Training Pageant ke Filipina atau ke Amerika Serikat?

trio camelia
Laksmi (kiri) dan Cindy (kanan) saat mengantarkan Dinda ke Polandia. - Puteri Indonesia

Dunia pageant tanah air dibuat heboh beberapa waktu lalu.

Pasalnya, dua dari tiga anggota Trio Camelia – Laksmi Shari de Neefe Suardana dan  Cindy May Maguire – tiba-tiba saja menghilang dari peredaran. Bukan tiba-tiba hilang diambil oleh alien. Namun, mereka tiba-tiba tak memberi kabar mengenai aktivitas yang mereka lakukan secara update dan jelas.

Tentu, apa yang dilakukan oleh dua Wanita cantik tersebut menimbulkan tanda tanya. Mengapa mereka melakukan hal tersebut? Tidak hanya itu, dari keingintahuan para pageant lover, tiba-tiba saja muncul insta story mereka yang terpisah dan berada di sebuah mobil. Bukan mobil yang mereka tumpangi yang menjadi pemicu pro kontra di kalangan pageant lover. Pemandangan di belakang mobil itulah yang sangat khas menggambarkan suatu tempat yang tidak asing.

Filipina.

Tak lama kemudian, ada seorang portal pageant Filipina yang mengunggah postingan dua queen tersebut sedang berfoto di sebuah beauty camp. Sontak saja, postingan tersebut membuat geger jagad kontes kecantikan di tanah air. Gegernya foto tersebut bahkan sempat hampir mengalahkan kasus Ferdy Sambo yang menjadi buah bibir kala itu.

Mengapa publik geger jika keduanya berangkat dan berlatih di Filipina?

Alasannya cukup ruwet dan klasik. Filipina adalah negara yang tidak begitu disukai oleh pageant lover Indonesia. Alasannya, banyak haters peserta kontes kecantikan asal Indonesia dari sana. Mereka kerap mengedit foto para beauty queen Indonesia dengan wajah yang buruk. Tak hanya itu, mereka juga kerap menyisipkan caption foto di Instagram atau Facebook yang mengolok-olok para beauty queen kita.

Baca juga: Bagaimana Kami Bisa Melupakan Putu Ayu Saraswati?

Tak hanya sampai di situ, mereka juga kerap menyerang secara personal pribadi para beauty queen kita. Mulai dari bentuk muka, postur wajah, dan latar belakangnya. Atas alasan ini, maka rasanya susah diterima jika ada beauty queen kita yang melakukan training ke Filipina.

Alasan lain yang membuat para pageant lover Indonesia menentang para beauty queen kita training di Filipina adalah ketika prestasi Indonesia tinggi atau bahkan menjadi juara, para haters tersebut malah jumawa. Merasa bahwa tanpa adanya campur tangan dari beauty camp Filipina, mereka tidak akan bisa meraih prestasi tinggi bagi Indonesia.

Rodgil Flores pengajar di beauty camp KF Filipina. - Dok. Istimewa

Salah satu kejadian seperti ini terjadi saat Kevin Liliana memenangkan ajang Miss International 2017. Ia yang melakukan training selama beberapa minggu di beauty camp KF besutan Rodgil Flores akhirnya berhasil membawa mahkota pertama bagi Indonesia. Walau merupakan sebuah kebanggaan, nyatanya klaim bahwa keberhasilannya tak lepas dari campur tangan beauty camp Filipina pun mencuat.

For crown, For Country sesuai dengan tagline beauty camp tersebut kerap didengungkan oleh para haters di sana. Sontak, setelah beberapa kali beauty queen kita berlatih di sana, banyak pageant lover Indonesia yang menyarankan untuk tidak ada lagi beauty queen Indonesia yang melakukan hal sama.

Baca juga: Trio Camelia, Akronim Baru Pemenang Puteri Indonesia 2022

Makanya, kepergian Laksmi dan Cindy yang sembunyi-sembunyi adalah dilakukan agar tidak terjadi banyak kontra. Meski begitu, Namanya aib jika disimpan rapat akhirnya ketahuan juga. Tak ayal, berbagai hujatan pun muncul pada mereka.

Banyak yang mengatakan bahwa mereka akan sia-sia jika melakukan training di Filipina. Para bakla akan semakin besar kepala terlebih banyak portal pageant Filipina yang sudah mengunggah aktivitas keduanya. Banyak pula yang mengatakan lebih baik training di dalam negeri saja atau jika bisa training di Amerika Serikat seperti yang dilakukan oleh Elvira (Puteri Indonesia 2014) dan Frederika (Puteri Indonesia 2019).

Keduanya saat itu dengan uang pribadi melakukan training di Lu Sierra, pelatih Miss Universe yang sudah terkenal mampu mencetak banyak beauty queen. Tak hanya itu, mereka juga mengunjungi kantor Miss Universe serta melakukan beberapa project photoshoot. Dengan training di Amerika Serikat, kans untuk meraih posisi tinggi di ajang Miss Universe akan lebih terbuka.

Tentu, hal ini juga baik bagi para beauty queen kita. Masalahnya, untuk pergi ke Amerika Serikat juga butuh dana. YPI pastinya ingin memberikan yang terbaik tetapi tentu ada perhitungan dan lain sebagainya. Tidak ujug-ujug langsung berangkat seperti naik KRL dari Citayam ke Sudriman.

Baca juga; Kontes Kecantikan Mana yang Paling Prestisuis?

Alasan ini dikemukakan oleh mereka yang merasa taka da salahnya Laksmi dan Cindy training ke Filipina. Toh sama-sama training dan lebih dekat. Tidak hanya itu, beauty camp di Filipina juga sudah menjadi sebuah industri yang cukup besar layaknya Sekolah Sepak Bola (SSB) di Indonesia lantaran negara tersebut sangat menggemari kontes kecantikan.

Filipina juga sudah mengahsilkan banyak mahkota, mulai Miss Universe, Miss International, Miss Earth, dan lain sebagainya. Alumni para peserta kontes kecantikan juga membuat jejaring kuat bagi industri ini.

Duarr Laksmi sudah di New York. - IG Laksmi Shari

Semua Kembali kepada preferensi dari pelaku kontes kecantikan. Mereka tinggal ingin training di mana, asal ada uang dan kesempatan, maka mereka sah-sah saja melakukannya. Yang paling penting adalah mereka sudah niat untuk bertransformasi lebih baik lagi agar mampu mencetak hasil terbaik untuk Indonesia.

Nah di tengah polemik ini, tiba-tiba saja ibunda dari Laksmi mengunggah perjalanan ke Amerika Serikat. Tak lama kemudian, Laksmi mengunggah foto dirinya sedang berada di New York untuk menghadiri gelaran New York Fashion Week (NYFW).

Sontak, kabar ini semakin membuat heboh. Mereka yang mulanya meremehkan Laksmi karena hanya mampu training ke Filipina hilang entah ke mana. Laksmi masih berada di negeri Paman Sam untuk waktu yang cukup lama. Akankah ia akan melakukan training di sana?

Kita tunggu saja hasilnya.

   

8 Comments

  1. Begitulah faktanya bangsa kita ya, Mas Ikrom. Pintarnya jadi penonton, memberi penilaian pada pemain. Padahal, mau layihan di Filipina atau Amerika, tak perlu dikomentari. Mas Ikrom luar biasa. Sangat hafal tentang dunia kontes kecantikan dalam dan luar negeri.

    ReplyDelete
  2. Hi...hi. komentar yang sama, kok ngerti e mas bab2 kontes kecantikan ngene... Aku malah ora mudeng... Cuma ngerti, cewek2 sekarang cantik-cantik banget.. (aku tu ngakak pas salah satu temen cowok bilang "kayaknya kita lair kecepeten, gila cewek2 yang sekarang umur 20an gitu kok sekarang ayu2 banget)

    ReplyDelete
  3. Kalo sampai menghina bentuk fisik atau body shamming itu parah banget

    ReplyDelete
  4. weeww.. Aku malah baru tahu kalau Pageant kita ada yg training smpe negara tetangga Filipina.. Baru tahu juga kalau mereka suka ngedit2 pageant kita...
    Pertanyaannya emng latihan di Indonesia kurang bagus ya mas? atau gimana??? 🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sudha cukup cuma kan PH sama US udah sering menang Miss Universe jadi mereka tahu gimana triknya sedangkan kita kan belum pernah paling tinggi TOP 10.
      Makanya banyak training ke sana

      Delete
Next Post Previous Post