Balaikota, Halte Elizabeth juga menjadi halte penting karena menghubungkan wilayah Semarang Bawah dengan Semarang Atas.

Halte Trans Semarang
Halte Elizabeth Trans Semarang

Ada beberapa trayek yang melewati Halte Elizabeth ini, antara lain koridor 2 kearah Terboyo dan Ungaran, koridor 3 A dan 3 B ke arah Pelabuhan, koridor 6 ke arah Undip dan Unnes, serta Trans Jateng. Namun, Halte Trans Jateng terpisah dengan Halte Trans Semarang.

5. Halte Kagok

Halte Kagok berada di sebelah utara dari Halte Elizabeth. Halte ini juga melayani koridor Trans Semarang yang sama dengan Halte Elizabeth. Ada koridor 2, 3 A dan 3B, serta koidor 6. Di dekat halte ini juga terdapat Halte Trans Jateng menuju ke Bawen.

6. Halte Agus Salim

Halte Agus Salim ini berada di dekat kawasan Kota Lama dan Pasar Johar. Jika dari arah Kota Lama, kita bisa naik Trans Semarang dari Halte Agus Salim ini. Berbeda dengan halte lain yang terdapat petugas, di sini tidak ada satu pun petugas. Bahkan, sebenarnya halte ini adalah halte milik Trans Jateng yang juga digunakan oleh Halte Trans Semarang. Berupa portable yang cukup sempit dan kecil.

Halte Trans Semarang
Para calon penumpang Trans Jateng dan Trans Semarang berdesakan menunggu bus yang akan membawa mereka di Halte Agus Salim

Apesnya, calon penumpang di sini cukup banyak karena sebagian besar adalah ibu-ibu dari Pasar Johar. Mereka sering menggunakan payung sebagai atap agar tidak kepanasan. Bahkan, saya sempat bertemu dengan seorang bapak-bapak penyandang disabilitas yang mau naik Trans Semarang. Dengan kruk yang ia gunakan, ia cukup kesusahan ketika akan naik ke halte.

Semoga saja Pemkot Semarang dan Pemprov Jateng bisa membangun halte yang lebih layak. Namun kalau saya lihat kemarin ada sebuah bangunan halte baru yang belum dioperasikan. Semoga saja halte tersebut memang bisa digunakan agar para penumpang dapat naik dengan nyaman.

Beberapa koridor Trans Semarang yang berhenti di halte ini adalah koridor 3 B ke arah Pelabuhan, koridor 4 ke arah Poncol dan Cangkiran, koridor 2 ke arah Ungaran, dan koridor ke 7 ke arah Balaikota. Untuk Trans Jateng hanya ada bus menuju Bawen.

7. Halte Layur

Dulu, Trans Semarang dan Trans Jateng menggunakan Halte Stasiun Tawang sebagai halte transit utama di sekitar Kotalama. Kini, entah mengapa halte di Stasiun Tawang tidak ada petugasnya. Berganti dengan halte di Layur. Saya dulu ketika sebelum corona belum menemukan petugas di Halte Layur.

Halte Trans Semarang
Bus Trans Semarang koridor 3 sedang berhenti di Halte Layur.

Halte ini berada di Layur atau di dekat Masjid Kuno Layur. Berada di dekat perlintasan kereta api antara Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang. Halte ini melayani beberapa koridor Trans Semarang. Beberapa diantaranya adalah koridor 2 ke arah Terboyo, koridor 3 A dan 3B ke arah Pelabuhan, koridor 4 ke arah Tawang, dan koridor 7 ke arah Genuk.

8. Halte Java Mall

Halte ini berada di dekat Java Mall sebagai salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Semarang. Halte ini dilalui oleh Trans Semarang koridor 5 ke arah PRPP dan Meteseh, koridor 3 B ke arah Pelabuhan, dan koridor 3 A kea rah Kagok dan Elizabeth.

Itulah beberapa halte transit Trans Semarang. Semoga membantu. 

3 Comments

  1. Amat sangat komplit ya mas 👍👍. Dan jelas pula rutenya. Kayaknya tiap kali aku nanya ke petugas kalo bingung Ama rute trans J , yg ada suka bingung 🤣. Antara dia ga hapal rutenya , atau memang ga bisa kasih penjelasan yg bagus dan gampang.

    Tapi aku suka sih naik bus2 trans begini. Krn bersih aja 😄. Krn pandemj sih makanya blm pernah naik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang sudah aman kok mbak engga dibates batesin lagi kayak dulu

      Delete
  2. kang update info atau kalo ada data daftar halte Transit BRT Semarang mau buat rute buat kliling Semarang pake BRT. suwun

    ReplyDelete
Next Post Previous Post