Begini Cara Naik Teman Bus Batik Solo Trans dari Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Solo Jebres

 

Integrasi transportasi umum di Kota Solo sudah cukup bagus.

Melalui layanan Teman Bus Batik Solo Trans, transportasi umum berupa bus dan feeder menjangkau hampir seluruh bagian Kota Solo. Warga Kota Solo dan wisatawan yang akan datang ke Solo bisa menggunakan layanan Teman Bus Batik Solo Trans dari dan menuju berbagai tempat tujuan. Mulai dari stasiun, terminal, pasar, hingga bandara.

Stasiun merupakan salah satu tempat strategis yang sering menjadi tujuan utama seseorang datang ke Solo. Di Kota Solo, ada 3 stasiun besar yang melayani perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Tiga stasiun tersebut adalah Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Solo Jebres.

Baca juga: Cara Naik Teman Bus Trans Banyumas dari Stasiun Purwokerto

Stasiun Solo Balapan biasanya melayani perjalanan kereta api jarak jauh untuk kelas eksekutif, bisnis, dan campuran. Stasiun Purowsari melayani perjalanan kereta api kelas ekonomi. Dua stasiun tersebut juga melayani perjalanan KRL Solo-Jogja yang kini semakin diminati. Sementara itu, saat ini hanya tiga kereta api yang berhenti di Stasiun Solo Jebres, yakni Brawijaya, Matarmaja, dan Brantas. Tiga kereta tersebut merupakan kereta yang menuju ke arah Kota Semarang.

Dengan adanya KRL Jogja-Solo, maka banyak pula wisatawan yang mencoba layanan ini. Mereka biasanya  datang ke Jogja dulu, lalu mencoba jalan-jalan ke Solo dengan naik KRL. Tentu, mereka tidak membawa kendaraan pribadi.

Nah, opsi menggunakan layanan Teman Bus Batik Solo Trans adalah salah satu opsi terbaik. Selain nyaman dan efisien, sementara ini layanan Teman Bus masih gratis. Penumpang hanya perlu membawa kartu e-money atau orang sering menyebutnya kartu tol untuk bisa menaiki Teman Bus ini. tidak hanya itu, untuk menjangkau layanan Teman Bus Batik Solo Trans dari beberapa stasiun besar di Kota Solo juga sangat mudah. Layanan ini juga bisa dinikmati hingga petang hari.

Berikut ini beberapa cara untuk naik Teman Bus Batik Solo Trans di beberapa stasiun besar di Kota Solo. Ada baiknya, sebelum memutuskan untuk naik Teman Bus Batik Solo Trans di Kota Solo, lebih baik mempelajari peta integrasi moda transportasi kota ini. Peta ini bisa dibuka pada aplikasi Teman Bus. Di sana sudah terpampanng jelas rute Teman Bus ke berbagai arah termasuk ke tempat wisata.

Cara Naik Teman Bus Batik Solo Trans dari Stasiun Solo Balapan

Untuk naik Teman Bus Batik Solo Trans (BST) dari Solo Balapan, terlebih dahulu kita harus menuju pintu keluar stasiun. Pintu keluar ini berada di sebelah selatan dari stasiun. Dari pintu keluar, kita menuju ke arah selatan, tepatnya ke arah SPBU Balapan.


Tepat di depan stasiun, ada sebuah halte yang bisa kita gunakan. Halte yang berada di depan stasiun ini merupakan halte yang dilewati oleh Teman Bus BST koridor 2 ke arah Terminal Palur dan Koridor 6 ke arah Terminal Tirtonadi. 

Baca juga: Cara Naik Teman Bus Batik Solo Trans dari Bandara Adi Soemarmo Solo

Jika kita ingin ke Taman Jurug, UNS, RS dr. Moewardi, dan Palur, maka kita bisa naik koridor 2. Apabila kita ingin ke Terminal Tirtonadi untuk melanjutkan perjalanan ke kota lain, semisal akan naik Trans Jateng kea rah Sumberlawang/Sangiran, maka kita bisa naik BST koridor 6.

Halte di seberang stasiun juga dilewati oleh BST koridor 2 dan 6. Bedanya, arah dari Koridor 2 adalah menuju Sub Terminal Kerten dan Koridor 6 menuju Solo Baru. Jika kita ingin menuju Solo Square, Paragon Mall, dan RS PKU, maka kita bisa naik koridor 2. Apabila kita ingin ke Puro Mangkunegaran, Pasar Triwindu, Serengan, dan Solo Baru, maka kita bisa naik koridor 6.

Cara Naik Teman Bus Batik Solo Trans dari Stasiun Purwosari

Stasiun Purwosari menjadi salah satu stasiun besar di Kota Solo yang sangat ramai. Para penumpang KRL Jogja-Solo biasanya lebih memilih Stasiun Purwosari karena akses pintu keluar yang lebih mudah dibandingkan pada Stasiun Solo Balapan. Stasiun ini juga menjadi pemberhentian KA kelas ekonomi yang sering dijadikan pilihan bagi wisatawan backpacker.

Untuk naik Teman Bus BST dari Stasiun Purwosari, caranya cukup mudah. Dari pintu keluar, kita tinggal menuju ke pinggir jalan di bawah flyover Purwosari. Di halte ini, hanya ada 1 rute BST yang melintas yakni koridor 2. Bus rute ini akan menuju Paragon Mall, Stasiun Solo Balapan, RS dr. Moewardi, UNS, Taman Jurug, dan Terminal Palur.


Jika kita ingin pergi ke Balaikota, Sriwedari, dan beberapa tempat wisata lain, maka kita tetap naik bus ini dan kemudian transit koridor 1 di Halte RS Kasih Ibu. Dari halte ini, kita berpindah bus koridor 1 yang dari arah Palur menuju Balaikota. Setelah di Balaikota, kita bisa transit lagi ke tempat tujuan kita sesuai dengan jalur bus/feeder pada peta integrasi.

Baca juga: Tata Cara Naik Feeder Trans Semarang

Jika ingin ke arah Kartasura, maka kita harus menyeberang dahulu di Halte Center Poin. Di halte ini, ada bus koridor 1 yang berhenti menuju ke arah Kartasura. Bus ini akan melewati UMS, Transmart, Goro Mall, dan berakhir di Terminal Kartasura. Kita juga bisa melanjutkan perjalanan ke Bandara Adi Soemarmo dengan naik bus ini.

Selain koridor 1, halte ini juga dilewati bus koridor 2 yang menuju kea rah Sub Terminal Kerten, Samsat, RS JIH, Batikan, Pasar Kabangan, dan Uniba. Jika kita ingin berpindah ke koridor 3 yang menuju ke arah Pasar Kartasura, kita bisa turun di Pasar Kabangan.

Sayangnya, informasi mengenai rute BST di Halte Stasiun Purwosari ini belum terpasang jelas. Banyak calon penumpang, terutama yang berasal dari luar Kota Solo ragu untuk naik BST karena tidak yakin dengan rute yang akan dilewati. Padahal, mereka bisa saja naik BST jika mau dan gratis. Untuk itulah, membaca peta integrasi transportasi Kota Solo sangat dianjurkan dan tentunya bertanya pada sopir ketika akan naik.

Cara Naik Teman Bus Batik Solo Trans dari Stasiun Solo Jebres

Meski kini sepi dan dijadikan cagar budaya, Stasiun Solo Jebres masih melayani penumpang KAJJ. Sayang, tidak ada halte yang berada di depan stasiun seperti Stasiun Purwosari atau Solo Balapan. Alasannya, stasiun ini berada bukan di jalan besar melainkan di jalan kecil.

Untuk naik Teman Bus BST dari Stasiun Jebres, kita harus berjalan dulu ke arah jalan besar atau kea rah perlintasan kereta api. Di depan Stasiun Solo Jebres, ada sebuah pasar. Nah, kita menuju pasar itu dan berjalan ke arah kanan dari pintu keluar stasiun. 

Kita berjalan terus sampai menemukan perlintasan KA dan Pasar Bunga. Nanti, ada halte BST di depan pasar bunga itu. Halte ini dilewati oleh Teman Bus BST koridor 1 dan 3. Koridor 1 akan melewati Balaikota, Taman Sriwedari, Stasiun Purwosari, UMS, dan berakhir di Kartasura, Koridor 3 akan melewati Balaikota, Alun-alun Utara, Keraton Kasuanan, Pasar Klewer, dan Terminal Kartasura.

Untuk halte di seberangnya juga hanya dilewati koridor 1 dan 3. Keduanya akan menuju ke RS dr. Moewardi. Bedanya, jika nanti koridor 3 akan berbelok kembali di Pertigaan Cembengan, maka koridor 1 akan menuju Terminal Palur lewat UNS dan Taman Jurug.

Nah itulah cara naik Teman Bus Batik Solo Trans di beberapa stasiun di Kota Solo. Semoga membantu ya.

1 Comments

Next Post Previous Post